Hebat, Toshiba Temukan Teknologi Kekuatan AI, Transkrip Ucapan dengan Tampilan yang Cepat dan Mudah Dibaca

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 19 Februari 2020 - 12:41 WIB

"Instant voice-to-text": transformasi gaya bekerja dengan kekuatan AI
"Instant voice-to-text": transformasi gaya bekerja dengan kekuatan AI

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kita dengan cepat mendekati masa di mana akan lebih banyak orang yang dapat hidup lebih dari seratus tahun. Namun, pada saat yang sama, ada kekurangan tenaga kerja karena tingkat kelahiran yang rendah dan populasi yang menua.

 RPA (robotics process automation) menggunakan robot untuk mengotomatisasi proses kerja. Disebut-sebut sebagai suatu cara yang memungkinkan baik untuk menjawab defisit tenaga kerja bersamaan dengan meningkatkan produktivitas melalui perubahan cara kita bekerja. RPA telah diperkenalkan di bidang keuangan dan bidang lainnya, menghasilkan hasil yang luar biasa dalam mengotomatisasi pembuatan dokumen dan pekerjaan data entry.

Namun demikian, banyak perusahaan masih perlu melakukan tugas-tugas seperti mencatat risalah rapat dan menyalin pidato. Sementara ai dan perangkat lunak yang secara otomatis mengubah ucapan ke teks sudah tersedia di pasaran, mengonversi ucapan ke teks secara akurat masih perlu dilakukan secara manual.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah ini dan membantu menciptakan lingkungan yang mudah untuk bekerja? Toshiba memberikan jawaban dengan AI pengenalan suara yang baru dikembangkan.

Mr. Ashikawa dan Mr Fujimura dari pusat R&D perusahaan Toshiba, yang mengembangkan AI, untuk memberi tahu lebih banyak tentang sejarah pengenalan ucapan menggunakan AI dan terobosan yang mereka buat selama pengembangan.

Transkripsi Ucapan yang Lancar dengan Tampilan yang Cepat dan Mudah Dibaca

Toshiba memiliki sejarah dalam bekerja pada kecerdasan media, suatu bidang yang memanfaatkan suara dan gambar manusia yang telah melaluii pemrosesan informasi. Fondasi yang telah perusahaan semaikan di bidang itu selama bertahun-tahun memainkan peran besar dalam penciptaan ai pengenalan suara ini.

Toshiba pertama kali mulai mengembangkan AI pada tahun 2015. Pada saat itu, ada peningkatan momentum di seluruh dunia dalam bidang aksesibilitas informasi, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan orang yang tuli dan sulit mendengar untuk mengakses dan memasukkan informasi. Toshiba telah memulai "sistem penasihat desain universal (ud – universal design)" sejak 2007 untuk memungkinkan karyawan penyandang cacat berpartisipasi dalam pengembangan produk. Perusahaan percaya untuk mendorong keragaman dan inklusi di tempat kerja dan mengembangkan produk serta layanan yang ramah ud selama bertahun-tahun.

"ketika kami mewawancarai orang-orang dengan gangguan pendengaran di ud advisor system, kami mengetahui bahwa mereka ingin berpartisipasi dalam rapat dan kuliah secara real time, dan tidak hanya membaca transkrip yang disediakan kemudian.

“Jadi kami mencoba menyediakan fungsi yang secara otomatis akan menampilkan subtitle yang mudah dibaca secara real time.untuk membantu para tuna rungu dalam mengumpulkan dan memberikan informasi, kita perlu melakukan dua hal: memperluas aksesibilitas informasi bagi para tuna rungu, dan meningkatkan produktivitas. Pengembangan pengenalan wicara ai dimulai dari pemikiran atas dua poin ini,, " ujar Taira ashikawa, kepala riset, laboratorium media AI, pusat r&d perusahaan Toshiba.

 Teknologi Dibalik Keakuratan dari Pengenalan Suara

Saat anda mendeskripsikan pidato dari percakapan orang selama rapat dan kuliah, anda akan berakhir dengan teks yang sulit dibaca. Siapa pun yang pernah menulis pidato dapat memberi tahu anda hal itu. Ada banyak muatan yang tidak perlu menghalangi diperolehnya informasi seperti kata-kata pengisi yang tidak memiliki arti seperti "uh," dan "umm" dan ekspresi persetujuan yang tidak menambahkan apa pun pada konten.

Pengenalan ucapan yang dikembangkan ai toshiba mampu mengenali ucapan dengan akurasi tinggi dan mendeteksi pengisi dan penanda keraguan juga. Ini adalah fungsi penting dalam meningkatkan produktivitas. Algoritma membentuk inti dari ai, dan tim pengembangan mengeksplorasi berbagai pendekatan untuk meningkatkan akurasi.

" Pada awalnya kami menabrak dinding karena tingkat akurasi pengenalan tetap tidak akan meningkat tidak peduli atas apapun yang kami lakukan. Tujuan utama kami adalah memberi pengguna sesuatu yang bisa mereka gunakan dengan nyaman. Dengan menggunakan model yang semakin populer yang dikenal sebagai lstm (*1) serta pembelajaran ctc (*2), kami mencoba untuk mengajarkan ai tentang kekhasan ucapan seperti pengisi dan penanda ragu yang eksklusif untuk manusia." (fujimura)

 (1) LSTM (memori jangka pendek-panjang): salah satu bentuk yang dikembangkan dari rnn (jaringan syaraf berulang), yang memiliki struktur rekursif dalam lapisan tersembunyi. Ia mampu mempelajari hubungan ketergantungan jangka panjang yang sulit dilakukan rnn konvensional.

 (2) CTC (connectionist temporal classification) : suatu metode untuk melatih rnn untuk memecahkan masalah di mana panjang urutan berbeda selama input dengan memperkenalkan karakter nol dan menyesuaikan adanya kehilangan fungsi.

Hiroshi fujimura, peneliti utama, laboratorium media ai, pusat r&d perusahaan toshiba

Sampai sekarang, pengenalan suara telah bekerja dengan menganalisis pola gelombang suara dan menguraikannya dengan mengidentifikasi bahwa bagian ini adalah "a", bagian lain adalah "i" dan seterusnya. Namun, pengisi dan penanda keraguan memiliki beragam pola yang tidak ada habisnya, dan perlu waktu lama untuk mempelajarinya satu per satu.

"kami menggunakan lstm untuk menangkap informasi seperti 'ini adalah apa yang disebut pengisi,' 'ini adalah apa yang terdengar seperti ketika seseorang ragu-ragu akan sebuah kata,' sebagai model statistik dan kemudian menggunakan pembelajaran ctc untuk membuat ai mempelajarinya sebagai sebuah model. Melalui itu, ai menjadi mampu mendeteksi pola yang tak terhitung dari pengisi dan penanda keraguan juga.

Masih ada banyak ruang untuk perbaikan dalam pengembangan dan teknologi untuk mencapai apa yang ditawarkan dari sebuah pengenalan suara yang sepenuhnya akurat. Ai pengenalan ucapan kami untuk saat ini dapat mengenali ucapan dalam bahasa jepang, inggris, dan cina. Kami berusaha untuk mengembangkan lingkungan di mana penutur berbagai bahasa akan dapat menikmati percakapan yang lancar satu sama lain. Ketika kami mengembangkan ai, kami bermimpi mengambil sesuatu seperti itu, yang hanya anda lihat dalam fiksi ilmiah futuristik atau buku komik, dan menjadi kenyataan. "(fujimura)

Inilah bagaimana ai berevolusi menjadi pengenalan suara ai dengan akurasi superior. Ketika tim pengembangan menggunakan ceramah sebagai kesempatan untuk pengujian verifikasi, ai mencapai rasio pengenalan suara rata-rata 85%. Itu berarti mampu mengenali isi pembicaraan di atas level tertentu tanpa mengedit atau pembelajaran yang maju. Sekarang setelah mereka meningkatkan keakuratan pengenalan ucapan, mereka mempertimbangkan untuk menerapkannya pada komunikasi ai yang dikenal sebagai recaius™.

Mereka mengembangkan aplikasi di mana masalah keterwakilan adalah fungsi tampilan subtitle real-time untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran. Mereka memanfaatkan ai untuk menampilkan ucapan dengan jelas dengan pengisi dan penanda ragu-ragu yang tercermin dalam subtitle yang samar dan tidak mengganggu. Ini adalah spesifikasi yang ramah pengguna yang diperkenalkan setelah diskusi rinci dengan pengguna.

"Sejauh yang kami ketahui, kata-kata pengisi seperti" umm "dan" uhh "hanya menghalanginya. Namun, apa yang benar-benar diinginkan orang-orang dengan gangguan pendengaran adalah untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Ketika mereka membaca subtitle sementara mengikuti gerakan bibir pembicara, mereka menjadi stres ketika pengisi dan tanda keraguan dipotong karena mereka merasa bahwa pembicara mengatakan sesuatu yang tidak tercermin dalam teks.

Jadi kami memutuskan untuk meninggalkan pengisi dan penanda ragu-ragu di subtitle tetapi ditampilkan dengan samar untuk membuat teks lebih mudah dibaca. Namun, ketika kami merekamnya sebagai dokumen transkrip, kami menghapus penanda dan penanda ragu. Dengan begitu, kita mendapatkan dokumen yang singkat dan ringkas. "(ashikawa)

AI menunjukkan nilai sebenarnya juga di bidang manufaktur.

Pada bulan maret 2019, toshiba berkolaborasi dengan dwango co., ltd. Dan mengadakan siaran langsung konvensi nasional ke-81 masyarakat pemrosesan informasi jepang di situs web video “niconico”. Video dengan subtitle didistribusikan secara online secara real-time. Mereka berencana untuk menyebarkannya tidak hanya untuk tugas kantor tetapi juga untuk digunakan dalam pengaturan manufaktur.

"Jarang terlihat pengenalan ucapan digunakan sebagai layanan di kantor saat ini. Jadi itu akan tepat bagi kami jika pengguna mempercayai produk kami dan menggunakannya, dan jika itu bisa menjadi sesuatu yang mereka gunakan dalam bisnis sehari-hari tanpa sadar bahwa itu adalah pengenal ucapan ai. Misalnya, kata-kata yang kita ucapkan saat ini dapat menjadi teks yang cukup lancar untuk digunakan sebagai dokumen bisnis, dengan pembicara yang diidentifikasi dengan jelas untuk menunjukkan siapa yang mengatakan apa. Kami berharap dapat membuat pengenal ucapan ai yang berguna dan dapat diandalkan. " (ashikawa)

"penggunaan pengenalan suara belum diterapkan di lokasi pabrik. Namun ada kebutuhan untuk pengumpulan dan perekaman suara hands-free di pabrik selama pemeliharaan dan inspeksi. Jadi saya pikir ada ruang untuk pengenalan suara ai ini untuk penerapannya di sana juga.

Kami berharap dapat menggunakan pengetahuan dan know-how kami tentang fasilitas manufaktur untuk mengintegrasikan pengenalan suara ke dalam operasi mereka. Kita dapat melakukan itu karena kita telah menghabiskan waktu yang lama untuk mengembangkan pengenalan suara ai dan mengumpulkan pengetahuan tentang pengaturan manufaktur dan infrastruktur. "mengapa toshiba bekerja pada pengenalan ucapan?" saya pikir ini akan memberikan salah satu jawaban untuk pertanyaan mendasar itu. "(fujimura)

Dengan berbagai potensi aplikasi dan manfaatnya, tidak ada keraguan bahwa perangkat lunak pengenalan suara ini akan membuat kehadirannya semakin terasa di lebih banyak kantor dan lokasi pabrik dalam waktu dekat.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…