Perpustakaan Keliling Tentara Kembali Datangi Sekolah di Perbatasan RI-PNG

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Januari 2020 - 03:37 WIB

Perpustakaan Keliling Tentara Kembali Datangi Sekolah di Perbatasan RI-PNG
Perpustakaan Keliling Tentara Kembali Datangi Sekolah di Perbatasan RI-PNG

INDUSTRY.co.id - Merauke- Pepatah membaca adalah jendela dunia merupakan suatu ungkapan yang tepat, karena dengan membaca buku, akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan, memperluas wawasan seseorang, beraneka kejutan dan hiburan pun bisa diperoleh melalui membaca buku.

Guna menghadirkan jendela dunia itu di perbatasan RI-PNG, sejak awal bertugas di bulan Agustus 2019 lalu, Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad berinovasi menyulap Truk Dinas Tentara jenis NPS menjadi mobil pintar “Perpustakaan Keliling” yang membawa ratusan judul buku dan satu buah televisi 42 inci untuk nonton bersama.

Kini dimasa tugasnya yang sudah berjalan sekitar enam bulan, Perpustakaan Keliling Tentara kembali menyambangi Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah binaan teritorial Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kuler yang dipimpin oleh Danki Satgas Lettu Inf Aprianto Trianggoro Putro, S.T.Han.

Kali ini SD YPK Kuler di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua, pada hari Senin (27/1/2020) menjadi sekolah kesepuluh yang disambangi 10  personel Satgas dari Pos Kuler dengan perpustakaan keliling, hal ini adalah pertama kali ada perpustakaan keliling di sekolah tersebut.

“Sengaja kami datangkan perpustakaan keliling dari Pos Kout, untuk membangun minat baca dan memperluas pengetahuan dan wawasan siswa-siswi di SD YPK Kuler. Selain itu juga ada nonton bareng film tema perjuangan serta membagikan bubur kacang hijau setelah kegiatan usai guna menambah gizi para siswa,” kata Lettu Inf Aprianto.

Di tempat terpisah, Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengatakan, kegiatan Perpustakaan Keliling merupakan salah satu program teritorial Satgas untuk menghadirkan jendela ilmu pengetahuan bagi anak-anak yang ada di sekolah perbatasan.

“Inovasi ini sebagai usaha meningkatkan prestasi siswa, membantu mengajar di sekolah disekitar pos Satgas juga dilakukan, kita juga memberikan bimbingan belajar di pos. Bagi kami pendidikan dan ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat penting meskipun dihadirkan dalam bentuk yang sederhana,” terangnya.

Kepala Sekolah SD YPK Kuler, Ibu Deniana Makailipessi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang telah datang membawa Truk Tentara dengan disulap menjadi Perpustakaan Kelilng yang menarik. “Terima kasih banyak Bapak-bapak TNI, telah singgah ke sekolahan kami, senang rasanya melihat siswa-siswi kami semangat dan antusias dalam membaca buku, ini adalah kali pertama dan tentunya menjadi hal baru dan membuat siswa-siswi semakin semakin cinta dengan membaca,” ungkapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…