BKPM Kawal Investor Urai Keruwetan Lalu Lintas di Bandara Ngurah Rai

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 21 Januari 2020 - 23:28 WIB

Penandatanganan MoU Pembangunan LRT dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Terminal Satelit Jineng. Dari kiri ke Kanan: Son Byeong Doo, Executive Director KRNA; Lim Han Gyu, Executive Director KIND; dan Haedar A. Karim, Plt. Direktur Utama PT Nindya Karya. (Foto Abraham Sihombing)
Penandatanganan MoU Pembangunan LRT dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Terminal Satelit Jineng. Dari kiri ke Kanan: Son Byeong Doo, Executive Director KRNA; Lim Han Gyu, Executive Director KIND; dan Haedar A. Karim, Plt. Direktur Utama PT Nindya Karya. (Foto Abraham Sihombing)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah mengeksekusi proyek Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA), kini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengawal investasi untuk Proyek Light Rail Transit (LRT) Bandara.

BKPM yang diwakili Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal, Ikmal Lukman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Nindya Karya (Persero) dengan Korea Overseas Infrastructure & Urban Development Corporation (KIND) dan Korea Rail Network Authority (KRNA) di Kantor BKPM pada Selasa (21/01/2020) petang. MoU tersebut berisi rencana pembangunan LRT dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Terminal Satelit Jineng.

“Penandatanganan MoU ini adalah salah satu tindak lanjut MoU antara BKPM dengan KIND pada kunjungan kami ke Korea Selatan pada September tahun lalu,” ujar Ikmal dalam kata sambutannya setelah proses penandatanganan MoU. BKPM juga menghimbau agar investor mau bermitra dengan UKM lokal sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Menurut MoU tersebut, pembangunan LRT Bandara I GustiNgurah Rai sepanjang 4,78 kilometer tersebut akan memakan waktu kurang lebih 1,5 - 2 tahun dengan nilai investasi sebesar Rp5 Triliun. LRT ini akan memiliki 4 stasiun di antara terminal satelit Jineng dan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Proyek ini adalah langkah awal yang nantinya akan berlanjut dalam Pengembangan green city dan juga TOD (Transit Oriented Development) di daerah seminyak dan Kuta, dalam kesempatan kali ini juga kami mengucapkan banyak terima kasih pada BKPM yang terus membantu dan mengawal realisasi dari investasi-investasi yang kami lakukan,” ujar Haedar A. Karim, Plt. Direktur Utama PT Nindya Karya.

Pembangunan LRT Bandara I Gusti Ngurah Rai bertujuan untuk memfasilitasi pengguna dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara terminal satelit Jineng di Kuta dengan Bandara Ngurah Rai. Selain itu juga, LRT dapat menjadi moda transportasi alternatif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dari dan ke bandara.

Penandatangan MoU ini adalah Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama PT Nindya Karya, Haedar A. Karim; Executive Director KIND, Lim Han Gyu; dan Executive Director KRNA, Son Byeong Doo, serta disaksikan oleh Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM, Ikmal Lukman, dan Attache Representative Korean Embassy Jakarta, Kim DongJin. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Selasa, 25 Februari 2020 - 06:00 WIB

Ketua MPR-Ketua DPR akan Kunjungi Papua, Pastikan Kondisi Riil

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti dan anggota MPR RI yang terdiri dari anggota DPR RI serta DPD RI daerah pemilihan…

Wibawa Prasetya, Dosen Fakultas Teknik Atma Jaya (kanan), berhasil meraih promosi doktor dari Universitas Negeri Jakarta, usai Sidang Senat Terbuka yang berlangsung di Kampus Universitas Negeri Jakarta, Senin (24/2/2020).

Selasa, 25 Februari 2020 - 05:13 WIB

Mengangkat Masalah Tingkat Turnover Karyawan, Dosen Atma Jaya Ini Lulus Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Wibawa Prasetya, Dosen Fakultas Teknik Atma Jaya, berhasil meraih promosi doktor dari Universitas Negeri Jakarta. Pria Kelahiran Jogjakarta, 30 Juni 1962, itu, mengangkat disertasinya dengan…

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Rumkital Marinir Cilandak

Selasa, 25 Februari 2020 - 04:30 WIB

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Rumkital Marinir Cilandak

Kepala Staf Korps Marinir (Kas Kormar) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.Tr. (Han) menyaksikan penandatanganan dan Komitmen bersama Fakta Integritas dan Zona Integritas Rumah Sakit Angkatan…

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Ketua Umum DPP INSA

Selasa, 25 Februari 2020 - 04:00 WIB

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Ketua Umum DPP INSA

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima courtesy call Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners' Association (DPP INSA) Carmelita Hartoto bersama…

Kapusjianstra TNI Buka FGD Penyiapan Postur TNI di Kalimantan Timur

Selasa, 25 Februari 2020 - 03:00 WIB

Kapusjianstra TNI Buka FGD Penyiapan Postur TNI di Kalimantan Timur

Kepala Pusat Pengkajian Strategis (Kapusjianstra) TNI Brigjen TNI Totok Imam Santoso. S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) membuka Forum Grup Discussion (FGD) yang berlangsung selama satu hari dengan…