CTI IT Infrastructure Summit 2020 Usung Tema Revolusi Platform

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Februari 2020 - 07:00 WIB

Rachmat Gunawan Direktur CTI Group.
Rachmat Gunawan Direktur CTI Group.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyedia solusi infrastruktur TI PT Computrade Technology International (CTI Group) akan mengadakan kembali seminar dan pameran infrastruktur TI terbesar di Indonesia, CTI IT Infrastructure Summit, pada 11 Maret 2020 di Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan dengan tema tentang Revolusi Platform dan bagaimana mengadopsi teknologinya untuk bisnis digital.

Platform adalah kumpulan teknologi yang menjadi basis aplikasi, proses atau teknologi lain beroperasi dan dikembangkan. Kumpulan teknologi ini menyediakan tempat untuk penggunanya berkomunikasi, berinteraksi, dan berinteroperasi dalam sebuah ekosistem.

Perusahaan-perusahaan besar sudah membangun bisnis mereka diatas platform yang kuat, sehingga menjadi perusahaan seperti yang dikenal sekarang ini seperti Amazon dan Airbnb. Bahkan, di Indonesia sendiri, perusahaan seperti Gojek, OVO dan Tokopedia dibangun diatas teknologi platform dan mendukung pertumbuhan bisnis online tanah air hingga US$ 20 miliar.

“Bagi bisnis, platform dapat membantu dari segala aspek seperti penjualan produk dan jasa, menyebarluaskan konten, dan lain-lain. Di Indonesia, penggunaan teknologi platform mungkin lebihbanyak dikenal untuk perusahaan start-up saja, tapi kami juga ingin agar teknologi ini bisa diadopsi dan dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang sudah lama berdiri. Memang, teknologi platform ini merupakan sebuah kesatuan dan bisa menimbulkan kebingungan apabila tidak dipahami. Oleh karena itu, melalui CTI IT Infratructure Summit 2020 ini, kami dapat membantu para CEO untuk dapat mengerti dan memilih investasi teknologi platform seperti apa yang terbaik bagi perusahaan mereka, agar tidak tertinggal dari perusahaan-perusahaan start-up” ujar Rachmat Gunawan, Direktur CTI Group.

Menurut laporan dari McKinsey 2019, lebih dari 30% aktivitas ekonomi global (sekitar $60 triliyun) mampu dimediasi oleh platform digital sampai tahun 2025, namun para ahli memperkirakan baru 3% dari perusahaan yang sudah lama berdiri yang sudah mengadopsi strategi platform yang efektif.

Oleh karena itu, para pebisnis diharapkan untuk dapat memahami teknologi platform sehingga bisamemaksimalkan teknologi tersebut untuk bisnisnya.

"Perusahaan Indonesia dapat mengambil manfaat dari fleksibilitas inovasi jaringan (Network) di infrastruktur digital mereka. Fleksibilitas ini dirasakan terutama saat perusahaan-perusahaan ini bergerak ke fase selanjutnya dalam perjalanan transformasi digital mereka. Teknologi platform Aruba memungkinkan semua organisasi untuk melakukan lompatan ke masa depan dan masuk kepasar dengan kecepatan dan skala manufaktur berdasarkan permintaan global” Jelas RobertSuryakusuma, Country Manager Aruba Indonesia.

Platform bukan berupa produk tunggal atau unit system dari satu vendor, melainkan kompilasiteknologi yang fleksibel yang bisa dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Jenis-jenis teknologi platform antara lain adalah operating system, computing, database, storage, aplikasi, mobile, API dan masih banyak lagi.

Melalui CTI IT Infrastructure Summit 2020, para pebisnis diharapkan bisa mengadopsi teknologi platform sebagai bagian dari strategi bisnis.

“Sebagai perusahaan IT terdepan, IBM memiliki visi untuk membantu pelanggan kami menjadi Perusahaan Cognitive (Cognitive Enterprise) melalui strategi digital, ide desain, teknologi cognitive,dan aplikasi cloud serta infrastruktur yang mumpuni,” ujar Novan Adian, Country Manager PartnerEcosystem, IBM Indonesia.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai Revolusi Platform untuk para CEO di Indonesia, CTI ITInfrastructure Summit 2020 menghadirkan sejumlah pembicara ahli seperti Sachin Chitturu, Partner dari McKinsey & Company, Justin Chiah, Senior Director dari Aruba, dan Panji Wasmana, Chief

Technology Officer dari IBM Indonesia. Selain itu ada juga sesi panel diskusi yang akan dihadiri olehpakar IT seperti Alex Spinelli, Chief Technology Officer dari Liveperson dan Hery Atmadja, Digital andEmerging Tech Partner dari Ernst & Young.

CTI IT Infrastructure Summit 2020 didukung oleh lembaga riset McKinsey & Company serta vendor-vendor TI terkemuka di dunia, seperti Aruba, IBM, Alibaba Cloud, Veeam, DellTechnologies, Huawei, dan Oracle.

Untuk registrasi atau mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai CTI IT InfrastructureSummit 2020 silakan kunjungi: www.itinfrastructuresummit.com

Tentang CTI IT Infrastructure Summit

CTI IT Infrastructure Summit adalah event tahunan CTI Group yang mengumpulkan peneliti,vendor, praktisi, akademisi, dan pembuat kebijakan dari kalangan pemerintah untuk mengupastren dan tantangan TI terkini dan akan datang. Acara ini bertujuan untuk membantu paraprofesional bisnis dan TI di Indonesia agar dapat memahami berbagai manfaat dan tantangandari tren TI melalui sharing best practice dari para pembicara terkait proses, tools, teknologi,teknis, dan aplikasi TI. Informasi lebih lanjut, klik www.itinfrastructuresummit.com.

Tentang CTI Group

CTI Group terus menjaga komitmennya untuk tumbuh bersama mitra bisnisnya, melalui penyediaaninfrastruktur IT baik hardware dan software dengan dukungan lengkap mulai dengan fasilitas CTITechnology Center, tenaga ahli (engineer), layanan Customer Response Center 24/7 hingga rangkaianportfolio teknologi terkini yang didistribusikan oleh anak perusahaan CTI Group, yakni Blue PowerTechnology, Central Data Technology, Virtus Technology Indonesia, Helios Informatika Nusantara, danXDC Indonesia. CTI Group menyempurnakan layanannya kepada mitra bisnis dan pelanggan denganmembentuk alliance partner dengan Defenxor selaku managed security service provider (MSSP) danInovasi Informatika Indonesia (I3) yang menyajikan layanan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…