Waspada, Perusahaan Manufaktur Jepang di Indonesia Mulai Alami Penurunan Penjualan

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Februari 2020 - 13:15 WIB

Presiden Director JETRO Jakarta Keishi Suzuki (kanan) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Presiden Director JETRO Jakarta Keishi Suzuki (kanan) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Japan External Trade Organization (JETRO) menilai industri manufaktur Jepang yang ada di Indonesia mulai mengalami pergeseran akibat penurunan penjualan.

Presiden Direktur JETRO Jakarta Office Keishi Suzuki mengatakan untuk manufaktur unggulan negaranya yakni otomotif saat ini terjadi penurunan penjualan yang dulu bisa mencapai 2 juta unit saat ini hanya sekitar separuh atau 1 jutaan saja.

"Otomotif kami masih berharap ada pemulihan penjualan dibarengi dengan pertumbuhan manufaktur lain seperti Farmasi yang masih ditunggi dan diharapkan bertumbuh," katanya di Jakarta, kemarin.

Suzuki juga menilai sektor pembangkit listrik, properti dan non-manufacturing lainnya masih akan berjalan baik dan meningkatkan kinerjanya di Tanah Air.

Dia mengemukakan per tahun lalu investasi Jepang di Indonesia mencapai US$ 4,3 miliar. Angka tersebut menjadikan Jepang menjadi investor ketiga terbesar di tanah air.

"Ini berkaitan dengan tenaga kerja di Indonesia dan untuk manufaktur saat ini semakin sulit karena kenaikan upah di Indonesia menjadi masalah sehingga investasi di non manufaktur bertambah," ujarnya.

Sebelumnya, JETRO merilis hasil survei terbaru terkait Kondisi Bisnis Perusahaan Jepang di Asia dan Oceania.

Hasilnya, sebanyak 55,8% menyatakan ketidakpuasan perusahaan Jepang dengan produktivitas tenaga kerja Indonesia bila dibandingkan dengan upah minimum yang dibayarkan.

Tingkat ketidakpuasan tersebut jauh lebih tinggi dari rerata negara-negara Asia Tenggara yang hanya 30,6%. Bahkan tingkat ketidakpuasan Kamboja masih di atas Indonesia dengan 54,6%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Coding Bee Academy

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:33 WIB

K12 Computer Science Education Fair 2020, Ajang Pendidikan Untuk Memajukan Pembelajaran Coding di Indonesia

Dalam rangka memperluas akses pembelajaran coding di Indonesia, Coding Bee Academy, sekolah coding khusus untuk anak berusia 5-17 tahun, bersama dengan BPK Penabur Jakarta menyelenggarakan acara…

INDODAX Raih Award Startup Marketplace Aset Kripto Terbaik

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:30 WIB

INDODAX Raih Award Startup Marketplace Aset Kripto Terbaik

INDODAX meraih award "The Best Startup Marketplace Asset Crypto" pada Dunia Fintech Award 2020. Penghargaan tersebut menjadi catatan prestasi INDODAX di awal tahun ini dan juga prestasi di umurnya…

Tiktok Luncurkan Creator Academy

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:30 WIB

Tingkatkan Kualitas Konten, Tiktok Luncurkan Creator Academy

Buzzohero merupakan influencer marketing platform untuk menghubungkan ribuan buzzer Indonesia dengan berbagai brand. TikTok sebuah platform video singkat terdepan di dunia, meluncurkan ‚ÄúTikTok…

Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:15 WIB

Suzuki Club Reaksi Cepat Terobos Air Setinggi 2 Meter Evakuasi Korban Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) menurunkan 1 tim dengan 12 personel untuk membantu proses evakuasi para korban banjir di Jalan Kartini, Kota Bekasi.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:10 WIB

Masuri SH Ketua Kadin Bengkalis Resmi Diakui Pemerintah

Kadin hanya ada satu yaitu pimpinan Rosan Perkasa Roeslani, sesuai Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2010 lalu. "Jadi diharapkan Pemkab Bengkalis dan juga Bupati Bengkalis bisa menyikapi ini.…