Balada Ari Askhara Usai Aksi Langkah Kuda di Garuda

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 08 Januari 2020 - 10:14 WIB

Ari Askhara membuat terobosan-terobosan di Garuda Indonesia. Disingkirkan dengan beragam isu.
Ari Askhara membuat terobosan-terobosan di Garuda Indonesia. Disingkirkan dengan beragam isu.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Ari Askhara mantan Dirut Garuda Indonesia sejak dahulu memang dikenal sebagai seorang pekerja keras, tegas dalam bertindak, dan efisien. Sikapnya yang tegas dan efisien tersebut sering kali berbenturan dengan orang – orang di sekelilingnya.

Pengamat Politik & Aktivis 98 Irwan Suhanto mengungkapkan Ari Ashara melakukan beragam terobosan di Garuda Indonesia. Dia sengaja melakukan perubahan yang dratis terhadap kinerja karyawan Garuda yang selama cukup longgar dan boros.

Namun, tindakan Ari Askhara ini tentu saja tidak bisa diterima oleh sekelompok karyawan Garuda. Bahkan ada sebagian yang merasa tertekan, seperti dikeluhkan oleh beberapa pramugari. Menurut  Irwan, etos kerja karyawan maskapai penerbangan pelat merah ini cukup rendah sebelum masuknya Ari Ashkara, bahkan cenderung manja.

Contohnya tindakan efisiensi Ari Askhara adalah memutuskan pramugari tidak perlu menginap saat melayani penerbangan Jakarta-Melbourne, Australia. Jarak penerbangan Jakarta – Melbourne memang relatif singkat dan tidak perlu menginap.

"Karena kalau menginap, tentu saja Garuda harus mengeluarkan biaya penginapan. Tujuan kerja yang efisien itu agar Garuda mendapatkan profit, bukan merugi,” tutur Irwan.

Dia menambahkan, berkat kerja keras Ari Askhara, Garuda Indonesia melalui anak usahanya, Citilink berhasil mencaplok Sriwijaya Air. Hal itu demi mengurangi perang tarif pesawat antar maskapai. Aksi yang dilakukan oleh Garuda diharapkan berdampak positif bagi kedua perusahaan.

“Saya mendukung merger yang dilakukan Garuda dengan Sriwijaya. Ini akan meningkatkan kinerja, apalagi Citilink adalah suatu armada yang baik, efisien dan sekarang kinerjanya positif,” tutur Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, saat itu, seperti diberitakan berbagai media.

Dengan meredam perang tarif, diharapkan ada titik keseimbangan yang bisa dicapai para operator agar keseluruhan biaya bisa tertutup berikut marginnya.

“Jadi katakanlah avtur naik. Berarti harga pokoknya naik, tapi kalau masih ada perang tarif maka terjadi suatu masalah. Kami harapkan ini perang tarif diakhiri dan ada suatu keseimbangan agar cost bisa di-cover, tapi masih ada margin yang memungkinkan korporasi berkembang,” tambah Budi Karya.

Garuda Indonesia Group melalui anak perusahaannya, PT Citilink Indonesia mengambil alih pengelolaan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air. Hal ini direalisasikan dalam bentuk Kerja Sama Operasi (KSO) yang dilakukan oleh Citilink dengan Sriwijaya dan PT NAM Air. KSO tersebut telah ditandatangani pada 9 November 2018.

Isu Biang Kerok Tarif Mahal

Atas berbagai gebrakannya, Ari Askhara justru menuai isu-isu miring. Salah satunya terkait tiket [esawat mahal. Sejumlah pihak menuduh bahwa kenaikan harga tiket pesawat diprakarsai oleh Ari Askhara. Kenyataanya, harga tiket pesawat juga tidak kunjung turun ketika Ari Askhara dicopot.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal mengatakan, tarif per kilometer pesawat lebih murah jika dibandingkan tarif ojek online. Menurut Fuad, saat ini rata-rata tarif pesawat terbang per kilometernya, yakni Rp 2.500 per penumpang. Lalu, tarif ojek online per kilometernya saat ini Rp 2.600.

“Jadi biar mengerti semua, memang secara industri tarif penerbangan di Indonesia sudah sangat murah,” kata Fuad ini di Cengkareng, Tangerang, Jumat (27/12/19).

Fuad menjelaskan, jika maskapai harus menurunkan tarif lebih daripada itu, maka perusahaannya akan merugi. Dia pun mencontohkan sudah belasan maskapai yang terpaksa gulung tikar karena terus merugi.

“Dari sisi harga industrinya sudah tidak sustain sama sekali. Industrinya bisa rusak sendiri dan mati. Sudah lebih dari 15 airlines yang mati dalam 10 tahun karena kompetisinya tidak sehat,” kata Fuad. Garuda kenaikan harganya 25 persen. Citilink 40 persen setiap tahunnya," ucap dia.

Bukan apressiasi yang diperoleh Ari Askhara atas aksi-aksi perubahannya. Dia justru diterpa beragam tuduhan, dan dicopot dari jabatan meski tuduhan-tuduhan itu tidak terbukti.

"Ari Akshara malah disingkirkan dan bahkan terancam dikriminalisasikan. Ini saya melihatnya terlalu kental usur politiknya,” ucap Irwan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…