Waspada, Perusahaan Manufaktur Jepang di Indonesia Mulai Alami Penurunan Penjualan

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Februari 2020 - 13:15 WIB

Presiden Director JETRO Jakarta Keishi Suzuki (kanan) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Presiden Director JETRO Jakarta Keishi Suzuki (kanan) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Japan External Trade Organization (JETRO) menilai industri manufaktur Jepang yang ada di Indonesia mulai mengalami pergeseran akibat penurunan penjualan.

Presiden Direktur JETRO Jakarta Office Keishi Suzuki mengatakan untuk manufaktur unggulan negaranya yakni otomotif saat ini terjadi penurunan penjualan yang dulu bisa mencapai 2 juta unit saat ini hanya sekitar separuh atau 1 jutaan saja.

"Otomotif kami masih berharap ada pemulihan penjualan dibarengi dengan pertumbuhan manufaktur lain seperti Farmasi yang masih ditunggi dan diharapkan bertumbuh," katanya di Jakarta, kemarin.

Suzuki juga menilai sektor pembangkit listrik, properti dan non-manufacturing lainnya masih akan berjalan baik dan meningkatkan kinerjanya di Tanah Air.

Dia mengemukakan per tahun lalu investasi Jepang di Indonesia mencapai US$ 4,3 miliar. Angka tersebut menjadikan Jepang menjadi investor ketiga terbesar di tanah air.

"Ini berkaitan dengan tenaga kerja di Indonesia dan untuk manufaktur saat ini semakin sulit karena kenaikan upah di Indonesia menjadi masalah sehingga investasi di non manufaktur bertambah," ujarnya.

Sebelumnya, JETRO merilis hasil survei terbaru terkait Kondisi Bisnis Perusahaan Jepang di Asia dan Oceania.

Hasilnya, sebanyak 55,8% menyatakan ketidakpuasan perusahaan Jepang dengan produktivitas tenaga kerja Indonesia bila dibandingkan dengan upah minimum yang dibayarkan.

Tingkat ketidakpuasan tersebut jauh lebih tinggi dari rerata negara-negara Asia Tenggara yang hanya 30,6%. Bahkan tingkat ketidakpuasan Kamboja masih di atas Indonesia dengan 54,6%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…