Pengusaha Ingin Finalisasi Omnibus Law Selaras

Oleh : Ridwan | Selasa, 14 Januari 2020 - 14:40 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk menyamakan persepsi dalam tahap finalisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law. Saat ini para pengusaha telah menyampaikan masukan soal RUU Cipta Lapangan Kerja.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan ada banyak hal yang menjadi masukan pengusaha kepada pemerintah. Dirinya tidak ingin ada lagi silang pendapat antara pemerintah dengan dunia usaha sehingga nantinya penerapan omnibus law ini bisa berjalan lancar.

"Karena kan yang susah bagian finalisasi, karena kita mau pastikan jangan sampai ada perbedaan pemahaman, pengertian sehingga akan beda persepsinya. Kita pastikan persepsinya, pemahamannya antara satgas dan pemerintah ini sama," kata Rosan di Jakarta (14/1/2020).

Dirinya menambahkan masukan yang diberikan nantinya akan ditinjau kembali oleh pemerintah. Oleh karena itu dalam waktu dua hari ke depan, pemerintah dan dunia usaha akan duduk bersama lagi guna membahas apa-apa saja yang menjadi fokus omnibus law ini sebelum dibawa ke DPR.

"Jadi, kan nanti ada 1.200 pasal dan kita go by one on one jadi ya, tadinya (per klaster) kita liat lagi semuanya. Jadi cukup lama. Kita sudah kasih masukan ke pemerintah dan pemerintah akan review dan mungkin Rabu kita duduk bareng lagi untuk membahas beberapa hal yang belum jelas," ungkapnya.

Sementara soal ketenagakerjaan yang mendapat protes dari serikat buruh, Rosan mengaku belum ada pembahasan dengan pemerintah. Menurut dia diskusi antara serikat buruh dengan pemerintah masih berjalan, sehingga diharapkan bisa didapatkan kesepakatan.

"Belum, masih belum final, belum keluar. Dari pemerintah saja belum final. Makanya tadi kita enggak bicarakan tenaga kerja karena belum ada, belum ada pembicaraan itu sama sekali karena belum ada putusan dari pemerinyahnya. Belum diberikan ke kami untuk pembahasan," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Evan Dimas Persija

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:00 WIB

Jangan Lupakan Jasa Orang Tua, Nasehat Evan Dimas Bagi Pemain Muda Persija

Dari tahun ke tahun Persija terus melahirkan pemain muda berbakat. Tahun ini contohnya, sebanyak tiga pemain mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16. Mereka adalah Raka Cahyana Rizky, Fiore…

Gerbang Tol Pekanbaru

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:26 WIB

Sudah 99,07 Persen, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau…

Escavator di lahan rawa

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:20 WIB

Enggak Bakalan Kelaparan, Lumbung Pangan Digalakkan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung titik-titik lokasi lahan rawa pengembangan food estate atau lumbung pangan dan saluran primer induk…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.