Berburu Motor Klasik Hingga Surakarta

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 Januari 2020 - 12:00 WIB

Berburu Motor Klasik Hingga Surakarta
Berburu Motor Klasik Hingga Surakarta

INDUSTRY.co.id - Solo-Motor klasik meski sudah berusia puluhan tahun banyak orang yang memburunya meski harganya puluhan sampai ratusan juta. Di era milenial saat ini, motor lawas yang dulunya cuma dimiliki oleh segelintir orang kini menjadi makin susah dicari.

Bagi para kolektor motor lawas, menemukan motor yang diproduksi berpuluh-puluh tahun lalu menjadi semakin menantang. Mereka rela berburu hingga ke berbagai penjuru negeri untuk mendapatkan motor idamannya.

Motor antik itu makin tua makin cantik dan makin menarik. Kira-kira itulah slogan yang cocok buat para penggemar motor antik. Meski kini otomotif makin berkembang, justru masih banyak orang yang senang motor jadul alias keluaran tahun lama.

Kehadiran motor-motor antik itu berbanding terbalik dengan kemajuan teknologi, terutama di bidang otomotif. Saat industri otomotif berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru, justru motor antik seakan tak pernah hilang ditelan waktu.

Salah satu penggemar motor antik asal Bekasi, Jawa Barat, Patrick Mario Tweeda rela menempuh perjalanan panjang ke Kota Sola demi menemukan motor antik era tahun 70an di Marwan Motor yang terletak di Jalan Slamet Riyadi 198 Kartasura, Solo, Jawa Tengah.

"Saya senang dengan motor klasik karena anti mainstream. Dan saya menemukan motor Honda CB 100 buatan tahun 1973 di tempat Pak Marwan ini," ujar Patrick Mario, Sabtu, (4/1/2020).

 

Nama Marwan Motor tentu sudah tidak asing bagi pencinta motor antik. Showroom rumahan yang sudah hampir berumur 40 tahun di Kelurahan Ngadirejo, Kabupaten Sukoharjo ini dikenal sebagai salah satu rujukan utama bagi para pemburu motor tua dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada sekitar 150an motor dengan berbagai jenis, mulai CB 125 Twin, CB 200 Twin, Yamaha RX 125 Twin, Yamaha AS 3 Twin 125, BMW R60 full paper , sampai Kawasaki Binter Merzy Cobra dan DKW Hummel tahun 1961 pabrikan Jerman," jelas Marwan yang memulai usaha sejak tahun 1980.

"Pembeli mayoritas dari Jakarta. Mereka rindu dengan motor-motor semasa mereka muda," ujar Marwan yang didampingi sang anak Ari Sunanto.

Ditambahkan Marwan, ada pemilik restoran di Jakarta yang membeli 4 motor hanya untuk dipajang di restorannya. Salah satu motor yang dibeli yaitu DKW Hummel warna biru.

"Rata-rata saya dapat menjual dua hingga tiga motor dalam sebulan," ujar Marwan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

63 tahun astra berkarya bagi negeri

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:43 WIB

63 Tahun Perjalanan PT Astra Internasional Tbk Berbakti bagi Negeri

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama awal Astra International Inc. Pada tahun 1990, Astra International Inc…

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…