Kemenperin Dorong Produk Alas Kaki Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 Maret 2017 - 19:32 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Direktorat Jendral IKM, Kementerian Perindustrian melalui Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) terus mendorong produk alas kaki menembus pasar ekspor.

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengungkapkan, saat ini kami tengah mengupayakan peningkatan standar kompetensi sumber daya manusia industri, penumbuhan wirausaha baru, dan mendorong program national branding untuk industri alas kaki.

"Saat ini yang sudah terealisasi pada produk alas kaki melalui inisiasi dari Kemenperin, yakni Sepatu Ekuator dengan desain premium khusus pria," ungkap Gati saat acara temu pelanggan BPIPI di Tangerang (22/3/2017).

Sepatu Ekuator diproduksi oleh Fortuna Shoes pengrajin asal Bandung, Jawa Barat yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Sepatu Ekuator ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2,5 juta, dan memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 80 persen.

Melalui pertemuan dengan para pelanggan BPIPI yang meliputi pemasok, pengrajin, dan pembeli ini, Gati berharap dapat menjadi ajang untuk saling memberikan masukan dalam pembuatan sepatu lokal yang memenuhi standard desain dan kualitas sesuai selera pasar saat ini.  

Peluang pengembangan IKM alas kaki di dalam negeri masih cukup besar karena dalam lima tahun terakhir terjadi peningkatan signifikan terhadap konsumsi perkapita masyarakat Indonesia terhadap alas kaki yang semula hanya 2 pasang menjadi lebih dari 3 pasang per tahun.

Menurut catatan Kemenperin, pada tahun 2016, penambahan investasi IKM alas kaki diperkirakan sebesar Rp2.8 triliun dengan nilai produksinya sebesar Rp22,98 triliun. Pada tahun 2017, nilai produksi sektor ini diproyeksikan meningkat hingga Rp24,25 triliun.  

Sedangkan menurut data BPS tahun 2010, menunjukkan, kelompok usaha alas kaki berjumlah 32.910 unit dengan jumlah penyerapan tenaga kerja mencapai 114.495 orang di seluruh Indonesia.  

"Kami optimis dan terus mendukung produk alas kaki agar bisa menembus pasar ekpsor," tutup Gati.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…