Tak Ingin Kalah dari Vietnam, Kemenperin Gandeng Pemda DIY Bakal Genjot Ekspor Furnitur

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Januari 2020 - 10:45 WIB

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X
Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Persaingan industri dunia furniture dewasa ini cukup ketat, terutama untuk kawasan Asia Tenggara. Berada di kawasan dekat katulistiwa, negara-negara di Asia Tenggara yang beriklim sub tropis memungkinkan memiliki bahan baku furniture yakni kayu yang melimpah. 

Jika ingin tetap bersaing, industri furniture Indonesia harus mampu berinovasi serta menciptakan produksi baru yang memiliki nilai kreasi tinggi.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, nilai ekspor furniture tanah air hingga November 2019 mencapai 1,7 miliar Dolar Amerika. Tak heran jika kemudian furniture merupakan satu dari lima sektor yang terus didorong pertumbuhannya oleh pemerintah secara terus menerus.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menyampaikan, dibanding tahun sebelumnya nilai ekspor furniture naik 12,6 persen. 

"Jadi kalau kita melihat angka ini berarti disitu memperlihatkan pasar dari pada industri furniture ini sangat potensial," kata Gati Wibawaningsih saat meluncurkan Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) ke-5 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta (15/01/2020).

Kementerian Perindustrian menurutnya sangat mengapresiasi Jiffina yang akan diselenggarakan pada 14 - 17 Maret mendatang. Ia berharap dengan pameran tersebut dapat dijadikan ajang pemasaran produk bagi para pelaku furniture, terlebih lagi dalam pameran tersebut akan mendatangkan buyyer (pembeli) dari 65 negara asing.

Gati juga berpesan kepada para pelaku industri untuk hendaknya dapat memproduksi furniture dengan lebih memperhatikan keseimbangan lingkungan hidup. Hasil produksi diharapkan kedepan tak hanya bermaterikan kayu saja, melainkan dapat dikombinasikan dengan material lainnya.

"Jadi kalau kita lihat desain furniture harus menggunakan kombinasi bahan lain seperti dari logam ataupun plastik daur ulang. Sehingga ini dapat dipakai sebagai tren furniture yang ramah lingkungan," jelasnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutannya menyampaikan Jiffina tahun ini dengan tema 'Serve The World With The Unique Diversity of The Eco Lifestyle' setidaknya perlu menerapkan enam karakteristik produk yang ramah lingkungan. 

Enam karakteristik tersebut yaitu kayu bersertifikat, mudah dibongkar dan dibawa pulang, tahan lama dan mudah diperbaiki, berbahan logam dan plastik daur ulang, berbahan kayu reklamasi dan produk lama serta menggunakan bahan baku bambu untuk aksesoris perabotan.

Sultan berharap sebanyak mungkin kriteria itu diterapkan pada produk-produk yang dipamerkan dalam Jiffina.

"Sebab jika tidak diterapkan saya khawatir kita akan lebih jauh ketinggalan dengan produk serupa dari negara lain seperti Vietnam yang tidak lain kompetitor utama mebel Indonesia," tegasnya.

Gubernur mengatakan dampak ikutan dari Jiffina dapat menjadi penarik Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  furnitur di Jawa maupun Bali. Selain itu pameran ini mempunyai multiplier effect terhadap sektor-sektor industri serta jasa-jasa dan lainnya khususnya bagi DIY sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Sementara itu Ketua Forum Jiffina Jawa dan Bali, Timbul Raharjo mengatakan target transaksi dalam pameran ini setidaknya sebesar 80 juta Dolar Amerika. Angka tersebut diharapkan dapat menggenjot nilai ekspor khususnya dari sektor furniture.

"Kami optimis omzet dan buyyer akan meningkat pada pameran Jiffina tahun ini dengan mengikuti perkembangan zaman dan tren global. Kami juga optimis target tersebut dapat tercapai," jelas Timbul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…