Pesawat Berbadan Lebar Boeing 747-400 Sukses Mendarat di Kertajati

Oleh : Ridwan | Minggu, 12 Januari 2020 - 15:02 WIB

Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.
Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.

INDUSTRY.co.id - Bandung - Pihak Saudi Airlines bersama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka terus memantapkan persiapan bandara tersebut menjadi embarkasi/debarkasi haji 2020.

Pada Minggu (12/1/2020) pagi ini, untuk pertama kalinya bandara yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Pemprov Jawa Barat tersebut didarati pesawat berbadan lebar Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.

"First landing wide body KJT," kata Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi.

Menurutnya, Flynas merupakan maskapai anak perusahaan milik Saudia atau SV (Saudi Airlines) yang diterbangkan dalam rangka menguji kesiapan Kertajati menerbangkan dan mendaratkan jamaah pada musim haji mendatang.

"Untuk memastikan KJT [kode Kertajati] siap penerbangan haji," ujarnya.

Mendaratnya Flynas tersebut juga bagian dari survei kesiapan yang dilakukan oleh GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi. Rafi memastikan kemantapan Kertajati melakukan penerbangan haji sudah siap.

"Persyaratan bandara internasional kami sudah siap, nggak ada masalah," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…

Check Point Software Technologies Ltd

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:25 WIB

Check Point Software Launches New Global Partner Program to Accelerate and Scale Channel Success

Check Point® Software Technologies Ltd, a leading provider of cyber security solutions, today announced the launch of its new global partner program. Developed in close consultation with hundreds…

Petani jagung

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:24 WIB

Kementan Kawal Gerakan Pengendalian Spodoptera Frugiperda

Bulan Januari ini merupakan masa panen jagung di Kabupaten Gowa. Aktivitas memetik jagung yang telah menguning terlihat di berbagai wilayah. Tak terkecuali di Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo…