Terima Nurdin Halid, Gubernur Khofifah Siap Bersinergi dengan Dekopin

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 24 Januari 2020 - 13:19 WIB

Nurdin Halid dan jajaran pimpinan Dekopin periode 2020-2024 saat diterima oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di rumah dinasnya, di Surabaya, Kamis (23/1/2020).
Nurdin Halid dan jajaran pimpinan Dekopin periode 2020-2024 saat diterima oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di rumah dinasnya, di Surabaya, Kamis (23/1/2020).

INDUSTRY.co.id, 

Jakarta – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan dukungan penuh terhadap kepemimpinan Nurdin Halid di Dewan Koperasi Indonxccesia (Dekopin) dalam lima tahun ke depan. Menjadi tuan rumah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) adalah salah satu bentuk dukungan nyata dari Koffifah.

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan para wakil ketua umum melakukan kunjungan silaturahmi ke Jawa Timur, Kamis (23/1/2020). Kedatangan pimpinan Dekopin periode 2020-2024 itu disambut hangat oleh Kofiffah di rumah dinas Grahadi yang diikuti jamuan makan malam khas Jawa Timur dalam suasana penuh kekeluargaan. Maklum, Kofiffah juga adalah orang koperasi dan pernah menjadi wakil ketua umum Dekopin periode 2010 – 2014.

“Ibu Gubernur menerima kami dalam suasana penuh kekeluargaan. Banyak hal yang kami perbincangkan. Mulai dari program strategis Dekopin lima tahun ke depan, kerjasama Dekopin dengan Pemprov Jatim untuk pemberdayaan ekonomi rakyat, hingga masalah dinamika gerakan koperasi di Jawa Timur,” ungkap Nurdin Halid.

Rombongan Dekopin yang hadir dalam pertemuan itu antara lain wakil ketua umum bidang Kelembagaan dan Keanggotaan Agung Sudjatmoko, wakil ketua umum bidang Advokasi dan Komunikasi Raliansen Saragih, wakil ketua umum bidang Penerapan Inovasi Koperasi Pedesaan, Koperasi Pariwisata, dan Koperasi Transportasi Ferry Yuliantono, wakil ketua umum bidang Pengembangan Koperasi Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan Mayjen TNI (Purn) Yusuf Solichien, serta wakil ketua umum bidang koordinator wilayah dan pengawasan Abdul Wahab Bangkona. Selain itu, juga hadir Mardjito, Koordinator Pengkajian Koperasi Sektor Riil, dan Ketua Komite Hukum dan Perundang-undangan, Lukman.

Nurdin Halid menjelaskan bahwa pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur bertujuan untuk menjajaki Jawa Timur sebagai tuan rumah Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tahun 2021. Harkopnas tahun 2020 digelar di Sulawesi Utara. Kofiffah, lanjut Nurdin Halid, menerima baik tawaran tersebut.

“Namun Ibu Gubernur tanya, apakah ada agenda nasional Dekopin dalam waktu dekat. Saya bilang Rapimnas. Beliau langsung bilang, Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Rapimnas tersebut. Beliau memang ingin memperhebat gerakan ekonomi rakyat Jawa Timur berbasis koperasi,” ujar Nurdin Halid.

Selain menyampaikan rencana kegiatan di Jawa Timur, Nurdin Halid juga membahas dan mencari jalan keluar permasalahan gerakan koperasi di Jawa Timur. Nurdin Halid menyampaikan proses dan hasil Munas Dekopin yang sah yang diselenggarakan di Makassar, 11-14 November 2019.

“Setelah mendengar pemaparan kami, Ibu Gubernur menyayangkan sikap Dekopinwil dan Dekopinda Jawa Timur yang tidak mengakui hasil Munas yang sah sesuai Anggaran Dasar. Ibu Gubernur pun menyatakan Jawa Timur mendukung kepengurusan Dekopin yang saya pimpin, bahkan beliau bilang siap menjadi tuan rumah Rapimnas Dekopin akhir Februari mendatang,” tandas Nurdin Halid.

Gubernur Khofifah berjanji akan membantu menyelesaikan masalah gerakan koperasi di Jawa Timur. Saat itu juga Khofifah memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Purnomo untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. “Ibu Gubernur sangat cepat tanggap. Beliau ingin masalahnya segera selesai. Karena beliau justru sangat mengandalkan koperasi sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi rakyat Jawa Timur,” kata Nurdin Halid.

 

Jatim Siap Bersinergi  

Materi diskusi lainnya yang menarik dalam pertemuan sekitar dua jam tersebut ialah mengenai kerjasama program untuk memperbanyak lapangan kerja guna menyelesaikan masalah pengangguran serta pemberdayaan ekonomi rakyat melalui koperasi. Nurdin Halid menyampaikan bahwa Dekopin melakukan perubahan mendasar dengan mengedepankan program riil untuk memperkuat bisnis dan organisasi koperasi yang modern dan profesional.

Khofifah menyambut baik perubahan mendasar itu dan siap bekerja sama dengan Dekopin. Ia berharap Dekopin berkiprah lebih kuat lagi untuk membangun ekonomi rakyat. Gubernur menyatakan percaya dan yakin dengan pengalaman Nurdin Halid dan jajaran pimpinan yang baru Dekopin untuk membawa Dekopin lebih baik dan dirasakan kontribusinya bagi anggota.

“Beliau senang setelah kami memaparkan sejumlah langkah dan program strategis yang riil untuk pemberdayaan ekonomi rakyat di era digital. Dan, beliau bilang Jawa Timur siap bersinergi dengan Dekopin,” kata Nurdin Halid.

Sejauh ini, Khofifah banyak melakukan gebrakan memberdayakan ekonomi masyarakat Jawa Timur dengan mengandalkan koperasi. Ia juga menekankan betapa pentingnya koperasi bertransformasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak di era digital. Saat menjabat Menteri Sosial 2014-2018, Khofifah juga gencar mempromosikan koperasi untuk pemberdayaan komunitas dan kelompok -kelompok sosial. 

“Saya ingin koperasi di Jatim menjadi kekuatan yang luar biasa. Berbagai aplikasi yang dibangun untuk meluaskan jaringan di era digitalisasi ekonomi. Bagaimana pelaku koperasi menjadi pelaku usaha baik UKM atau IKM di era digital, meliputi pola membayar cashless, transformasi sistem lebih advance,” demikian Khofifah dalam sambutan pada perayaan Hari Koperasi ke-72 di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Saya merasa banyak mendapatkan kesempatan belajar koperasi melalui Dekopin. Saya tak pernah lelah mempromosikan koperasi sebagai system ekonomi berkeadilan yang menyejahterakan secara berkelanjutan. Saya bersyukur mempunyai pengalaman cukup banyak bersama Dekopin ketika menimba ilmu koperasi sampai ke luar negeri ke Jepang, Cina, Meksiko, hingga Inggris,” ujar Khofifah, wakil ketua umum Dekopin era kepemimpinan Nurdin Halid periode 2010-2014.

Di akhir pertemuan, Khofifah menyatakan optimis koperasi akan menjadi kekuatan baru jika mampu melibatkan generasi milenial yang kreatif, inovatif, dan dinamis. Dia meminta Nurdin Halid dan jajarannya untuk semakin gencar melibatkan generasi milenial dalam pengembangan koperasi.

“Koperasi harus dibangkitkan dengan melibatkan kaum milenial karena saat ini mereka terus bergerak dan membutuhkan wadah usaha bersama. Pelaku UMKM dan IKM juga perlu diwadahi dalam usaha bersama koperasi agar mereka semakin kuat dalam era persaingan global. Karena itu, saya senang orientasi baru Dekopin yaitu kolaborasi bisnis dan teknologi agar koperasi menjadi pelaku usaha yang sehat, besar, dan kuat,” ujar Khofifah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:10 WIB

Masuri SH Ketua Kadin Bengkalis Resmi Diakui Pemerintah

Kadin hanya ada satu yaitu pimpinan Rosan Perkasa Roeslani, sesuai Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2010 lalu. "Jadi diharapkan Pemkab Bengkalis dan juga Bupati Bengkalis bisa menyikapi ini.…

Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Raffi Ahmad saat konferensi pers Rans Carnival

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:02 WIB

Dorong Produk UMKM Naik Kelas, Menkop dan UKM Gandeng Raffi Ahmad Gelar Rans Carnival di 14 Kota

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Raffi Ahmad bakal menggelar Rans Carnival di Indonesia. Hal ini guna mendorong pangsa pasar produk-produk UMKM dalam negeri.

Kadin

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:00 WIB

Wagub Steven Kandouw: Kami Hanya Mengakui Kadin Sulut Hangky Arther Gerungan

Melalui pesan singkatnya, Steven Kandouw menegaskan hanya mengakui Kadin Sulut di bawah kepemimpinan Hangky Arther Gerungan. Yang kami akui itu Kadin di bawah kepemimpinan Pak Hengky Gerungan

First Media akan gelar First Festival 2020

Rabu, 26 Februari 2020 - 16:49 WIB

First Media Hadirkan Berbagai Kegiatan Menarik Lewat Gelaran First Festival 2020, Apa Saja?

Gelaran First Festival ini rencananya akan menghadirkan sederetan musisi dan figur ternama Indonesia yang diselenggarakan pada 4 dan 5 April 2020 bertempat di Parkir Selatan Senayan, Jakarta.

Jalan Sinar Mas Land Boulevard Alternatif Kurangi Kemacetan Kota Balikpapan

Rabu, 26 Februari 2020 - 16:30 WIB

Jalan Sinar Mas Land Boulevard Alternatif Kurangi Kemacetan Kota Balikpapan

Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama jajaran direksi Sinar Mas Land (24/02/20) meresmikan Jl. Sinar Mas Land Boulevard yang merupakan pintu gerbang kedua kawasan Grand City Balikpapan.…