Sucofindo Ditugaskan Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal oleh BPJPH

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Februari 2020 - 15:36 WIB

Sucofindo Ditugaskan Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal oleh BPJPH
Sucofindo Ditugaskan Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal oleh BPJPH

INDUSTRY.co.id - Denpasar – PT SUCOFINDO (Persero) telah ditugaskan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia. Seremoni penugasan ini dilakukan oleh Kepala BPJPH Kementerian Agama, Soekoso kepada Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin di Bali.

Penugasan ini menurut Soekoso dipilih berdasarkan peninjauan tim ahli BPJPH terhadap kapasitas dan kapabilitas PT SUCOFINDO (Persero). “Proses penetapan ini tidak serta-merta tanpa alasan dan butuh proses yang panjang. Kami pun telah meninjau langsung ke Laboratorium SUCOFINDO, untuk memastikan kualitas dalam menunjang industri halal,” kata Soekoso.

Selain itu menurut Soekoso, SUCOFINDO juga memiliki sarana dan prasana yang mumpuni sebagai penunjang industri halal. “SUCOFINDO telah kami verifikasi memiliki pengalaman panjang dalam pemastian industri halal, yaitu memiliki Laboratorium khusus untuk Halal, serta jangkauan Cabang dan Laboratorium SUCOFINDO yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, juga memiliki ISO 17205 tentang Lembaga Penguji, sehingga hal ini dapat memudahkan dan melengkapi kebutuhan industri halal Indonesia,” tambah Soekoso.

Industri halal menurut Soekoso membutuhkan mekanisme khusus terutama dalam pengecekan kesesuaian, sehinga SUCOFINDO dinyatakan mumpuni karena selain memiliki pengalaman, tetapi juga dilengkapi dengan infrastruktur untuk melengkapi hal tersebut.

Penugasan ini juga menurut Soekoso merupakan amanah dan tindak lanjut dari UU 33 Tahun 2014. “Dan pada hari ini BPJPH menyatakan bahwa PT SUCOFINDO (Persero) secara resmi kami tetapkan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal,” kata Soekoso.

Ia berharap agar PT SUCOFINDO (Persero) dengan pengalaman lebih 63 tahun, di bidang Pengujian, Inspeksi dan Sertifikasi mampu memberikan mekanisme yang lebih baik dan memperbaiki kinerja untuk kemajuan industri halal Indonesia. “Sucofindo merupakan BUMN dan BPJPH merupakan unit eselon 1 layanan umum di bawah Kementerian Agama. Dua entitas ini saya yakin akan saling melengkapi dan kami juga optimis dapat meningkatkan dan menunjang industri halal Indonesia,” kata Soekoso.

Selanjutnya, Direktur Utama Bachder Djohan Buddin mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan yang didapat dari BPJPH atas ditetapkannya PT SUCOFINDO (Persero) sebagai LPH (20/2). “Amanah akan kami jalankan secara profesional, penuh tanggung jawab, berintegritas, sehingga mampu menjadi bahan pertimbangan dalam keputusan sertifikasi halal yang dikelola oleh BPJPH setelah mendapat fatwa halal oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia,” kata Bachder.

Pekerjaan ini menurut Bachder menambah cakupan sektor layanan SUCOFINDO yaitu Sektor Pemastian Industri Halal yang saat ini juga merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Saat ini Pemerintah juga sedang mengembangkan Industri halal, melalui PERPRES nomor 28 Tahun 2020, yaitu melakukan perubahan KNKS menjadi KNEKS atau Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dimana KNEKS ini juga membidangi ekonomi Syariah secara menyeluruh hingga industry rill.

Potensi industri Halal yang sangat besar merupakan peluang bagi jasa pemastian untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan dan menguatkannya. “Kesempatan ini harus dioptimalkan oleh kami, agar menjadi salah satu sumber pendapatan perusahaan. Secara paralel kami juga tengah menyiapkan dan mengoptimalkan kualitas SDM di seluruh unit layanan kami di seluruh Indonesia, sehingga target kami selanjutnya dapat  melayani terkait industri halal di setiap lokasi unit layanan,” kata Bachder.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KAGAMA Sumut Bagikan Hand Sanitizer

Jumat, 03 April 2020 - 06:00 WIB

Tangkal Penyebaran Virus Corona, KAGAMA Sumut Bagikan Hand Sanitizer

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, Pengurus Daerah (Pengda) Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) Sumatera Utara memproduksi sekitar 2000 botol Hand Sanitizer untuk dibagikan kepada…

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Layani Perizinan tutup dua minggu

Jumat, 03 April 2020 - 06:00 WIB

30.218 Pemohon Ajukan Izin Penanaman Modal Dimasa Tanggap Darurat Covid-19

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta dengan menutup sementara Layanan Publik secara Langsung di 316 Unit Pelaksana PMPTSP dan Mal Pelayanan Publik…

Jumat, 03 April 2020 - 05:45 WIB

Kas Kormar Awasi Pengecekan Rantis Lingkungan Mako Kormar

- Kepala Staf Korps Marinir (Kas Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han) mengawasi secara langsung pengecekan Kendaraan Taktis (Rantis) dilingkungan Markas Komando Korps…

TNI Bersama ACT Bantu Ringankan Beban Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19

Jumat, 03 April 2020 - 05:30 WIB

TNI Bersama ACT Bantu Ringankan Beban Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19

Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan bantuan kemanusian dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat akibat Pandemi Covid-19. Demikian…

Bantuan APD Sinarmas Land diterima oleh Walikota Tangsel Airin

Jumat, 03 April 2020 - 05:30 WIB

Lindungi Tenaga Medis dari Covid-19, Sinar Mas Land Berikan Paket APD ke Pemkot Tangerang Selatan

Sinar Mas Land diwakili oleh Kepala Divisi Corporate Affairs Sinar Mas Land, Dony Martadisata menyerahkan bantuan sebanyak 100 Alat Perlindungan Diri (APD) ke Walikota Tangerang Selatan, Airin…