Kemenperin Bina Warga Lapas IIA Slawi Jadi Wirausaha Sarung Goyor

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 Februari 2020 - 10:20 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Tegal - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus konsisten menciptakan wirausaha baru, tak terkecuali di lingkungan lembaga pemasyarakatan. Salah satunya dengan melaksanakan program Bimbingan Teknis IKM Sarung Goyor di Lapas kelas IIA Slawi.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Tujuan dari kerjasama ini adalah meningkatkan keterampilan dan kreativitas warga binaan pemasyarakatan dalam menghasilkan karya produktif yang memiliki nilai tinggi serta mendorong upaya untuk mempromosikan dan memasarkan produk tersebut," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Kab.Tegal, Jawa Tengah (19/2/2020).

Gati menjelaskan, pihaknya melihat potensi dan peluang bisnis yang bisa dihasilkan dari pembuatan sarung Goyar dan mendukung upaya kerjasama antara pihak Lapas dengan IKM Sarung Goyor, khususnya untuk pemanfaatan tenaga kerja dan pemasaran produk barang jadi.

"Kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia serta kualitas dan daya saing produk IKM melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Wirusaha Baru IKM sarung Goyor yang kita laksanakan mulai hari ini selama 7 hari ke depan," jelasnya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Wirausaha Baru IKM Sarung Goyor ini dikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Slawi. Dalam pelaksanaan Bimtek ini, Kemenperin mendorong terbentuknya perjanjian kerjasama antara Lapas Kelas IIA Slawi dengan IKM Fahaltex. Pihak Lapas akan menyediakan tenaga kerja dan fasilitas yang tersedia di dalam Lapas.

Sementara pihak IKM Fahaltex akan memberikan fasilitas berupa bahan baku, mesin dan peralatan tenun, serta pemasaran hasil produksi warga binaan Lapas.

"Kerjasama ini diharapkan dapat berlanjut untuk kedepannya sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan kegiatan kerja warga binaan Lapas," tambah Gati.

Gati menjelaskan, Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, khususnya keterampilan menenun Sarung Goyor kepada para warga binaan Lapas Kelas IIA Slawi.

Dirjen IKMA mengharapkan para peserta dapat memiliki keterampilan dan kemampuan yang baik dalam proses produksi pembuatan Sarung Goyor menjadi produk tenun unggulan yang berkualitas ekspor.

Menurut data BPS tahun 2020, Industri tenun Indonesia didominasi olch industri kecil dan menengah yang tersebar di 430 sentra IKM tenun di hampir seluruh wilayah nusantara. Kinerja ekspor komoditi tenun pada tahun 2019 mencapai USȘ 1.03 juta dengan negara tujuan ekspor adalah Bangladesh, Belanda, dan Uni Emirates Arab.

Sarung Goyor adalah salah satu produk tenun dari Kabupaten Tegal yang mempunyai kualitas unggulan dan menarik banyak peminat, baik dari dalam maupun iuar negeri. Sarung Goyor memiliki karakter kain yang halus dengan motif yang khas karena dibuat secara manual dengan proses penenunan yang rumit. Keunggulan tersebut membuat Sarung Goyor juga memiliki segmen pasar tersendiri, termasuk konsumen yang berasal dari negara-negara Timur Tengah.

"Hal ini menunjukkan potensi Sarung Goyor yang perlu kita kembangkan," tambahnya.

Diharapkan setelah mengikuti bimbingan teknis ini, para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang telah didapat sebagai bekal menjadi wirausaha baru setelah menyelesaikan masa tahanannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…