Buruh Migran Memburu Perbaikan Taraf Ekonomi

Oleh : Wiyanto | Selasa, 18 Februari 2020 - 07:18 WIB

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri bagi sebagian orang tentu bukan menjadi sebuah pilihan yang diidamkan dan diharapkan.Karena selain harus siap berpisah dengan anggota keluarga dan orang-orang yang dicintai. Juga banyak cerita sedih dan pahit ketika harus mengadu nasib di negeri orang.

"Bagi masyarakat umum tentu menarik bagaimana kisah kisah dan cerita perjuangan para tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri itu di ceritakan kembali dan bisa dinikmati lewat sebuah tulisan yang bisa dibaca dalam sebuah buku," ungkap Zai seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Madura, Zai yang sudah lama bekerja di Malaysia di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Ia menuliskan berbagai pengalaman teman-temannya dan para pekerja asal Indonesia lainnya sampai pada akhirnya ada salah satu Penerbit di Jogyakarta yang mau menerbitkan tulisanya menjadi sebuah buku.

Karena penulis nya adalah seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia yang lama bekerja di Malaysia dan banyak mendengar serta menyerap semua hal yang berkaitan dengan denyut nadi kehidupan para TKI yang ada disana.

Buku ini menjadi menarik kemudian karena mengisahkan cerita keseharian para pekerja Indonesia yang ada disana. Baik cerita pilu penuh kesedihan, duka nestapa ataupun cerita kebahagiaan mereka yang berhasil mencapai cita cita dan mewujudkan impiannya sebagai seorang pekerja di luar negeri yang ingin mengubah hidupnya maupun merubah taraf ekonomi keluarganya.

Diharapkan buku yang diberi judul "PEJUANG DEVISA" Kisah Kisah Heroik Dari Negeri Jiran ini mendapat sambutan yang bagus dari masyarakat atas terbitnya buku ini. Sekaligus semoga buku ini bisa menginspirasi dan bermanfaat buat orang banyak dan khususnya seluruh orang yang membaca buku ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Dilewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…