Gallant Venture dan Obayashi Corporation Membangun Rumah Kaca yang Dioptimalkan Untuk Iklim Tropis di Pulau Bintan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 14 Januari 2020 - 19:04 WIB

Mr. Frans Gunara, Executive Director and Chief Operating Officer and Director of PT Persada Hijau Cemerlang dan Mr. Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager of Technology Business Development Division, Obayashi Corporation
Mr. Frans Gunara, Executive Director and Chief Operating Officer and Director of PT Persada Hijau Cemerlang dan Mr. Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager of Technology Business Development Division, Obayashi Corporation

INDUSTRY.co.id - Singapura – Gallant Venture telah resmi bekerja sama dengan Obayashi Corporation – salah satu kontraktor umum terbesar asal Jepang – untuk mengoperasikan sebuah ekowisata rumah kaca yang telah maju secara teknologi di Pulau Bintan, Indonesia.

PT. Persada Hijau Cemerlang (PHC), sebuah perusahaan milik Gallant Venture dan Salim Group, akan bekerja sama dengan Obayashi Corporation dalam menyempurnakan teknologi terbaru untuk membangun Gallant Obayashi Green Agritech Park – sebuah rumah kaca yang dioptimalkan untuk iklim tropis dengan teknologi kontrol lingkungan yang maju. 

Gallant Obayashi Green Agritech Park bertujuan untuk mengolah tanaman premium dengan tingkat ketahanan dan hasil panen yang lebih tinggi. Tanaman yang dihasilkan dari agroteknologi ini akan dikomersialkan untuk diekspor ke Singapura dan seterusnya.

Agritech Park juga akan menjadi tujuan ekowisata. Visitor and Education Centre menawarkan wisata pendidikan untuk memperdalam pengetahuan umum terkait dengan pembudidayaan berbasis teknologi. 

“Kolaborasi ini menghasilkan sinergi yang kuat dan Gallant Venture sangat senang atas kesempatan kerja sama dengan Obayashi Corporation dalam mempelopori sebuah teknologi untuk ekologi Asia Tenggara. Ini merupakan sebagian kecil dari usaha kami untuk mempersiapkan Pulau Bintan sebagai wilayah agroteknologi,” jelas Bapak Eugene Park, Direktur Eksekutif dan CEO dari Gallant Venture. 

“Agritech Park menawarkan para pengunjung berbagai kesempatan untuk mempelajari tentang solusi inovatif ini dan berbagai atraksi yang dapat dinikmati hanya di resor pantai tropis yang telah memenangkan penghargaan ini. Sejalan dengan misi Gallant Venture, fitur lain seperti panel surya juga akan tersedia di Gallant Obayashi Green Agritech Park untuk mendukung rumah kaca dalam hal konsumsi energi di siang hari,” tambahnya.

Gallant Obayashi Green Agritech Park akan memanfaatkan kontrol lingkungan untuk menciptakan kondisi pertumbuhan tanaman tomat ceri dan kubis yang optimal. Menggunakan teknologi dan pengalaman dari Obayashi dalam fisiologi tanaman, rumah kaca berteknologi tinggi tersebut juga akan memanfaatkan analisa terhadap aliran suhu dan udara.

Rumah kaca tersebut juga akan dilengkapi dengan sistem kontrol lingkungan yang kompleks yang dapat mengatur suhu, kelembapan, dan intensitas cahaya untuk memaksimalkan produksi dan juga kualitas tanaman sekaligus mengurangi penggunaan air. 

“Sebagai bagian dari Obayashi Sustainability Vision 2050, kami telah memulai beberapa inisiatif baru, termasuk mengembangkan sebuah model budidaya tomat ceri kualitas Jepang menggunakan rumah kaca kami yang berada di kota Katori, Jepang,” ucap Bapak Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager dari divisi Technology Business Development, Obayashi Corporation. 

“Untuk memperluas Sustainability Vision 2050 kami, beberapa lokasi di wilayah ini telah kami evaluasi. Bintan muncul sebagai lokasi terpilih dengan kekayaan sumber daya dan jaraknya yang dekat dengan Singapura. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Gallant Venture untuk menyesuaikan teknologi ini terhadap kondisi lingkungan Asia Tenggara dan menghidupkan simulasi laboratorium kami,” ucapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.