Waran Terstruktur Siap Menghiasi Pasar Modal

Oleh : Wiyanto | Senin, 16 Desember 2019 - 19:41 WIB

Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana tengah
Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana tengah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) terkait instrumen investasi Waran Terstruktur. Harapannya produk ini dapat dikembangkan sebagai produk derivatif.

"Waran Terstruktur berbeda dengan waran yang biasanya diterbitkan emiten yang biasanya mengikuti pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO) atau rights issue," kata Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Lebih lanjut Maulana menjelaskan, rencana optimalisasi produk derivatif yang akan diatur melalui POJK tersebut merupakan upaya OJK untuk meragamkan produk investasi di pasar modal. "Nantinya, keberadaan produk ini lebih ditujukan kepada instrumen perdagangan," imbuhnya.

Berdasarkan RPOJK Waran Terstruktur, Efek yang bisa menjadi underlying Waran Terstruktur adalah Efek Bersifat Ekuitas, indeks Efek, indeks sekumpulan Efek, reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang unit penyertaannya diperdagangkan di BEI dan Efek lain yang ditetapkan oleh OJK.

Menurutnya, Waran Terstruktur yang akan segera diatur ini merupakan variasi produk investasi dan bisa diperdagangkan di bursa. Kalau waran yang sebelumnya kita ketahui, itu merupakan sweetener di saat emiten melakukan rights issue.

Dia menjelaskan, Waran Terstruktur tidak diterbikan oleh emiten saham, melainkan produk inveatasi yang dimiliki Perusahaan Efek yang merupakan Anggota Bursa (AB), bank umum Buku 3 dan Buku 4 atau pihak lain yang disetujui oleh OJK. "Waran Terstruktur ini berbeda dengan yang diterbitkan oleh emiten. Produk ini penerbitnya lebih luas," kata Maulana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:56 WIB

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah Pegadaian Semarang Mulyono kepada penerima bantuan berinisial AS.

Bioskop CGV* Cinemas

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:37 WIB

Lanjutkan Ekspansi di 2020, CGV Luncurkan Layar Starium di Bogor

Hadir dengan tujuh layar pada debutnya di Sentul Bogor kini CGV* ada di 68 lokasi dengan 396 layar yang tersebar di 35 kota dan 16 Provinsi di Indonesia

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…