Bawa Para Tamu Menyatu dengan Alam, Hoshino Resorts Meluncurkan Paket Digital Detox Stay di Hoshinoya

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Januari 2020 - 17:30 WIB

Hoshinoya Kyoto
Hoshinoya Kyoto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan manajemen hotel terkemuka di Jepang, Hoshino Resorts meluncurkan program "Digital Detox Stay" melalui brand HOSHINOYA, yang akan berjalan sepanjang tahun di 5 fasilitas hotel HOSHINOYA di Jepang yaitu Karuizawa, Kyoto, Pulau Taketomi, Fuji, dan Tokyo. 

Digital Detox Stay adalah sebuah program penginapan yang berkonsentrasi pada kegiatan yang menyatu dengan alam dan kebudayaan setempat, melupakan keberadaan perangkat digital seperti komputer atau ponsel. Dengan menghabiskan waktu bersama diri sendiri, para tamu dapat menyegarkan pikiran, tubuh, dan indra mereka.

Hoshino Resorts telah memperluas konsep “Digital Detox Stay” sejak 2014 lalu melalui penawaran terbatas dengan tujuan menghilangkan stres fisik dan kelelahan mental yang disebabkan oleh penggunaan perangkat digital dan internet dalam beberapa tahun terakhir. Sepanjang setahun, para tamu akan dapat merasakan pengalaman menginap seperti itu di semua fasilitas HOSHINOYA yang berlokasi di Jepang.

Seperti yang dikatakan oleh The Digital Detox Japan Association, jika seseorang menjauh dari perangkat digital selama periode tertentu, mereka akan dapat membebaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari dan mendapatkan kembali kemampuan untuk berkomunikasi dengan dunia nyata dan membina hubungan yang lebih dalam dengan alam. Selama masa berlangsungnya masa menginap detoksifikasi digital, Hoshino Resorts menyediakan waktu bagi para tamu untuk menikmati alam, budaya lokal, dan "waktu untuk refleksi diri", dalam keadaan bebas stres dan dapat bertatap muka dengan diri mereka sendiri.

Tiga elemen dari “Digital Detox Stay”

1. Menempatkan diri Anda dalam ruang dan waktu yang terhapus dari dunia digital.
Pada saat check-in, para tamu akan diminta untuk menitipkan perangkat digital mereka untuk menciptakan lingkungan yang tanpa dunia digital. Perangkat digital para tamu akan disimpan dalam kotak yang menggambarkan budaya setempat, seperti kotak surat dengan ukiran gaya Karuizawa (HOSHINOYA Karuizawa) dan kotak-kotak yang dipernis oleh pengrajin dari Kyoto (HOSHINOYA Kyoto).

2. Kegiatan-kegiatan yang memberikan pengalaman nyata bagi para tamu dalam menikmati alam dan budaya lokal.
Hoshino Resorts menawarkan pengalaman baru bagi para tamu untuk tenggelam dalam kegiatan yang menyatukan alam dan budaya lokal dari setiap lokasi untuk melupakan kesibukan di kehidupan sehari-hari. Isi kegiatan ini akan memungkinkan para tamu untuk belajar tentang alam dan budaya lokal secara lebih mendalam dari para profesional, dibantu oleh penduduk setempat. 

Di HOSHINOYA Tokyo, para tamu akan belajar ilmu pedang dari seorang master yang memegang dojo di Kanda, yang sebelumnya merupakan bagian dari Edo. Seiring dengan penutupan semua gangguan dari pikiran mereka dengan membenamkan diri dalam latihan, mereka juga akan belajar mengendalikan konsentrasi dan kekuatan mental mereka.

3. Menyegarkan pikiran melalui refleksi diri.
Para tamu akan diberikan waktu untuk melakukan refleksi terhadap diri mereka sendiri. Dengan menghadapi pikiran yang telah terbebas dari stres, para tamu akan dapat mengatur pikiran mereka dan mendapatkan kembali ketajaman indera mereka. Di Pulau Taketomi HOSHINOYA, para tamu akan menghabiskan waktu dalam refleksi diri di sebuah pulau kecil yang hanya muncul saat air surut. Mereka dapat memandangi laut biru yang terbentang di depan mereka dan menempatkan pikiran mereka dalam keadaan yang menyegarkan.


HOSHINOYA Tokyo
Program yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini menawarkan pengalaman membenamkan diri dalam ilmu pedang yang berasal dari periode Edo, sekaligus membersihkan semua pikiran yang tidak perlu.

HOSHINOYA Tokyo adalah ryokan Jepang tradisional yang memungkinkan para tamu untuk bersantai di ruang yang diuat menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu dan kertas washi, terlepas dari lokasinya yang sentral di Kawasan pusat bisnis Otemachi. Dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai tikar tatami sampai ke lift, aroma lembut akan menenangkan para tamu dan perasaan mereka.

Dalam program ini, para tamu akan belajar ilmu pedang dari seorang master yang memegang dojo di Kanda, yang sebelumnya merupakan bagian dari Edo. Mereka akan mendapatkan ilmu pedang yang benar seperti pembersihan kain, yang terhubung dengan gerakan dasar dalam ilmu pedang, dan pelatihan dasar seperti latihan cara mengayunkan pedang. 

Dengan diperolehnya kesadaran akan tubuh bagian atas mereka, yang dibutuhkan untuk menggerakkan bahu, khususnya yang cenderung kaku karena pekerjaan sehari-hari, dan juga menstabilkan tubuh mereka, mereka akan dapat merasakan rasa kelelahan yang nyaman di akhir pelatihan, berbeda dari rasa lelah pada biasanya.

Untuk pagi berikutnya, para tamu akan bermeditasi di ruangan yang tenang sambal belajar mengatur pernapasan, postur, dan pikiran mereka. Di akhir pelatihan, mereka juga akan mencoba menggunakan pedang pada roti gandum. Mereka akan menampilkan kekuatan mental dan konsentrasi tertinggi mereka, yang dipupuk pada sesi latihan, sambil merasakan tekanan dari satu gerakan make-or-break. 

Setelah pelatihan, mereka dapat menggunakan mata air panas alami di lantai paling atas yang disediakan untuk diri mereka sendiri. Mengambang di bak mandi terbuka, dengan kepala bersandar pada tiang mengambang, mereka akan terbebas dari ketegangan dari latihan dan tekanan sehari-hari. Hoshino Resorts bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para tamu untuk memperhatikan sedikit perubahan pada tubuh dan pikiran mereka sehingga mereka dapat mengatasi stres sehari-hari setelah mereka selesai menginap.

HOSHINOYA Kyoto
Sebuah program dua hari satu malam dimana para tamu dapat menghabiskan waktu yang damai di alam sambil menikmati budaya Kyoto. HOSHINOYA Kyoto terletak di daerah pegunungan yang tenang, 1 km dari Jembatan Togetsu-kyo, tempat wisata terkenal di Arashiyama, Kyoto. Para tamu dapat menikmati keindahan Kyoto dan melupakan kehidupan sehari-hari mereka yang sibuk di Arashiyama, tempat yang disebut sebagai tempat yang dipuja oleh aristokrat Heian.

Sebagai sebuah bagian dari budaya Kyoto, rangkaian upacara dengan menggunakan dupa juga disiapkan, dimana para tamu akan dapat fokus kepada aroma yang ada sambil menikmatinya secara perlahan. Setelah memperdalam pengetahuan mereka tentang sejarah rangkaian upacara menggunakan dupa, mereka dapat berkenalan dengan prosesi-prosesi yang ada dalam rangkaian upacara dupa sambil membenamkan diri dalam kegiatan-kegiatan lainnya seperti membuat pembakar dupa dan menikmati aroma kayu yang harum.

Selain itu, para tamu akan melakukan meditasi Zen di pagi hari yang bertempat di kuil Zen terdekat. Menurut ajaran Zen, jika seseorang menyesuaikan postur dan pernapasannya, mereka akan menyesuaikan pikiran mereja juga. Para tamu dapat memulai hari mereka dengan menyenangkan dengan memperbaiki postur tubuh merekam duduk dalam posisi besila, dan melantukan sutra dengan suara keras dari bagian bawah perut mereka. 

Latihan peregangan yang menggabungkan Teknik pernapasan sebelum tidur dan meditasi di taman yang terdapat di dalam fasilitas juga disediakan sebagai bagian dari pengalaman baru di alam. Para tamu dapat mengosongkan pikiran mereka saat mereka mendengarkan angina bertiup di lembag dan suara pohon yang bergoyang. Selain itu, mereka juga dapat menikmati pemandangan Oku-Arashiyama dari rumah perahu selama sekitar satu jam. Pikiran mereka akan menjadi lebih tenang setelah disegarkan dan dikelilingi oleh alam.

HOSHINOYA Taketomi Island
Sebuah program tiga hari dua malam dimana para tamu dapat membenamkan diri dalam kegiatan memancing dan "Sabani", sejenis perahu kayu tradisional yang digunakan di Okinawa, di laut yang indah bernama Yaeyama Blue. Di Pulau Taketomi, yang disebut sebagai tempat yang menggambarkan pemandangan asli dari Okinawa, mereka dapat menikmati "island time", yang berlalu lebih lambat. 

Mereka dapat menaiki perahu kayu Sabani, yang secara historis digunakan sebagai alat memancing dan transportasi di Okinawa, dan untuk menjelajahi laut Yaeyama. Para tamu juga dapat menikmati pengalaman memancing di Okinawa, seperti menangkap ikan Kerapu Okinawa, dari tempat yang jauh dari pinggiran pantai. Mereka dapat menikmati ikan yang mereka tangkap sendiri untuk makan malam dikarenakan ikan tersebut dapat dimasak di restoran yang ada di desa. 

Sebuah slot waktu juga disiapkan dimana para tamu dapat merefleksikan diri dalam kesendirian di pulau pasir putih kecil yang hanya muncul pada saat air sedang surut di dekat pantai Kondoi, yang terletak di sebelah barat Pulau Taketomi. Ini adalah ciri khas pulau terpencil di musim panas, dimana para tamu dapat bertatap muka dengan diri mereka sendiri di tempat yang tenang tanpa ada orang di sekitarnya, sambil mendengarkan suara ombak.

HOSHINOYA Fuji
Sebuah program tiga hari dua malam dimana para tamu dapat belajar tentang sejarah Gunung Fuji, lalu beribadah di sebuah kota di kaki Gunung Fuji dan jelajahi jejak-jejak bersejarah di jalur gunungnya. Gunung Fuji menjadi Situs Warisan Dunia karena latar belakang agama dan budayanya. Orang-orang yang menyembah Gunung Fuji menganggap ajaran "Rokkon-shojo" (pemurnian tubuh dan pikiran dan penolakan dari semua keinginan dan ilusi duniawi) serta kegiatan mendaki gunung dengan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. 

Saat ini, kegiatan mendaki Gunung Fuji sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan dengan santai, tetapi tujuannya adalah agar para tamu dapat menghadapi diri mereka sendiri dan membuat penemuan baru dengan mempraktikkan ajaran Rokkon-shojo. Pertama, mereka akan berpartisipasi dalam tur dimana mereka akan belajar tentang pemujaan Gunung Fuji. 

Program dimulai dari Kanadorii, yang telah memainkan peran penting sejak periode Edo sebagai jalan masuk ke pemujaan Gunung Fuji. Selanjutnya, para tamu akan memakan waktu sekitar 20 menit untuk berjalan ke sebuah penginapan peziarah yang terletak di rumah imam yang telah melayani penyembah Gunung Fuji selama lebih dari 400 tahun. Setelah tiba, mereka akan mendengarkan kepala imam berbicara sambil menikmati makan siang dan memperdalam pemahaman mereka tentang pemujaan Gunung Fuji. 

Setelah itu, para tamu akan mengikuti langkah-langkah pendaki Gunung sebelumnya dengan membenamkan diri dalam kegiatan mendaki sambil berdoa untuk Rokkon-shojo, mereka dapat mengalami pembersihan semua enam organ indera mereka ("rokkon": mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, dan pikiran). Setelah kembali ke HOSHINOYA Fuji, telah tersedia menu asli yang terinspirasi dari masakan lokal, yang akan menyembuhkan tubuh lelah para tamu. Para tamu juga dapat menikmati momen meditasi di samping api yang mereka nyalakan sendiri di pagi hari. Mereka dapat merasakan bagaimana indera mereka menjadi lebih tajam karena mereka berfokus pada bau dan suara api.

HOSHINOYA Karuizawa
Sebuah program tiga hari dual malam bagi para tamu untuk dapat menikmati kegiatan memanfaatkan lingkungan alam di kaki Gunung Asama, termasuk perawatan shiatsu dan meditasi di sumber air panas HOSHINOYA, yang menerima air langsung dari sumber. HOSHINOYA Karuizawa, yang terletas di lereng Gunung Asama, dikeliling oleh Suaka Burung Liar Nasional. Para tamu dapat menghabiskan waktu yang tenang di ruang yang dikelilingi oleh alam. 

Merawat kuda-kuda di klub berkuda yang terletak di sebuah hutan di kaki Gunung Asama dan menungganginya juga termasuk dalam program ini. Biasanya para tamu tidak punya banyak waktu untuk membentuk ikatan persahabatan dengan kuda, tetapi waktu untuk merawat kuda-kuda, seperti memandikannya. 

Hoshino Resorts juga telah menyiapkan waktu bagi para tamu untuk berjalan-jalan dimana mereka akan menghadapi keindangan alam lali mengabadikannya menggunakan kamera analog di pagi hari, ketika udara sedang sangat cerah. Selain itu, pengalaman meditasi serta perawatan shiatsu dan akupuntur pun disediakan.

Hoshino Resorts merupakan perusahaan manajemen hotel terkemuka dengan sejarah 105 tahun di Jepang. Hoshino Resorts telah mengembangkan empat merek perhotelan berbeda selama bertahun-tahun yang ditujukan untuk audience yang berbeda. Selain brand HOSHINOYA, Hoshino Resorts juga mengoperasikan brand KAI, RISONARE dan OMO. Hoshino Resorts sekarang mengoperasikan 38 properti di seluruh Jepang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Selasa, 25 Februari 2020 - 06:00 WIB

Ketua MPR-Ketua DPR akan Kunjungi Papua, Pastikan Kondisi Riil

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti dan anggota MPR RI yang terdiri dari anggota DPR RI serta DPD RI daerah pemilihan…

Wibawa Prasetya, Dosen Fakultas Teknik Atma Jaya (kanan), berhasil meraih promosi doktor dari Universitas Negeri Jakarta, usai Sidang Senat Terbuka yang berlangsung di Kampus Universitas Negeri Jakarta, Senin (24/2/2020).

Selasa, 25 Februari 2020 - 05:13 WIB

Mengangkat Masalah Tingkat Turnover Karyawan, Dosen Atma Jaya Ini Lulus Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Wibawa Prasetya, Dosen Fakultas Teknik Atma Jaya, berhasil meraih promosi doktor dari Universitas Negeri Jakarta. Pria Kelahiran Jogjakarta, 30 Juni 1962, itu, mengangkat disertasinya dengan…

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Rumkital Marinir Cilandak

Selasa, 25 Februari 2020 - 04:30 WIB

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Rumkital Marinir Cilandak

Kepala Staf Korps Marinir (Kas Kormar) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.Tr. (Han) menyaksikan penandatanganan dan Komitmen bersama Fakta Integritas dan Zona Integritas Rumah Sakit Angkatan…

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Ketua Umum DPP INSA

Selasa, 25 Februari 2020 - 04:00 WIB

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Ketua Umum DPP INSA

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima courtesy call Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners' Association (DPP INSA) Carmelita Hartoto bersama…

Kapusjianstra TNI Buka FGD Penyiapan Postur TNI di Kalimantan Timur

Selasa, 25 Februari 2020 - 03:00 WIB

Kapusjianstra TNI Buka FGD Penyiapan Postur TNI di Kalimantan Timur

Kepala Pusat Pengkajian Strategis (Kapusjianstra) TNI Brigjen TNI Totok Imam Santoso. S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) membuka Forum Grup Discussion (FGD) yang berlangsung selama satu hari dengan…