Website WordPress Bantu Online -kan UMKM dengan Lebih Mudah

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 22 Januari 2020 - 16:29 WIB

Niagahoster
Niagahoster

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Beberapa tahun belakangan ini, sektor UMKM digenjot untuk memiliki daya saing lebih dengan go online. UMKM memang menjadi andalan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pendapatan negara. Namun hingga tahun 2018, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Herustiati, mengungkapkan baru sekitar 8% dari 58,97 juta unit UMKM yang go online.

Pertumbuhan UMKM go online yang masih lambat ini terjadi karena beberapa faktor antara lain permodalan, pajak, dan lainnya. Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui adalah minimnya pengetahuan dan pemahaman pelaku bisnis tentang digitalisasi.

Meresponi hal ini, penyedia layanan web-hosting Niagahoster bekerja sama dengan komunitas WordPress Gresik mengadakan WordPress Meetup Gresik. Acara ini dihadiri oleh pelaku bisnis dan UMKM di Kota Gresik. Mengambil tema “Memanfaatkan WordPress untuk Berbisnis”, acara ini secara khusus membahas langkah go online dengan website WordPress untuk UMKM.

Selain marketplace dan media sosial, Niagahoster mendorong pelaku bisnis untuk memperkuat nilai tambah dan persona digital dengan website. Memiliki website bagi UMKM layaknya memiliki toko online yang bisa diakses sewaktu-waktu. Website juga membuka peluang UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, bahkan hingga ke mancanegara.

Pembicara di acara ini, Handy Salam, Head of Production dari Panen Maya, merekomendasikan penggunaan content management system WordPress. CMS WordPress ini memungkinkan pelaku bisnis membuat situs tanpa harus coding.

Go online dengan website ibarat berinvestasi digital jangka panjang bagi bisnis. Dengan WordPress, website dapat dibangun secara mudah dan dengan biaya minimal.” ungkap Handy Salam.

“Banyak pebisnis yang merasa minder dulu go online pake website, karena takut sulit bikinnya (dan pengelolaannya). WordPress mengatasi hal itu. Otomatisasi dalam plugin dan tema website memudahkan orang awam bikin website.” ungkap Khazari Sofal, Customer Relations Specialist dari Niagahoster.

Upaya yang dilakukan Niagahoster dan Komunitas WordPress Gresik ini merupakan bentuk edukasi agar banyak pelaku bisnis dan UMKM yang mencoba go online secara mandiri. Marketplace, media sosial, dan website merupakan media untuk membuat bisnis lebih maju, baik secara pendapatan maupun secara branding.

Harapannya, lebih banyak lagi komunitas IT yang menjalankan peran edukasi dan pendampingan bagi pelaku bisnis di daerah-daerah. Dengan begitu, visi misi pemerintah untuk meng-online-kan lebih banyak UMKM akan makin cepat tercapai.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitsubishi L100 EV

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:15 WIB

Ini Dia Sejumlah Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan dimulainya penjualan Mitsubishi L100 EV di Indonesia, termasuk harga yang ditawarkan.

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:02 WIB

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Untuk Bisnis Yang Berkelanjutan

Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di…

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56 WIB

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Pedagang Pasar Tematik Semarapura mendatangi gedung DPRD Klungkung pada Senin lalu (19/02/2024). Para pedagang yang berjumlah 80 orang tersebut meminta peraturan kenaikan tarif retribusi dilakukan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…

Pegawai Jtrust Bank

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:23 WIB

Tahun 2024, J Trust Bank Optimis Penyaluran Kredit dan Dana Pihak Ketiga Lanjut Positif

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) mencatat pertumbuhan positif untuk kredit dan dana pihak ketiga (DPK) per Januari 2024.