Adu Singkat Smartphone Redmi Note 8 Pro dengan realme 5 Pro

Oleh : Hariyanto | Minggu, 12 Januari 2020 - 13:01 WIB

Redmi Note 8 Pro dan realme 5 Pro
Redmi Note 8 Pro dan realme 5 Pro

INDUSTRY.co.id - Jakarta - realme telah meluncurkan produk mereka tahun lalu, yang mana salah satunya yaitu realme 5 Pro. realme 5 Pro berfokus di bidang pencitraan dengan menyematkan sensor kamera terbaik di kelasnya yaitu Sony IMX586 48MP.

Sensor ini memiliki keistimewaan dengan menggunakan teknologi quad bayer pixel 4-in-1. Melalui teknologi ini, para pengguna dapat mengambil foto dengan hasil yang terbaik meski di lingkungan rendah cahaya.

realme 5 Pro menggunakan konfigurasi empat kamera belakang atau yang disebut dengan Quad Camera. Kamera utama 48 MP dipasangkan dengan kamera lainnya. Seperti kamera ultra-wide angle 8 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan kamera ultra-macro 2 MP. Adapun kamera selfie-nya bersolusi 16 MP.

Tapi tidak hanya itu, smartphone ini turut berfokus dalam urusan performa. Ini terbukti dari penggunaan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 712 AIE untuk jaminan performa kelas flagship. Prosesor ini memiliki arsitektur 10nm yang berdampak kepada kecepatan kinerja kerja serta efisiensi.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE menggunakan teknologi proses FinFET 10nm canggih untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama sambil meningkatkan kinerja saat diajak multitasking sekalipun. realme 5 Pro juga dilengkapi dengan Qualcomm Adreno 616 GPU, Berikan peningkatan kinerja grafis serta efisiensi energi hingga 35 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dalam waktu yang tidak berjauhan saat itu, Xiaomi turut menelurkan produk terbarunya yaitu Redmi Note 8 Pro. Smartphone memiliki kofigurasi kamera empat juga (64MP+8MP+2MP+2MP), sama seperti realme 5 Pro. Tidak cuman menonjolkan dalam kamera resolusi 64MP, Redmi Note 8 Pro ini juga handal untuk bermain game juga.

Dikarenakan ponsel ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang bisa membuat performa terfokus pada 1 aplikasi saja, dengan membebaskan seluruh memori dari aplikasi yang tidak terlalu penting.

Ditambah lagi dengan chipset yang digunakan juga mendukung untuk kebutuhan gaming, yakni MediaTek Helio G90T. Kemudian dengan adanya ukuran layar yang cukup luas membuat Redmi Note 8 Pro ini akan terasa nyaman dan memuaskan ketika digunakan untuk bermain game. Walaupun di bagian atasnya terdapat notch mungil sebagai tempat kamera 32MP.

Tetapi perlu diingat bahwa prosesor Snapdragon dikenal sebagai prosesor smartphone level premium dengan manajemen pengaturan suhu yang baik. Hal ini menjadikan ponsel bekerja secara lebih stabil, atau tidak melambat meski dipakai terus menerus.

Ini penting karena prosesor kompetitornya yaitu MediaTek sejak dulu memiliki reputasi yang buruk. Bahkan produk smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek biasanya dianggap lebih rendah kastanya dibandingkan rekan-rekan smartphone dengan Qualcomm Snapdragon, terutama ketika berbicara mengenai penanganan panas.

Chip Qualcomm khususnya seri Snapdragon 712 ditambah memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan, kompetitor setingkatnya yaitu MediaTek Helio G90T yang dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm. Apalagi Snapdragon 712 telah dilengkapi dengan Qualcomm Spectra™ ISP generasi ke-2, pengguna dapat menangkap foto dan video yang penuh warna serta berkualitas tinggi.

Jadi jelas jika fokus pengguna ingin mencari smartphone yang jago di segala bidang, tidak sekadar gaming, maka realme 5 Pro lebih pantas dimiliki. Terlebih kini realme 5 pro varian memori 4GB+128GB turun harga, dari Rp2,999 juta menjadi Rp2,799 juta. Penurunan harga ini menjadi bentuk penghargaan realme atas kesuksesan realme 5 Series yang terjual lebih dari 6 juta unit di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…

Check Point Software Technologies Ltd

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:25 WIB

Check Point Software Launches New Global Partner Program to Accelerate and Scale Channel Success

Check Point® Software Technologies Ltd, a leading provider of cyber security solutions, today announced the launch of its new global partner program. Developed in close consultation with hundreds…

Petani jagung

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:24 WIB

Kementan Kawal Gerakan Pengendalian Spodoptera Frugiperda

Bulan Januari ini merupakan masa panen jagung di Kabupaten Gowa. Aktivitas memetik jagung yang telah menguning terlihat di berbagai wilayah. Tak terkecuali di Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo…