UMKM Binaan DAHANA Ekspor Handycraft ke Jerman

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 23 Februari 2020 - 09:16 WIB

UMKM Mitra Binaan DAHANA yang Bergerak di Bidang Handycraft
UMKM Mitra Binaan DAHANA yang Bergerak di Bidang Handycraft

INDUSTRY.co.id - Subang - Program Kemitraan PT DAHANA (Persero) membuahkan hasil manis.  Salah satu UMKM Mitra Binaan yang bergerak di bidang handycraft berhasil mengekspor kerajinannya ke Jerman.  Acara pelepasan ekspor yang dilaksanakan di halaman Kantor PLUT KUMKM Subang dan dihadiri langsung Bupati Subang H. Ruhimat dan unsur Muspida Kabupaten Subang.

Hernawan, salah satu pengrajin kerajinan tangan berupa ukiran patung kayu merupakan salah satu mitra binaan PT DAHANA (Persero).  Mitra binaan asal Subang ini bergabung menjadi mitra binaan BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak ini sejak 2017.  Selain mendapat bantuan permodalan, pengrajin ini juga mendapatkan pelatihan untuk dapat bersaing dalam memasarkan produknya.

Pencapaian mitra binaan Dahana ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak, salah satunya pemerintah Kabupaten Subang.  Dalam sambutannya, Bupati Subang H. Ruhimat mengharapkan momentum ekspor ini menjadi titik awal untuk ekspor UMKM Subang berikutnya.

"Terima kasih kepada PT DAHANA (Persero) yang telah bersinergi dengan pemerintahan Kabupaten Subang dalam memajukan pelaku usaha UMKM.  Saya harap ini menjadi titik awal dan dapat diikuti oleh pelaku usaha lain di Kabupaten Subang. Target ke depan semoga setiap minggunya ada pelepasan ekspor produk dari pelaku UMKM Subang ke luar negeri," harap H. Ruhimat.

Sementara itu, Hj. Yoyoh Ruhimat selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Subang dalam sambutannya juga turut berterima kasih kepada PT DAHANA (Persero) yang sudah turut serta membantu para pelaku UMKM di kabupaten Subang untuk mengembangkan usahanya hingga bisa tembus pasar internasional.

"Semoga dengan adanya dukungan dari DAHANA banyak pelaku UMKM yang bisa mengikuti jejak Pak Hernawan untuk memasarkan hasil kerajinannya secara go Internasional,” ungkap Hj. Yoyoh Ruhimat.

Mewakili Manajemen PT DAHANA (Persero), Sekretaris perusahaan Asep Maskandar merasa bahagia atas pencapaian dari UMKM Subang untuk Go Internasional. Menurut Asep, ini tentunya sebuah pencapaian yang luar biasa dan tidak terjadi dengan tiba-tiba.  Ada proses didalamnya, ada kerja keras, dan ada dukungan untuk meraihnya.

"UMKM milik Pak Hernawan ini bekerjasama dengan PT DAHANA sejak 2017.  Dan ini salah satu contoh UMKM yang berhasil naik kelas.  Dan harapannya semoga dapat menular ke UMKM lainnya. Sesuai tema  DAHANA di tahun 2020 ini, Stronger with collaboration, maka kami akan banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan program-program perusahaan,” ungkap Asep Maskandar.

Masih menurut Asep Maskandar, tahun ini DAHANA memiliki target untuk mendirikan RKB (Rumah Kreatif BUMN).  Di RKB ini nanti tempat berkumpulnya UMKM untuk belajar dan mencari informasi tentang usaha.  Selain itu, masih ada program-program CSR lainnya seperti Mudik Gratis Lebaran, Pekan CSR Dahana dan program lainnya.

Menurut Eman Suherman, Ketua PKBL PT DAHANA (Persero), program kemitraan adalah sebuah program dimana para pelaku usaha UMKM atau pengusaha kecil mandiri digandeng menjadi mitra binaan dan diberikan bantuan berupa pinjaman lunak.

“Syarat menjadi mitra binaan adalah harus sudah memiliki usaha minimal selama 6 bulan dan omsetnya termasuk ke kategori UMKM. Besaran pinjaman nanti disesuaikan dengan kemampuan bayar masing-masing pelaku usaha sehingga tidak membebankan bagi pelaku usaha itu sendiri. Selain diberikan pinjaman, para mitra kami juga diberikan pengarahan maupun pelatihan untuk membantu memajukan dan mengembangkan usahanya,” ujar Eman Suherman.

Kegembiraan juga meliputi Hernawan.  Menurutnya, ekspor ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pengrajin handycraft di Kabupaten Subang karena berhasil menembus pasar internasional dalam memasarkan hasil kerajinannya.

"Tentu ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami para pengrajin handycraft, dengan ekspor perdana produk hasil kerajinan kami ke Jerman ini, menandakan bahwa hasil kerajinan kami sudah diakui oleh pasar internasional," ujar Hernawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…