Songsong B30, NDPE Perkebunan Sawit Jangan Lalai

Oleh : Wiyanto | Jumat, 20 Desember 2019 - 18:35 WIB

Ilustrasi Biofuel
Ilustrasi Biofuel

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Isu (Deforestasi, No Deforestation, Peatland, and Exploitation) NDPE atau terkait dengan desforestasi, lahan gambut dan tenaga kerja, dimunculkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) agar produksi kelapa sawit bisa diterima di masyarakat internasional seperti Eropa.

Agus Sutomo Koordinator Koalisi Clean Biofuel for All menjelaskan produsen Kelapa Sawit yang menghasilkan biofuel dan memasok ke Pertamina tinggal 30 persen yang belum menerapkan NDPE. Harapannya Pertamina jadi pelopor penggalakan NDPE agar Eropa menerima. Tentunya untuk mengurangi impor solar.

"Penyalur biofuel 30 persen non NDPE, berharap 100 persen. Kalau ada saja yang non masuk ke Musimas kemudian punya kasus maka yang dituntut buyer," kata dia di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Terkait biofuel, kata dia sudah ada subsidi sejak 2007 dimulai 5 persen. Program biofuel salah satu cara memanfaatkan produk kelapa sawit untuk dikonsumsi di Indonesia termasuk mengurangi impor solar.

2016, lanjut dia, biofuel sudah masuk 10 persen, naik ke 20 persen dan tahun depan 2020 akan masuk 30 persen.

Agus Saptono Kasubdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Bioenergi Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM menggatakan, akan mendukung isu NDPE.

"Saya baru denger NDPE, nanti akan saya masukan ide tersebut," katanya.

Diketahui Kuota biodiesel saat ini 6,6 juta KL, baru terserap 4,49 juta KL. Penggunaan biofuel, pada 2020, akan mulai 30 persen atau B30.

"Nanti, pada 2021 akan ada peningkatan biofuel 3 juta kilo liter," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…