Heboh Pria Tidak Tamat SD di Sulsel, Sukses Terbangkan Pesawat Rakitannya

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 17 Januari 2020 - 14:31 WIB

 Chaerul (tengah) saat diwawancarai Kompas TV
Chaerul (tengah) saat diwawancarai Kompas TV

INDUSTRY.co.id, Pinrang- Chaerul (40),  Montir Motor di  Pallameang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), hanya sampai  kelas lima SD dan tidak pernah naik pesawat. Namun kini ia jadi perbincangan banyak orang. Pasalnya, Pesawat ultralight yang dirakitnya selama 3 bulan berhasil mengudara saat uji coba.

Kisah  Chaerul tertarik dengan pesawat, bermula pada tahun 2002. Awalnya ia membuat helikopter. Namun, helikopter yang ia rakit gagal terbang.

Pantang menyerah, Chaerul meneruskan mimpinya. Ia ingin membuat pesawat karena penasaran rasanya terbang naik pesawat. Sebab, ia belum pernah menaiki pesawat terbang.

Setelah 17 tahun kemudian, tepatnya September 2019, Chaerul kembali merancang pesawat terbang dari barang bekas. Sayap pesawat dibuat dari parasut bekas yang biasanya dijadikan penutup mobil, sedangkan mesin pesawat ia buat dari mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 CC. “Saya belajar dari internet,”ujarnya.

Momen uji coba pesawat ultralight rakitan yang berhasil terbang dan ramai di media social itu dilakukan di Pantai Ujung Tape, Pinrang, Rabu (15/1/2020).

Dari video yang beredar, pesawat rakitan ultralight itu terbang dan mendarat dengan mulus setelah berputar-putar di udara.

Chaerul mengaku gemetar saat  merasakan sensasi terbang untuk pertama kalinya. Sebelumnya Chaerul sudah dua kali uji coba pesawat rakitannya, namun tak berhasil. Chaerul akhirnya mengutak-atik komponen hingga pesawat rakitannya bisa terbang. Pesawat rakitan ultralight ini terbuat dari barang bekas seperti roda dari gerobak pengangkut pasir, sayap dari parasut bekas. Sedangkan mesin pesawat menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 Cc. Proses perakitan pesawat buatan Chaerul menelan biaya Rp 30 an juta rupiah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…