Website WordPress Bantu Online -kan UMKM dengan Lebih Mudah

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 22 Januari 2020 - 16:29 WIB

Niagahoster
Niagahoster

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Beberapa tahun belakangan ini, sektor UMKM digenjot untuk memiliki daya saing lebih dengan go online. UMKM memang menjadi andalan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pendapatan negara. Namun hingga tahun 2018, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Herustiati, mengungkapkan baru sekitar 8% dari 58,97 juta unit UMKM yang go online.

Pertumbuhan UMKM go online yang masih lambat ini terjadi karena beberapa faktor antara lain permodalan, pajak, dan lainnya. Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui adalah minimnya pengetahuan dan pemahaman pelaku bisnis tentang digitalisasi.

Meresponi hal ini, penyedia layanan web-hosting Niagahoster bekerja sama dengan komunitas WordPress Gresik mengadakan WordPress Meetup Gresik. Acara ini dihadiri oleh pelaku bisnis dan UMKM di Kota Gresik. Mengambil tema “Memanfaatkan WordPress untuk Berbisnis”, acara ini secara khusus membahas langkah go online dengan website WordPress untuk UMKM.

Selain marketplace dan media sosial, Niagahoster mendorong pelaku bisnis untuk memperkuat nilai tambah dan persona digital dengan website. Memiliki website bagi UMKM layaknya memiliki toko online yang bisa diakses sewaktu-waktu. Website juga membuka peluang UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, bahkan hingga ke mancanegara.

Pembicara di acara ini, Handy Salam, Head of Production dari Panen Maya, merekomendasikan penggunaan content management system WordPress. CMS WordPress ini memungkinkan pelaku bisnis membuat situs tanpa harus coding.

Go online dengan website ibarat berinvestasi digital jangka panjang bagi bisnis. Dengan WordPress, website dapat dibangun secara mudah dan dengan biaya minimal.” ungkap Handy Salam.

“Banyak pebisnis yang merasa minder dulu go online pake website, karena takut sulit bikinnya (dan pengelolaannya). WordPress mengatasi hal itu. Otomatisasi dalam plugin dan tema website memudahkan orang awam bikin website.” ungkap Khazari Sofal, Customer Relations Specialist dari Niagahoster.

Upaya yang dilakukan Niagahoster dan Komunitas WordPress Gresik ini merupakan bentuk edukasi agar banyak pelaku bisnis dan UMKM yang mencoba go online secara mandiri. Marketplace, media sosial, dan website merupakan media untuk membuat bisnis lebih maju, baik secara pendapatan maupun secara branding.

Harapannya, lebih banyak lagi komunitas IT yang menjalankan peran edukasi dan pendampingan bagi pelaku bisnis di daerah-daerah. Dengan begitu, visi misi pemerintah untuk meng-online-kan lebih banyak UMKM akan makin cepat tercapai.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo meresmikan Pabrik Hot Strip Mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Rabu, 22 September 2021 - 07:00 WIB

GAPENSI Apresiasi PT. Krakatau Steel Bangun Industri Baja Indonesia Jadi Lebih Kuat

Tahun 2021 telah menjadi waktu yang menguntungkan bagi Industri logam nasional. Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan produksi industri logam dasar sebesar 18,03 persen pada semester…

Senin (20/9/2021) - Kegiatan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Pasti Bisa Kota Semarang

Rabu, 22 September 2021 - 06:46 WIB

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Semarang-Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September 2021.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Rabu, 22 September 2021 - 06:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjnato Tunjuk Mayjen TNI Sapriadi Jabat Aster

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Dankodiklat TNI), Asisten Teritorial…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 22 September 2021 - 05:30 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tegaskan Calon Komandan Harus Berani Ambil Resiko

Dikatakan Kasal bahwa keberanian memang tidak muncul dengan sendirinya tetapi harus banyak dilatih, termasuk keberanian untuk dekat dengan media sehingga peran TNI AL dalam memberikan bantuan…

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Dalam upaya meningkatkan kemampuan prajuritnya, Batalyon Kesehatan 1 Marinir (Yonkesh 1 Mar) melaksanakan kegiatan menembak Senapan Serbu 1 (SS1) di lapangan tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir…