Toshiba Temukan Teknologi Mobil Swakemudi untuk Keamanan Kendaraan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 24 Desember 2019 - 13:47 WIB

Jepang- Sejalan dengan populasi Jepang semakin menua dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan mobil swakemudi (self-driving) dan aspek keamanannya di Jepang pun kian meningkat
Jepang- Sejalan dengan populasi Jepang semakin menua dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan mobil swakemudi (self-driving) dan aspek keamanannya di Jepang pun kian meningkat

INDUSTRY.co.id, Jepang- Sejalan dengan populasi Jepang semakin menua dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan mobil swakemudi (self-driving) dan aspek keamanannya di Jepang pun kian meningkat.

Kini teknologi pemindaian citra (image recognition) Toshiba, Visconti™, telah berkembang dan disempurnakan selama lebih dari satu abad. Teknologi ini menghadirkan begitu banyak peluang untuk mewujudkan sistem swakemudi dalam waktu yang tak lama lagi.

Sistem swakemudi menuntut pemindaian citra terbaik guna melihat dan memahami lingkungan di sekitar mobil agar keputusan dapat diambil. Dengan demikian, manusia tak perlu lagi melakukannya. Versi terbaru dari Visconti™ 5 memiliki segala fitur ini, sambil mengurangi konsumsi energi jika dibandingkan  dengan prosesor konvensional.

Ada dua teknologi yang mendukung Visconti™. Pertama, pemindaian citra, bertugas untuk mengenali/mendeteksi mobil lain, pejalan kaki, dan lampu lalu lintas dari gambar-gambar yang dihasilkan kamera yang terpasang pada mobil. Teknologi ini lalu membantu proses pengambilan keputusan untuk mencegah atau menghindari tabrakan, baik di siang atau malam hari. Teknologi lain yang mendukung Visconti™ ialah penerapan teknologi pemindaian citra sebagai sebuah prosesor, menjadikannya sebagai bisnis dan produk yang layak.

Visconti™ tak hanya menjadi gagasan dari insinyur Toshiba, namun turut diciptakan dengan melibatkan pelanggan dan masukan mereka. Toshiba memikirkan berbagai fitur dan fungsi yang kelak diinginkan pelanggan di masa depan, lalu mempersiapkan berbagai solusinya secara lebih dini. Untuk itu, Toshiba menghasilkan produk dengan berbagai fitur yang mencerminkan daya saingnya.

Saat Toshiba mulai mengkaji teknologi pemindaian citra pada setengah abad lalu, kecerdasan buatan (AI) dan mobil swakemudi masih dianggap sebagai impian yang mustahil. Namun, banyak insinyur Toshiba di masa lalu yang meyakini potensi dari teknologi pemindaian citra, dan bekerja keras untuk menyempurnakannya. Pada akhirnya, mereka mengembangkan teknologi ini hingga seperti sekarang. Kini, riset terus dilanjutkan di bawah kepemimpinan dua insinyur pada divisi riset dan bisnis, yakni Ryuzo Okada dan Takashi Miyamori. Mereka sama-sama memiliki visi untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dengan Visconti™.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Himbauan Donasi Kemenag

Senin, 30 Maret 2020 - 13:45 WIB

Kemenag: Yuk, Bantu Lawan Corona Dengan Berderma

Adapun donasi bisa disalurkan melalui rekening atas nama Donasi Covid-19 Kementerian Agama, BRI Syariah: 1049176267 "Yuk, Bantu Lawan Korona dengan Berderma," tutup keterangan Kemenag.

BULOG Pastikan Mampu Mengatasi Kebutuhan Lonjakan Pangan yang Tak Terduga

Senin, 30 Maret 2020 - 13:31 WIB

BULOG Pastikan Stok Cukup Penuhi Lonjakan Kebutuhan Pangan

Pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga. Seluruh jajaran BULOG sudah mewaspadai lonjakan tersebut baik menjelang Ramadhan dan Idul…

Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury

Senin, 30 Maret 2020 - 13:15 WIB

Cegah Covid-19, Begini Panduan Pelayanan Pemberkatan Nikah dan Penguburan Jemaat Kristen

Seiring adanya wabah Korona (Covid-19), Ditjen Bimas Kristen Kemenag menerbitkan panduan Pelayanan Pemberkatan Nikah dan Penguburan Jemaat.

Karantina Wilayah

Senin, 30 Maret 2020 - 13:00 WIB

Karantina Wilayah Perhatikan Mobilitas Kebutuhan Pokok dan Akses ke Rumah Sakit

Dalam rangka memutus penyebaran virus corona pemerintah sudah mempersiapkan Peraturan Pemerintah sebagai aturan pelaksanaan Undang- Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan.

Penyemprotan Desinfektan (ist)

Senin, 30 Maret 2020 - 12:45 WIB

Ahli Kesehatan: Hentikan penyemprotan! Siapa ya Yang Pertama Kali Ngajarin Nyiram-Nyiram Manusia dengan Desinfektan?

"Disinfektan itu diperuntukkan untuk benda mati dengan perlakuan yang benar. Disinfektan tidak diperuntukkan untuk tubuh manusia," kata Tan seperti dilansir dari laman Suara.com Senin (30/3).