Diserbu Semen Impor Murah Asal China, BUMN Semen Semakin Nyesek

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 19 Februari 2020 - 18:36 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Produksi semen yang dihasilkan PT Semen Indonesia saat ini kurang lebih 120 juta ton setahun dan hanya terserap pasar 70 juta ton. Jadi, masih terjadi kelebihan supply sebesar 50 juta ton.

“Tidak terserapnya produksi semen tersebut disebabkan oleh masuknya semen impor dari Cina dan munculnya pabrik-pabrik semen baru milik swasta,” demikian disampaikan Amin Ak, Kapoksi F-PKS Komisi VI DPR RI, dalam siaran persnya, yang diterima redaksi, Rabu Sore (19/2/2020).

Menurut Amin, Sebetulnya harga jual semen indonesia di dalam negeri paling murah dibanding dengan harga-harga semen di negeri tetangga atau di Cina. Harga Semen Indonesia berkisar 58 USD/ton sedangkan Cina menjual semen dalam negeri mereka 98 USD/ton. Namun semen dari Cina yang masuk ke Indonesia dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga produk BUMN Semen. Hal itu terjadi karena adanya predatory pricing yang sudah cukup lama menjadi perhatian banyak pihak.

“Pemerintah harus menunjukkan keberpihakan kepada BUMN Semen dengan jalan merevisi Permendag No 07 tahun 2018 tentang Ketentuan Impor Semen Clinker dan Semen,”ujarnya.

Komisi VI DPR RI, kata dia, meminta Pemerintah untuk melakukan moratorium pendirian pabrik semen baru. Disisi lain Komisi DPR RI juga meminta BUMN semen untuk terus meningkatkan efisiensi agar tetap bisa menjadi market leader di tingkat regional.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Syariah Mandiri sebar masker ke kalangan milenial

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:48 WIB

Mandiri Syariah Ajak Milenial Pakai Masker Sekaligus Beramal

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama milenial menyerahkan bantuan 3.000 kilo beras sehat kepada 10 panti asuhan di Jabodetabek. Bantuan berasal dari partisipasi milenial dalam program…

Ilustrasi Pengembangan Energi Biogas dan Limbah (JIM WEST/Getty Images)

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:29 WIB

Mengerikan! Pandemi Covid-19 Tidak Akan Berakhir Jika Limbah B3 Rumah Sakit Belum Teratasi Dengan Baik

Jakarta-Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI turut berpartisipasi dalam diskusi daring Online Joint Dialogue mengenai Waste Management in the context of COVID-19 Pandemic.

Ben Senang Galus

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:12 WIB

Dilematika Pembangunan dan Imperialisme Ekologi

Munculnya praktik imperialisme ekologi sekarang sedang menghantui negara-negara dunia ketiga yang memiliki Sumber Daya Alam cukup besar, seperti Indonesia.

Perumahan premium The Sanctuary Collection

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:07 WIB

The Sanctuary Collection Sentul Gandeng Bank BUMN Pembiayaan KPR

PT. Cipta Harmoni Lestari, anak perusahaan dari Harita Group yang mengembangkan perumahan premium The Sanctuary Collection menggandeng Bank Mandiri dalam rangka memberikan kemudahan konsumen…

Scoot Airlines

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:04 WIB

Scoot Airlines Kembali Terbangi Rute Surabaya-Singapura

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah atau low-cost carrier(LCC) milik Singapore Airlines Group, akan kembali melayanipenerbangan antara Surabaya dan Singapurasatukali semingg umulai 17…