Pengusaha Ingin Finalisasi Omnibus Law Selaras

Oleh : Ridwan | Selasa, 14 Januari 2020 - 14:40 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk menyamakan persepsi dalam tahap finalisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law. Saat ini para pengusaha telah menyampaikan masukan soal RUU Cipta Lapangan Kerja.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan ada banyak hal yang menjadi masukan pengusaha kepada pemerintah. Dirinya tidak ingin ada lagi silang pendapat antara pemerintah dengan dunia usaha sehingga nantinya penerapan omnibus law ini bisa berjalan lancar.

"Karena kan yang susah bagian finalisasi, karena kita mau pastikan jangan sampai ada perbedaan pemahaman, pengertian sehingga akan beda persepsinya. Kita pastikan persepsinya, pemahamannya antara satgas dan pemerintah ini sama," kata Rosan di Jakarta (14/1/2020).

Dirinya menambahkan masukan yang diberikan nantinya akan ditinjau kembali oleh pemerintah. Oleh karena itu dalam waktu dua hari ke depan, pemerintah dan dunia usaha akan duduk bersama lagi guna membahas apa-apa saja yang menjadi fokus omnibus law ini sebelum dibawa ke DPR.

"Jadi, kan nanti ada 1.200 pasal dan kita go by one on one jadi ya, tadinya (per klaster) kita liat lagi semuanya. Jadi cukup lama. Kita sudah kasih masukan ke pemerintah dan pemerintah akan review dan mungkin Rabu kita duduk bareng lagi untuk membahas beberapa hal yang belum jelas," ungkapnya.

Sementara soal ketenagakerjaan yang mendapat protes dari serikat buruh, Rosan mengaku belum ada pembahasan dengan pemerintah. Menurut dia diskusi antara serikat buruh dengan pemerintah masih berjalan, sehingga diharapkan bisa didapatkan kesepakatan.

"Belum, masih belum final, belum keluar. Dari pemerintah saja belum final. Makanya tadi kita enggak bicarakan tenaga kerja karena belum ada, belum ada pembicaraan itu sama sekali karena belum ada putusan dari pemerinyahnya. Belum diberikan ke kami untuk pembahasan," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…

Check Point Software Technologies Ltd

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:25 WIB

Check Point Software Launches New Global Partner Program to Accelerate and Scale Channel Success

Check Point® Software Technologies Ltd, a leading provider of cyber security solutions, today announced the launch of its new global partner program. Developed in close consultation with hundreds…

Petani jagung

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:24 WIB

Kementan Kawal Gerakan Pengendalian Spodoptera Frugiperda

Bulan Januari ini merupakan masa panen jagung di Kabupaten Gowa. Aktivitas memetik jagung yang telah menguning terlihat di berbagai wilayah. Tak terkecuali di Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo…