Konten Video Bisa Jadi Sarana Dakwah

Oleh : Wiyanto | Minggu, 19 Januari 2020 - 15:49 WIB

Ilustrasi video jurnalistik
Ilustrasi video jurnalistik

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ummat TV menggelar Pelatihan Videografer Dakwah di Kantor Redaksi Ummat TV, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu-Ahad (18-19/01/2020).

Pelatihan ini dihadiri oleh belasan peserta yang berasal dari beberapa daerah, diantaranya adalah Jakarta, Banten, Bandung, Bogor hingga Makassar.

Anwar Aras, Pemimpin Redaksi Ummat TV mengungkapkan saat ini belum banyak dai yang konsen berdakwah melalui media. "Pelatihan ini kita laksanakan, sebab SDM di bidang media kita sangat butuh, maka mudah-mudahan seluruh peserta bisa membawa pulang ilmu yang didapatkan ke daerah masing-masing," ujar Anwar dalam sambutan di depan peserta, Sabtu (18/1/2020).

Sesi pertama pelatihan disampaikan oleh Setyohadi Wiratmoko, Staf Divisi Diklat Ummat TV. Kepada peserta, Setyohadi memperkenalkan informasi dasar mengenai dunia vlogging, sampai pada teknik pengambilan gambar video.

Pelatihan pada hari pertama diakhiri dengan praktek pembuatan video oleh seluruh peserta yang dibagi atas beberapa kelompok.

Kemudian, pada hari kedua disampaikan materi Teknik Menulis Berita oleh Ibnu Syafa'at, wartawan Voa Islam. Pemateri mengawali materinya dengan memaparkan potensi dakwah di media sosial.

Wartawan senior yang pernah bertugas di Majalah Suara Hidayatullah ini melanjutkan dengan memperkenalkan bagian-bagian dasar sebuah berita. Menurutnya, teknik penulisan berita ini sangat penting dalam dunia jurnalistik.

“Baik media cetak, online, radio, maupun televisi diperlukan penulisan berita. Ketika menampilkan berita melalui radio, televisi, maka pembacaan narasi tersebut disusun tak jauh berbeda dengan teknik menulis berita yang sesuai kaidah 5W 1H,” kata Syafaat.

Pada sesi ini peserta diberi tugas praktek menulis berita lugas. Kemudian hasilnya dibacakan sebagai narasi berita video.

Dari pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memproduksi konten video dakwah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertamina Lubricants (Ist)

Senin, 21 September 2020 - 18:40 WIB

Kemenperin Apresiasi Pertamina Lubricants jadi Pelopor Penerapan SNI Pelumas

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi untuk PT Pertamina Lubricants yang telah menjadi pelopor dalam penerapan standarisasi produk dan penggunaan produk bersertifikat Standar…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Senin, 21 September 2020 - 18:00 WIB

Pelatih PERSIB Robert Alberts Soroti Transisi Permainan

Setiap pertandingan kami selalu berpikir untuk memperbaiki segala hal. Tentu saja soal transisi bertahan-menyerang masih terlihat lambat

Azis Syamsudin Wakil Ketua DPR RI

Senin, 21 September 2020 - 17:27 WIB

UAE dan Bahrain 'Rangkul' Israel, DPR: Indonesia Tak Akan Berubah, Tetap Bersama Rakyat Palestina

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyoroti normalisasi hubungan Uni Arab Emirates (UAE) dan Bahrain dengan Israel.  Azis menekankan bahwa posisi Indonesia tidak mengubah dukungan terhadap…

Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)

Senin, 21 September 2020 - 17:20 WIB

Lindungi Industri Semen, Kemenperin Bakal Tingkatkan Serapan Pasar Dalam Negeri

Kemenperin terus mendorong peningkatan serapan pasar domestik. Apalagi, semen merupakan salah satu komoditas yang strategis bagi Indonesia.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian

Senin, 21 September 2020 - 17:15 WIB

Alumni UI Beri Rekomendasi Komunikasi Protokol Kesehatan Efektif

Alumni Universitas Indonesia (UI) dari berbagai latar belakang memberikan rekomendasi terkait komunikasi protokol kesehatan yang efektif yang disampaikan melalui Focus Group Discussion (FGD)…