Ini Kriteria Produk Halal yang Bakal Hadir di Halal Indonesia Expo 2020

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 14 Februari 2020 - 13:26 WIB

Para narasumber Halal Indonesia Expo ke-2
Para narasumber Halal Indonesia Expo ke-2

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Setelah sukses pada edisi pertama, Halal Indonesia Expo (HIEX) 2020 edisi ke-2 kembali hadir. HIEX adalah pameran dagang dan konsumen industri halal tahunan terbesar di Indonesia. Untuk tahun 2020, HIEX diselenggarakan di Hall A dan Hall B , Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada tanggal 9-12 April 2020.

Selain menghadirkan pameran produk halal, HIEX 2020 juga menggelar  program acara menarik lainnya, mulai dari talk show, work shop bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), couching clinic mengenai sertifikasi Halal bagi pelaku UMKM bersama Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrerian Agama (Kemenag), temu bisnis travel halal, tausiyah dan kajian para ustadz, dan lain-lain.

Menurut Satrio Sakka, Direktur PT. Wahyu Promo Citra,2nd HIEX 2020 terintegrasi dengan 11 tem. Diantaranya ; Halal F& B, Halal Travel & Tourism, Kosmetik dan obat halal, Fashion/busana muslim, pendidikan Islam, Keuangan Syariah, Properti Syariah, logistik, produk pertanian & perkebunan, produk organik, dan produk ramah lingkungan. “Indonesia adalah negara mayoritas muslim terbesar di dunia dan industri pasar terbesar di sektor halal, dan bisnis ini tercermin dalam media internasional yang berpengaruh secara luas. Indonesia memiliki posisi yang baik untuk menjadi pusat produk halal di Asia Tenggara,” katanya.

Satrio menambahkan, dalam penyelenggaraan HIEX di tahun 2019, lebih dari 25.000 pengunjung yang datang menghadiri pameran tersebut, serta diikuti oleh lebih dari 140 peserta dalam dan luar negeri. Dan pada penyelenggaraan 2nd HIEX 2020  akan diselenggarakan diatas lahan seluas 20.000 M2 yang Insya Allah akan dikunjungi oleh 50.000 visitor selama 4 hari.  “2nd HIEX 2020 kembali hadir untuk meliput tantangan industri halal di Indonesia yang memiliki potensi sangat besar dan semakin berkembang,” imbuhnya.

2nd HIEX  Bersinergi Dengan  20 th AgroFood Expo dan 18 th GWN

Selain penyelenggaraan 2nd HIEX , dilokasi dan waktu yang sama juga diselenggarakan oleh PT. Wahyu Promo Citra adalah pameran 20 Th Agro Food Expo 2020 yang menampilkan beragam produk Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Makanan Olahan serta Teknologi Pertanian. “Beberapa acara pendukung untuk menyemarakkan pameran yang telah diadakan sejak tahun 2001 ini diantaranya forum buyers meet sellers, talk show bertema yang melibatkan Kementerian Pertanian, Lomba coffe, work shop dan yang lainnya,” ungkap Project Officer PT. Wahyu Promo Citra, Khaerullah Daud.     

Sedangkan untuk penyelenggaraan pameran 18 th Gebyar Budaya Nusantara (GWN) 2020,  lanjut Khaerullah Daud, akan menghadirkan para peserta yang memamerkan sekitar 500 objek wisata dari seluruh Indonesia. GWN adalah pameran pariwisata terbesar yang khusus mempromosikan objek wisata dalam negeri serta telah  diselenggarakan sejak 2003 atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Penyelenggaraan GWN dianggap penting oleh peserta pameran dan calon wisatawan karena mereka dapat langung saling bertemu untuk bekerjasama mempromosikan objek wisata daerah dalam paket wisata ke daerah.

“Selama pameran, akan diadakan sejumlah acara menarik seperti : talk show yang melibatkan komunitas serta talk show dengan narasumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan praktisi dunia pariwisata Indonesia, lalu ada table top GWN 2020 yang menghadirkan para penjual dan pembeli jasa wisata dan lain-lain.,” paparnya.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Embung Rawasari

Jumat, 03 April 2020 - 15:40 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Embung Rawa Sari Berkapasitas 112.000 m3

Pembangunan Embung Rawa Sari tersebut dilakukan secara bertahap dengan menggunakan total anggaran sebesar Rp.68,44 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) T.A 2016 – 2018.

Marketing Manager Alami, Marco Pandita (kedua dari kiri), memberikan bantuan ADP

Jumat, 03 April 2020 - 15:25 WIB

Bantu Tenaga Medis dan UMKM Ditengah Pandemi, ALAMI Luncurkan Kampanye #BuatMerekaTangguh

#BuatMerekaTangguh merupakan kampanye inisiatif ALAMI dengan empowering para tenaga medis dan UMKM agar semakin tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gojek

Jumat, 03 April 2020 - 15:18 WIB

Kementan Gandeng Gojek Lancarkan Distribusi Pangan

Sektor pertanian menjadi kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi Covid - 19, apalagi bulan ini masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Presiden Jokowi…

Ilustrasi Pekerja proyek perumahan (Industry.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 15:10 WIB

Himbauan Dirumah Aja, Pekerja Harian: Kalau Gak Nukang yang Kasih Makan Siapa Pak

"Kita tetap nukang (kerja-red), abis kalau dirumah yang kasih makan anak-anak siapa Pak?," ujar Haji Abdul pemborong proyek perumahan di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Jumat (3/4).

Peruri Menyalurkan Bantuan Kepada BPBD Karawang

Jumat, 03 April 2020 - 15:10 WIB

Peruri Salurkan Bantuan Penanggulangan Covid-19 untuk Wilayah Karawang

Peruri menyalurkan bantuan kepada BPBD Karawang yang dipusatkan di markas Komando Distrik Militer Kodim Karawang dan kepada tenaga medis di beberapa Puskesmas yang menangani kasus Covid-19 yang…