F5 akan Mengakuisisi Shape Security dan Mentransformasi Keamanan Aplikasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Januari 2020 - 10:00 WIB

Shape Security
Shape Security

INDUSTRY.co.id - Jakarta– F5 Networks, Inc. (NASDAQ: FFIV) dan Shape Security mengumumkan kesepakatan definitif yang menyatakan F5 akan mengakuisisi seluruh saham Shape dengan nilai total perusahaan sekitar US$1 miliar secara tunai, dengan beberapa penyesuaian jika diperlukan.

Shape melindungi bank, maskapai, peritel, dan lembaga pemerintahan terbesar di dunia dengan perlindungan canggih dari serangan bot, penipuan, dan penyalahgunaan. Shape khususnya melindungi dari upaya pencurian identitas (credential stuffing) yakni ketika penjahat siber mencuri password dari pembobolan data pihak ketiga, serta machine learning yang didukung analitik berbasis cloud untuk melindungi dari serangan yang lolos dari kontrol solusi perlindungan keamanan dan penipuan lain.

Akuisisi ini memadukan kepakaran F5 dalam melindungi aplikasi di seluruh lingkungan multi-cloud dengan kemampuan Shape dalam mencegah penipuan dan penyalahgunaan untuk mentransformasi keamanan aplikasi. F5 dan Shape bersama-sama menawarkan keamanan aplikasi end-to-end yang komprehensif, berpotensi menghemat miliaran dolar yang hilang akibat penipuan, tercorengnya reputasi, dan disrupsi terhadap layanan-layanan online penting.

Platform perlindungan aplikasi Shape mengevaluasi aliran data dari pengguna ke aplikasi dan meningkatkan analitik berbasis cloud yang canggih untuk memisahkan lalu lintas yang baik dan yang buruk. Dengan penempatan F5 pada aliran lalu lintas data di lebih dari 80% infrastuktur aplikasi milik perusahaan Fortune 500, F5 menyediakan celah masuk yang tepat bagi layanan keamanan Shape. F5 dan Shape bersama-sama akan secara dramatis mengurangi waktu dan sumber daya yang diperlukan bagi organisasi untuk menerapkan perlindungan kelas dunia dari penipuan online dan penyalahgunaan.

“Kami memahami dari perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra bahwa aplikasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Untuk meningkatkan nilai bisnis dan pengalaman terbaik bagi pelanggan secara maksimal, aplikasi-aplikasi ini harus bisa berjalan secara sempurna serta melindungi keamanan data dan privasi pengguna. Pengalaman menggunakan website atau aplikasi yang terganggu oleh penipuan dan penyalahgunaan bisa berujung pada hilangnya pendapatan, hilangnya nilai merek, dan pelanggan pun berpindah,” papar Presiden dan CEO F5, François Locoh-Donou.

“Dengan Shape, kami akan menciptakan proteksi end-to-end pada aplikasi sehingga aplikasi yang menciptakan pemasukan dan manjadi jangkar bagi sebuah merek akan terlindungi mulai dari saat pembuatan hingga digunakan untuk berinteraksi oleh pelanggan - mulai dari penulisan program (code) hingga ke pelanggan,” lanjut Locoh-Donou. “Selain membuka pasar potensial (adjacent market) senilai US$ 4 miliar yang tumbuh dengan cepat, kemampuan yang didukung machine learning dan kecerdasan buatan (AI) akan terus meningkat dan meningkatkan portofolio layanan aplikasi yang beragam milik F5 dan memperluas kemampuan kami dalam mengoptimalkan dan melindungi aplikasi pelanggan dalam dunia multi-cloud yang semakin kompleks.”

“Sejak awal berdirinya Shape, kami mengamati adanya pola yang konsisten dari pelanggan ke pelanggan: penggunaan teknologi F5 untuk menjalankan dan memungkinkan aplikasi mereka,” kata Derek Smith, co-founder dan CEO Shape. “Kini, kami menantikan kesempatan untuk lebih terintegrasi dengan platform F5 untuk menjalankan dan mengamankan aplikasi. F5 menyediakan pengaturan arus lalu lintas data yang optimum untuk solusi penipuan dan penyalahgunaan online milik Shape yang memimpin industri. Hal ini, dikombinasikan dengan skala pasar global F5 berarti kami bisa bersama-sama melindungi aplikasi pelanggan dan pengguna secara lebih banyak dari serangan canggih dan lalu lintas jahat.”

Begitu proses akuisisi tuntas, Derek Smith dan team kepemimpinannya akan bergabung di F5 dalam posisi-posisi manajemen penting. Shape akan tetap bermarkas di tempat mereka saat ini yakni di Santa Clara.

Detil Transaksi

Akuisisi Shape konsisten dengan visi F5 untuk membangun perusahaan layanan aplikasi end-to-end multi-cloud terbaik. Hal ini juga mempercepat produk dan pertumbuhan pemasukan total F5; mempercepat transisi menjadi model bisnis software dan berbasis SaaS (Software as a Service); dan diharapkan bisa meningkatkan langganan software F5 gabungan pada tahun fiskal 2020.

F5 berharap untuk mencapai titik impas laba per saham (earning per share/EPS) non-GAAP dalam 24 bulan setelah akuisisi dirampungkan dan mengantisipasi bahwa penggabungan kedua perusahaan tersebut akan meningkatkan nilai saham perusahaan (accretive) berupa aliran dana per lembar saham dalam 12 bulan setelah kesepakatan diteken. F5 akan membiayai transaksi ini dalam bentuk uang tunai di neraca keuangannya dan US$ 400 juta dalam bentuk Senior Unsecured Term Loan A.

Akuisisi ini telah disetujui oleh Dewan Direksi F5 dan Shape. Akuisisi ini masih harus disetujui oleh pihak otoritas dan syarat-syarat penutupan transaksi pada umumnya. Transaksi ini diharapkan bisa selesai pada kuartal pertama 2020.

Tentang F5

F5 (NASDAQ: FFIV) menggerakkan pengembangan aplikasi sepanjang masa hidup mereka, di lingkungan multi-cloud manapun, sehingga pelanggan kami – perusahaan, penyedia layanan, pemerintah, dan merek konsumen – bisa memberikan pengalaman digital yang berkinerja tinggi dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, klik f5.com. Anda juga bisa mengikuti @f5networksAPJ di Twitter atau kunjungi kami di LinkedIn dan Facebook untuk mendapatkan informasi mengenai F5, para mitranya, serta teknologinya. F5 adalah trademark atau service mark dari F5 Networks Inc. di Amerika Serikat (AS) dan negara lain. Seluruh produk dan nama perusahaan lain yang termasuk di sini kemungkinan trademark dari para pemiliknya.

Tentang Shape

Shape, bermarkas di Santa Clara, California, menciptakan botwall pertama di dunia pada 2011. Kini, Shape melindungi perusahaan-perusahaan terbesar di dunia, termasuk diantaranya lebih dari separuh perbankan online di Amerika Utara, dari seluruh bentuk penipuan aplikasi online. Platform pencegah penipuan milik Shape mendeteksi dan memblokir lebih dari satu miliar penipuan atau transaksi yang tidak diinginkan setiap harinya, sembari menjaga keamanan 200 juta login asli oleh manusia dan interaksi lainnya. Shape menyediakan perlindungan omnichannel untuk aplikasi web, mobile dan antarmuka API; mobile SDK milik Shape sudah digunakan di lebih dari 200 juta perangkat iOS dan Android di seluruh dunia. Perusahaan ini telah diakui sebagai salah satu World Economic Forum Technology Pioneer, masuk 100 perusahaan AI di daftar CB Insight, serta perusahaan Silicon Valley dengan pertumbuhan tercepat dan perusahaan AS dengan pertumbuhan ketiga tercepat oleh Deloitte Technology Fast 500™. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi www.shapesecurity.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…