Gallant Venture dan Obayashi Corporation Membangun Rumah Kaca yang Dioptimalkan Untuk Iklim Tropis di Pulau Bintan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 14 Januari 2020 - 19:04 WIB

Mr. Frans Gunara, Executive Director and Chief Operating Officer and Director of PT Persada Hijau Cemerlang dan Mr. Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager of Technology Business Development Division, Obayashi Corporation
Mr. Frans Gunara, Executive Director and Chief Operating Officer and Director of PT Persada Hijau Cemerlang dan Mr. Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager of Technology Business Development Division, Obayashi Corporation

INDUSTRY.co.id - Singapura – Gallant Venture telah resmi bekerja sama dengan Obayashi Corporation – salah satu kontraktor umum terbesar asal Jepang – untuk mengoperasikan sebuah ekowisata rumah kaca yang telah maju secara teknologi di Pulau Bintan, Indonesia.

PT. Persada Hijau Cemerlang (PHC), sebuah perusahaan milik Gallant Venture dan Salim Group, akan bekerja sama dengan Obayashi Corporation dalam menyempurnakan teknologi terbaru untuk membangun Gallant Obayashi Green Agritech Park – sebuah rumah kaca yang dioptimalkan untuk iklim tropis dengan teknologi kontrol lingkungan yang maju. 

Gallant Obayashi Green Agritech Park bertujuan untuk mengolah tanaman premium dengan tingkat ketahanan dan hasil panen yang lebih tinggi. Tanaman yang dihasilkan dari agroteknologi ini akan dikomersialkan untuk diekspor ke Singapura dan seterusnya.

Agritech Park juga akan menjadi tujuan ekowisata. Visitor and Education Centre menawarkan wisata pendidikan untuk memperdalam pengetahuan umum terkait dengan pembudidayaan berbasis teknologi. 

“Kolaborasi ini menghasilkan sinergi yang kuat dan Gallant Venture sangat senang atas kesempatan kerja sama dengan Obayashi Corporation dalam mempelopori sebuah teknologi untuk ekologi Asia Tenggara. Ini merupakan sebagian kecil dari usaha kami untuk mempersiapkan Pulau Bintan sebagai wilayah agroteknologi,” jelas Bapak Eugene Park, Direktur Eksekutif dan CEO dari Gallant Venture. 

“Agritech Park menawarkan para pengunjung berbagai kesempatan untuk mempelajari tentang solusi inovatif ini dan berbagai atraksi yang dapat dinikmati hanya di resor pantai tropis yang telah memenangkan penghargaan ini. Sejalan dengan misi Gallant Venture, fitur lain seperti panel surya juga akan tersedia di Gallant Obayashi Green Agritech Park untuk mendukung rumah kaca dalam hal konsumsi energi di siang hari,” tambahnya.

Gallant Obayashi Green Agritech Park akan memanfaatkan kontrol lingkungan untuk menciptakan kondisi pertumbuhan tanaman tomat ceri dan kubis yang optimal. Menggunakan teknologi dan pengalaman dari Obayashi dalam fisiologi tanaman, rumah kaca berteknologi tinggi tersebut juga akan memanfaatkan analisa terhadap aliran suhu dan udara.

Rumah kaca tersebut juga akan dilengkapi dengan sistem kontrol lingkungan yang kompleks yang dapat mengatur suhu, kelembapan, dan intensitas cahaya untuk memaksimalkan produksi dan juga kualitas tanaman sekaligus mengurangi penggunaan air. 

“Sebagai bagian dari Obayashi Sustainability Vision 2050, kami telah memulai beberapa inisiatif baru, termasuk mengembangkan sebuah model budidaya tomat ceri kualitas Jepang menggunakan rumah kaca kami yang berada di kota Katori, Jepang,” ucap Bapak Yuichi Yamamoto, Managing Executive Officer, General Manager dari divisi Technology Business Development, Obayashi Corporation. 

“Untuk memperluas Sustainability Vision 2050 kami, beberapa lokasi di wilayah ini telah kami evaluasi. Bintan muncul sebagai lokasi terpilih dengan kekayaan sumber daya dan jaraknya yang dekat dengan Singapura. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Gallant Venture untuk menyesuaikan teknologi ini terhadap kondisi lingkungan Asia Tenggara dan menghidupkan simulasi laboratorium kami,” ucapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inaya Putri Bali Lakukan Penerapan Protokol Kesehatan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:50 WIB

Sambut New Normal, Inaya Putri Bali Lakukan Penerapan Protokol Kesehatan

Protokol yang disiapkan mulai dari di depan pintu masuk, security selain mengecek bagasi mobil mereka juga melakukan pengecekan suhu tubuh calon tamu hotel menggunakan thermo gun kemudian diwajibkan…

Luhut B Pandjaitan (foto Kumparan.com)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:19 WIB

Luhut 'Curhat' Tepis Isu Negatif Investasi China: Anak Muda Perlu Tahu, Suka Tidak Suka Tiongkok Kekuatan Dunia yang Tak Bisa Diabaikan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjawab isu negatif yang selalu dikaitkan dengan investasi China di Indonesia. Menurut dia, saat ini China merupakan…

Ilustrasi Bahagia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:19 WIB

Mengatasi Kecemasan Menghadapi ‘New Normal’ dengan Teknik Mindfulness

Kelonggaran beraktivitas di luar rumah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bekerja dari rumah atau Work from Home memberikan berbagai reaksi. Ada yang menyambut gembira, tapi tidak sedikit…

Ilustrasi Dana Haji

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:16 WIB

Soal Dana Haji Rp 8,5 Triliun Ini Penjelasan Wakil Menteri Agama

Jakarta-Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi juga membantah isu dana haji digunakan untuk memperkuat rupiah. Menurut Zainut, tuduhan yang ditujukan kepada pemerintah tersebut adalah…

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:01 WIB

Alhamdulillah! Laju Penyebaran COVID-19 Menurun Dalam 7 Hari Terakhir

Jakarta- Angka penyebaran COVID-19 di Indonesia dalam 7 hari terakhir telah menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tes Corona di masyarakat.