Prita Kemal Gani: Profesi PR Saat Ini Harus Mampu Merangkul Seluruh Wilayah Publik

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 24 Januari 2020 - 00:13 WIB

Founder & CEO of LSPR Communication and Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR
Founder & CEO of LSPR Communication and Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR

INDUSTRY.co.id, Jakarta-ASEAN PR Network (APRN) berkolaborasi dengan LSPR Centre for Creativepreneurship Studies (LSPR CACS) mengadakan ASEAN SPOT 7th Talk Series dengan tema “Mapping Public Relations Capabilities in ASEAN Perspectives: Towards a Global Framework”.

Tema tersebut diangkat untuk membahas tantangan profesi PR dan memetakan kemampuan PR dalam perspektif ASEAN di kancah global. Acara ini digelar hari kamis, 23 Januari 2020 di Prof. Djajusman Auditorium and Performance Hall, LSPR Jakarta itu Menghadirkan H.E Robert Matheus Michael Tene, Prof. Anne Gregory, Ph.D, dan Jaffri Amin Osman APR, FAPR, Hon. FAPR selaku pembicara. Selain paparan dalam bentuk talkshow, dalam acara ini juga terdapat pemberian penghargaan Honorary Fellow Accredited PR untuk Ketua Perhimpunan Humas Indonesia (PERHUMAS) Agung Laksamana dan pemberian akreditasi kepada peserta yang telah diasesi.

Founder & CEO of LSPR Communication and Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR,  menegaskan bahwa profesi PR saat ini harus mampu merangkul seluruh wilayah publik, baik lokal maupun internasional.  ASEAN SPOT memilih tema kali ini dikarenakan dampak globalisasi yang semakin meningkat dan kompetitif.

“Globalisasi mengakibatkan praktik PR dan manajemen komunikasi terus berkembang di berbagai bidang, bahkan tidak hanya dalam bidang korporasi tapi juga menyentuh wilayah pemerintah. Globalisasi juga telah mendorong para praktisi dan pakar PR untuk bekerja secara profesional, terampil serta disiplin dengan cakupan luas melintasi batas negara”, ujarnya.

 Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan paparan dari pembicara utama yakni Deputy-Secretary General ASEAN for Community and Corporate Affairs H.E Robert Matheus Michael Tene. Dilanjutkan uraian Prof. Anne Gregory, PhD dari University of Huddersfield – UK, dan Mr. Jaffri Amin Osman APR, FAPR, Hon. FAPR, selaku Vice President of Institute PR of Malaysia. Prof. Anne Gregory diketahui telah memimpin banyak program penelitian dan konsultasi khusus dalam sektor publik dan swasta, terutama untuk Pemerintah Inggris. Profesi ini mengacu pada pendokumentasian kebijakan Pemerintah, sekaligus berperan dalam capability-building initiative. Sementara Mr. Jaffri Amin Osman telah memenangkan banyak penghargaan sebagai Konsultan PR Terbaik di Malaysia. Ia memberikan konsultasi PR dan komunikasi serta pelatihan untuk layanan kesehatan konsumen, FMCG, farmasi, keuangan, energi dan organisasi pemerintah.

 Acara APRN kali ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan Honorary Fellow Accredited PR untuk Ketua Perhimpunan Humas Indonesia (PERHUMAS) Agung Laksamana. Penghargaan ini merupakan level tertinggi dari akreditasi APRN. Penerima penghargaan dipilih sebagai nominasi oleh Board Members berdasarkan prestasi dan kontribusinya di dunia PR. Keseluruhan rangkaian acara diakhiri dengan pemberian akreditasi PR bagi para peserta yang telah diasesi.

ASEAN SPOT merupakan salah satu program yang diselenggarakan APRN. ASEAN SPOT adalah platform jejaring kreatif yang terletak di Jakarta-Indonesia dengan Visi membangun sebuah ekosistem strategis terpadu dalam jantung ASEAN. Sedangkan Misi-nya adalah menyediakan ruang berbagi untuk para pengusaha, pemikir kreatif, profesional PR, komunikator, pekerja swasta dan pemerintah yang mewakili negara-negara Asia Tenggara.

Sebelumnya dalam rangkaian acara serupa, APRN juga pernah mengundang President Global Alliance for PR and Communications Management Mr. Justin Green, Pengusaha dan Pendiri Warung Nasi Kuning Jusuf Hamka, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia H.E Km Chang-Beom, dan Staf Khusus untuk Presiden Republik Indonesia Angkie Yudhistia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemendag di Sidney Australia

Minggu, 16 Februari 2020 - 22:05 WIB

Mengintip Nutrisoy dan ITI, Industri Tahu Tempe dan Kayu Karya Diaspora Indonesia di Sydney Australia

Pangsa pasar Nutrisoy saat ini 90 persen dipasarkan di Australia. Sedangkan 10 persennya adalah untuk ekspor tujuan Selandia Baru, Kaledonia Baru, Singapura, dan Uni Emirat Arab. Nutrisoy memproduksi…

Indonesia - Australia

Minggu, 16 Februari 2020 - 21:28 WIB

Dari Sidney, Kemendag Bawa Potensi Dagang Senilai USD 2,4 Juta

Sydney, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward dan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo mengikuti rangkaian Forum Bisnis Indonesia-Australia…

Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:44 WIB

Podomoro Park Perbaiki Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

Meskipun tidak separah tahun lalu, tingginya curah hujan di awal tahun 2020 membuat beberapa wilayah di Bandung tergenang banjir. Normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum, serta…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:00 WIB

Penggeledahan Kasus Jiwasraya-Asabri, Ini Pendapat Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Jaksa Agung yang menetapkan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto sebagai tersangka baru kasus korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya. Dengan…

Prabowo Subianto dan Jokowi

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:00 WIB

Survei Membuktikan, Menhan Prabowo Subianto Menteri Paling Meroket Kinerjanya

Lembaga survei Indo Barometer merilis tingkat popularitas dan kinerja para menteri dalam 100 hari kerja pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin