Konten Video Bisa Jadi Sarana Dakwah

Oleh : Wiyanto | Minggu, 19 Januari 2020 - 15:49 WIB

Ilustrasi video jurnalistik
Ilustrasi video jurnalistik

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ummat TV menggelar Pelatihan Videografer Dakwah di Kantor Redaksi Ummat TV, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu-Ahad (18-19/01/2020).

Pelatihan ini dihadiri oleh belasan peserta yang berasal dari beberapa daerah, diantaranya adalah Jakarta, Banten, Bandung, Bogor hingga Makassar.

Anwar Aras, Pemimpin Redaksi Ummat TV mengungkapkan saat ini belum banyak dai yang konsen berdakwah melalui media. "Pelatihan ini kita laksanakan, sebab SDM di bidang media kita sangat butuh, maka mudah-mudahan seluruh peserta bisa membawa pulang ilmu yang didapatkan ke daerah masing-masing," ujar Anwar dalam sambutan di depan peserta, Sabtu (18/1/2020).

Sesi pertama pelatihan disampaikan oleh Setyohadi Wiratmoko, Staf Divisi Diklat Ummat TV. Kepada peserta, Setyohadi memperkenalkan informasi dasar mengenai dunia vlogging, sampai pada teknik pengambilan gambar video.

Pelatihan pada hari pertama diakhiri dengan praktek pembuatan video oleh seluruh peserta yang dibagi atas beberapa kelompok.

Kemudian, pada hari kedua disampaikan materi Teknik Menulis Berita oleh Ibnu Syafa'at, wartawan Voa Islam. Pemateri mengawali materinya dengan memaparkan potensi dakwah di media sosial.

Wartawan senior yang pernah bertugas di Majalah Suara Hidayatullah ini melanjutkan dengan memperkenalkan bagian-bagian dasar sebuah berita. Menurutnya, teknik penulisan berita ini sangat penting dalam dunia jurnalistik.

“Baik media cetak, online, radio, maupun televisi diperlukan penulisan berita. Ketika menampilkan berita melalui radio, televisi, maka pembacaan narasi tersebut disusun tak jauh berbeda dengan teknik menulis berita yang sesuai kaidah 5W 1H,” kata Syafaat.

Pada sesi ini peserta diberi tugas praktek menulis berita lugas. Kemudian hasilnya dibacakan sebagai narasi berita video.

Dari pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memproduksi konten video dakwah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemendag di Sidney Australia

Minggu, 16 Februari 2020 - 22:05 WIB

Mengintip Nutrisoy dan ITI, Industri Tahu Tempe dan Kayu Karya Diaspora Indonesia di Sydney Australia

Pangsa pasar Nutrisoy saat ini 90 persen dipasarkan di Australia. Sedangkan 10 persennya adalah untuk ekspor tujuan Selandia Baru, Kaledonia Baru, Singapura, dan Uni Emirat Arab. Nutrisoy memproduksi…

Indonesia - Australia

Minggu, 16 Februari 2020 - 21:28 WIB

Dari Sidney, Kemendag Bawa Potensi Dagang Senilai USD 2,4 Juta

Sydney, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward dan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo mengikuti rangkaian Forum Bisnis Indonesia-Australia…

Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:44 WIB

Podomoro Park Perbaiki Pintu Air Pasar Kordon Buahbatu

Meskipun tidak separah tahun lalu, tingginya curah hujan di awal tahun 2020 membuat beberapa wilayah di Bandung tergenang banjir. Normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum, serta…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:00 WIB

Penggeledahan Kasus Jiwasraya-Asabri, Ini Pendapat Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Jaksa Agung yang menetapkan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto sebagai tersangka baru kasus korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya. Dengan…

Prabowo Subianto dan Jokowi

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:00 WIB

Survei Membuktikan, Menhan Prabowo Subianto Menteri Paling Meroket Kinerjanya

Lembaga survei Indo Barometer merilis tingkat popularitas dan kinerja para menteri dalam 100 hari kerja pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin