Pesawat Berbadan Lebar Boeing 747-400 Sukses Mendarat di Kertajati

Oleh : Ridwan | Minggu, 12 Januari 2020 - 15:02 WIB

Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.
Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.

INDUSTRY.co.id - Bandung - Pihak Saudi Airlines bersama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka terus memantapkan persiapan bandara tersebut menjadi embarkasi/debarkasi haji 2020.

Pada Minggu (12/1/2020) pagi ini, untuk pertama kalinya bandara yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Pemprov Jawa Barat tersebut didarati pesawat berbadan lebar Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi.

"First landing wide body KJT," kata Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi.

Menurutnya, Flynas merupakan maskapai anak perusahaan milik Saudia atau SV (Saudi Airlines) yang diterbangkan dalam rangka menguji kesiapan Kertajati menerbangkan dan mendaratkan jamaah pada musim haji mendatang.

"Untuk memastikan KJT [kode Kertajati] siap penerbangan haji," ujarnya.

Mendaratnya Flynas tersebut juga bagian dari survei kesiapan yang dilakukan oleh GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi. Rafi memastikan kemantapan Kertajati melakukan penerbangan haji sudah siap.

"Persyaratan bandara internasional kami sudah siap, nggak ada masalah," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…

Coca Cola Serahkan Bnatuan Ambulans ke PMI

Rabu, 23 September 2020 - 17:00 WIB

Coca Cola Serahkan Bantuan Ambulans ke PMI

Penyerahan bantuan kepada PMI merupakan realisasi bertahap dari kontribusi Coca-Cola yang telah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk mendukung upaya bantuan darurat dan kemanusiaan…