Wujudkan SDM Indonesia Unggul BUMN adakan Penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 12 Februari 2020 - 21:42 WIB

 Kegiatan Launching PMMB Untuk Tahun 2020
Kegiatan Launching PMMB Untuk Tahun 2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara melalui Forum Human Capital Indonesia memberikan penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program penguatan PMMB BUMN tersebut diselenggarakan melalui kegiatan talkshow yang dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN dan mahasiswa serta rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air.

Kegiatan yang juga sebagai launching PMMB untuk tahun 2020 ini dibuka oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Dalam acara ini, Menteri BUMN menyampaikan,

“Melihat data McKinsey yang menyebutkan bahwa 375 juta pekerja di dunia harus dilakukan reskilling dan retraining, karena 50% pekerjaan yang ada hari ini akan terotomatisasi. Inilah salah satu alasan mengapa BUMN sebagai pelaku industri harus peka terhadap tantangan disrupsi ini dan menyusun program-program pengembangan SDM yang dapat menjawab tantangan tersebut dengan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Tenaga Kerja, Insititusi pendidikan, serta sektor swasta.”

Selama menjabat sebagai menteri BUMN, Erick Thohir ingin menyiapkan pondasi dan legacy yang kuat, salah satunya adalah dengan membangun sumber daya manusia, khususnya anak muda. Ditambahkan olehnya,

“Apa yang kami siapkan, bukan hanya untuk masa jabatan selama menjadi menteri saja, tetapi untuk bisa dilanjutkan lagi. Untuk masa depan,” tegas Menteri BUMN.

Program magang ini mendapat sambutan yang positif dari berbagai pihak, baik dari Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) dan juga mahasiswa. Menurut Ketua Umum FHCI, Herdy Harman, PMMB dapat menjadi alternatif ajang pencarian putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan berkembang bersama BUMN.

Disampaikan dalam laporan FHCI, bahwa Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini dimulai sejak 2018 dan telah melibatkan lebih dari 16.500 mahasiswa.

“Saat ini, PMMB sudah ada empat angkatan. Satu angkatan di tahun 2018, dua angkatan di tahun 2019 dan tahun 2020 rencananya akan dua angkatan juga.” jelas Herdy.

PMMB Batch I tahun 2020 diikuti 4.608 mahasiswa dari 300 kampus di tanah air dan melibatkan 124 BUMN. Para mahasiswa yang mengikuti program ini merasakan pengalaman nyata magang di BUMN secara penuh selama minimal 6 bulan dan diakui sebanyak 18 – 23 SKS oleh PTN/PTS nya. Selain itu para mahasiswa ini juga mendapatkan uang saku bulanan dan sertifikat, baik sertifikat kompetensi maupun sertifikat industri.

PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul,terutama dalam menghadapi persaingan global melalui keselarasan kurikulum industri dan perguruan tinggi.

PMMB ini sejalan dengan program utama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin untuk melanjutkan program pembangunan dengan tagline “SDM Unggul, Indonesia Maju”, dan juga kebijakan Kampus Merdeka, yang diusung Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yakni kebijakan magang tiga semester di luar program studi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…