Aplikasi Servis Grundfos Mengurangi Downtime pada Infrastruktur Utama Sistem Pompa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 Februari 2020 - 14:00 WIB

Aplikasi Servis Grundfos Mengurangi Downtime pada Infrastruktur Utama Sistem Pompa
Aplikasi Servis Grundfos Mengurangi Downtime pada Infrastruktur Utama Sistem Pompa

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Sektor publik dan swasta Indonesia telah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan berbagai infrastruktur, mengoptimalkan kinerja dan meningkatkan produktivitas. Dengan digitalisasi yang secara besar-besaran diadopsi di Indonesia, berbagai sektor seperti manufaktur, utilitas, perbankan, telekomunikasi, penyiaran, e-commerce, logistik dan travel pun telah sangat diuntungkan.

Hal ini disebabkan oleh kenyamanan dan kecepatan yang ditawarkan oleh platform digital, terutama melalui aplikasi-aplikasi yang dapat diakses oleh para pengguna dengan sangat mudah kapan saja dan di mana saja.

Sejalan dengan pertumbuhan digital Indonesia, produsen pompa global Grundfos mengumumkan peluncuran aplikasi servis berbasis cloud terbarunya, SmArt Serv, untuk mengurangi downtime atau waktu perbaikan pada infrastruktur pemompaan di Indonesia. Aplikasi seluler SmArt Serv ini memanfaatkan digitalisasi untuk memastikan kelancaran pada kinerja infrastruktur-infrastruktur utama Indonesia, mulai dari industri hingga utilitas air yang menggunakan produk Grundfos. Aplikasi SmArt Serv dirancang untuk menyediakan servis yang cepat dan efisien, guna menyelesaikan masalah atau kerusakan pada pompa-pompa Grundfos, memangkas proses servis dan meminimalisir downtime pada setiap perbaikan.

Nicolai Thrane, Regional Service Director, Grundfos wilayah Asia Pasifik mengatakan, “Pertumbuhan signifikan pada ekonomi digital Indonesia mengubah cara bisnis dan konsumen mengadopsi teknologi untuk membantu meningkatkan kinerja operasional infrastruktur. Mengingat bahwa konsumen juga mencari sebuah pengalaman pengguna next-generation yang terpersonalisasi, selalu bisa saling terhubung, cepat dan mulus – maka digitalisasi adalah kuncinya. Aplikasi SmArt Serv adalah salah satu dari banyak inisiatif Grundfos yang menggabungkan digitalisasi dengan servis kami, yang memastikan tingkat respons yang cepat dan meminimalisir downtime bagi para pelanggan kami.”

“Mengingat pentingnya peran air dalam banyak aspek ekonomi Indonesia, setiap downtime pada infrastruktur utamanya tidak hanya berdampak negatif pada kesinambungan bisnis dan pendapatan, akan tetapi juga memiliki konsekuensi yang besar bagi warganya. Banjir yang baru-baru ini terjadi di beberapa kota di Indonesia merupakan bukti nyata pentingnya memiliki sistem pemompaan yang andal untuk proses drainase dan pengeringan yang lebih efisien,” kata Nicolai Thrane.

Melalui aplikasi SmArt Serv, pelanggan dapat dengan mudah menemukan penyedia servis lokal terdekat dan mengajukan permintaan dengan mengisi formulir online serta memasukan gambar pompa atau sistem tersebut. Penyedia servis tersebut kemudian akan menugaskan salah satu teknisi servisnya ke lokasi untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah. Untuk pompa digital, penyedia servis tersebut bahkan dapat melakukan proses perbaikan secara online melalui fitur bantuan jarak jauh.

Aplikasi ini juga menyediakan opsi kepada para pelanggan untuk memberikan peringkat dan komentar setelah masalah pompanya teratasi. Laporan-laporan ini dapat digunakan oleh Grundfos untuk menilai dan merencanakan peningkatan servis secara berkala. Nicolai Thrane menjelaskan, “Kami telah berupaya keras untuk membangun pompa yang mumpuni dan kami ingin para pelanggan mendapatkan yang terbaik. Untuk mencapai ini, kita harus menggabungkan kualitas tinggi dengan servis terbaik. Komentar pelanggan adalah komponen utama untuk memastikan kualitas dari servis kami dan berusaha agar kami tidak hanya sekedar memenuhi harapan pelanggan, tapi juga bisa melampaui ekspektasi mereka.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.