Podomoro Park Perbaiki Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

Oleh : Wiyanto | Minggu, 16 Februari 2020 - 19:44 WIB

Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu
Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

INDUSTRY.co.id - Bandung - Meskipun tidak separah tahun lalu, tingginya curah hujan di awal tahun 2020 membuat beberapa wilayah di Bandung tergenang banjir. Normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum, serta proyek terowongan Nanjung dan Curug Jompong dinilai cukup efektif untuk mengurangi intensitas banjir di Bandung Selatan.

Selanjutnya, pemerintah pun akan membangun beberapa kolam retensi dan sejumlah polder di Sungai Citarum. Sebagai wujud dari kepedulian Podomoro Park untuk mendukung program pengendalian banjir di Bandung Selatan, Agung Podomoro Land sebagai pengembang terdepan dan terpercaya di Indonesia melalui mahakaryanya proyek Podomoro Park Bandung, turut bekerja sama dengan SUP Cimahi-Ciasem Hulu Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat memperbaiki sejumlah pintu air, salah satunya pintu air di Pasar Kordon Buahbatu.

COO Podomoro Park Bandung Susanto Oong mengatakan, kerusakan pintu air tersebut mengakibatkan debit air dari Sungai Cikapundung Kolot yang menuju saluran Cikoneng tidak terkendali dan berpotensi meluap.

“Perbaikan pintu air di Pasar Kordon Buahbatu dikerjakan dalam waktu seminggu. Hasilnya, pintu air tersebut bisa dioperasikan dengan baik dan siap mengendalikan debit air yang menuju saluran Cikoneng,” ujar Susanto. Selanjutnya, Podomoro Park pun akan memperbaiki pintu air daerah irigasi Buahbatu dalam waktu dekat. "Dengan perbaikan ini diharapkan debit air ke saluran Cikoneng bisa dikendalikan sehingga mengurangi risiko banjir di Bandung Selatan," tambah Susanto.

Atas kepedulian lingkungan pengembang terkemuka Agung Podomoro Land, Koordinator SUP Cimahi–Ciasem Hulu Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Rudiman mengucapkan terima kasih. Menurut Rudiman, perbaikan terhadap saluran penguras pintu air Cikoneng sangat efektif mengendalikan debit air Sungai Cikapundung Kolot saat banjir. Dia menyebutkan, kerusakan dua pintu air sudah berlangsung cukup lama sejak tahun 2013. Akibatnya, setiap debit air besar datang dari hulu Sungai Cikapundung Kolot, selain membawa banjir juga mengakibatkan sedimentasi pada dasar sungai hingga merusak pintu air.

Luapan banjir yang melimpas ke pintu air Kordon pun kerap menyebabkan banjir ke permukiman warga. Setelah pintu air Kordon diperbaiki, ungkap Rudiman, debit air dari Sungai Cikapundung Kolot ketika banjir besar bisa dikendalikan sekitar 5 kubik per detik sehingga bisa mencegah banjir ke permukiman.

Apalagi, jika pintu air daerah irigasi Buahbatu diperbaiki, akan meningkatkan pencegahan banjir yang lebih besar lagi. Menurut dia, warga yang selama ini terdampak banjir akibat kerusakan pintu air berterima kasih atas program kepedulian lingkungan Podomoro Park Bandung. Dia dan warga berharap kepedulian lingkungan seperti ini ditiru oleh pengembang lainnya sehingga daerah rawan banjir semakin berkurang. Podomoro Park jadi indikator membaiknya pasar properti Lebih lanjut, proyek masterpiece dari Agung Podomoro Land ini menjadi indikator membaiknya pasar properti, sekaligus mengakhiri perlambatan pasar properti beberapa tahun terakhir. Di tengah lesunya pasar properti sepanjang tahun 2019, Podomoro Park justru membukukan penjualan fenomenal mencapai sekitar 90 persen atau lebih dari 600 unit hanya dalam waktu 1 tahun.

Keberhasilan tersebut tak terlepas dari pergeseran strategi marketing dari investor kemudian fokus ke end-user, termasuk menyasar generasi milenial. Meskipun kaum urban masa kini cenderung memprioritaskan lifestyle, namun semakin banyak milenial yang melek investasi, terutama properti. Untuk itu, Podomoro Park menghadirkan hunian resort tipe Akasha dengan harga terjangkau dan berada di kawasan elite dengan fasilitas mewah di dalamnya. Dari sekian banyak konsumen, ternyata peminat tipe Akasha didominasi generasi milenial. Alasannya, Akasha memiliki value tinggi, yaitu rumah 2 lantai dengan harga terjangkau hanya Rp 900 jutaan dan berada di kawasan hunian resort kelas dunia Podomoro Park.

“Kami sudah menduga minat konsumen terhadap tipe Akasha akan tinggi, tapi tak menyangka bisa laris manis. Ternyata, value yang ditawarkan sangat memikat sehingga animo konsumen tinggi, yaitu harga terjangkau berada di kawasan Podomoro Park yang memiliki fasilitas premium dan juga menjadi kawasan TOD (transit oriented development),” ujar Tedi Guswana selaku Marketing General Manager Podomoro Park Bandung.

Salah satu value atau nilai lebih itu didukung oleh produk terbaik tipe Akasha yang menjadi solusi dari problem masyarakat, antara lain generasi milenial yang menunda memiliki rumah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 05 April 2020 - 19:02 WIB

Kemenperin Identifikasi Tantangan dan Kerugian IKM Komponen Otomotif Imbas Pandemi Covid-19

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendampingi dan mendukung keberlangsungan industri kecil dan menengah (IKM) dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK (Foto Ist)

Minggu, 05 April 2020 - 18:47 WIB

Penyelamatan Perbankan Bisa Dipercepat Ketahuan Tidak Sehat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai adanya Perpu 1 2020, sebagai alat penyelamatan dini terhadap lembaga keuangan seperti perbankan agar tetap sehat sebelum goyang.

Chairman ITBC dan juga menjabat Ketua Harian Kadin-Komite Taiwan, Rini Lestari bersama Ketua KADIN- Komite Taiwan, Setyono Djuandi Darmono

Minggu, 05 April 2020 - 18:05 WIB

ITBC, ICATI, dan KSPK Gandeng Kadin-Komite Taiwan Dukung Tim Medis Lawan Covid-19

Indonesia Taiwan Business Council (ITBC) menggandeng ICATI (Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia) Jakarta dan Komunitas Sahabat Pelita Kasih (KSPK) menggalang dana untuk mendukung dan memberikan…

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh

Minggu, 05 April 2020 - 17:45 WIB

Dewan Pers Minta Pemerintah Kucurkan Stimulus untuk Perusahaan Pers

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengusulkan kepada pemerintah untuk memberi stimulus pada perusahaan pers, berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) serta pemberian keringan pajak. 

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor eCommerce Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 17:00 WIB

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor Industri eCommerce Indonesia

Lazada, perusahaan eCommerce ternama di Asia Tenggara telah berusia 8tahun di tahun 2020 ini. Sejak didirikan, Lazada memiliki komitmen untuk membantu membangunekosistem eCommerce bisnis kecil…