Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Oleh : Wiyanto | Minggu, 15 Desember 2019 - 17:18 WIB

Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh
Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh

INDUSTRY.co.id - Sukabumi - Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu dilaksanakan melalui penanaman ratusan pohon tahap pertama di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kabupaten Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pelaksanaan penanaman pohon dirangkai dengan program pembersihan sampah di Pantai Palangpang yang menjadi bagian program kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Adapun kampanye anti sampah plastik ini merupakan upaya untuk membuat kawasan Geopark Ciletuh makin asri sehingga pengunjung bertambah dan perekonomian masyarakat meningkat.

Direktur Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menjelaskan, program pelestarian alam di Geopark Ciletuh merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan kawasan geopark bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan komunitas-komunitas yang ada di wilayah geopark. "Kami yakin bahwa melalui upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian, kawasan geopark akan menjadi destinasi yang memberi nilai tambah, apalagi juga dilaksanakan kampanye anti sampah plastik," ujar Sulis pada Minggu (15/12/2019).

Penanaman pohon dilakukan oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari masyarakat dan pelajar di Kecamatan Ciemas, serta komunitas-komunitas penggerak pariwisata di kawasan geopark. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H Ujang Abdurrohim Rochmi, Kepala Bagian Kerja Sama Kabupaten Sukabumi Yudi Pancayoga, Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdul Bari.

Ujang mengakui bahwa kehadiran Jamkrindo di Ciletuh, bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Jamkrindo yang berkontribusi dalam pelestarian alam di Ciletuh dan sudah memulai edukasi serta kampanye anti sampah plastik. Kami yakin, kolaborasi itu akan menghasilkan sesuatu yang baik dan kami masyarakat Ciletuh siap menjaga lingkungan kami dari sampah plastik," ujar Ujang.

Selain penanaman pohon dan pembersihan sampah, Perum Jamkrindo juga menyediakan puluhan tempat sampah hasil daur ulang drum yang dipercantik menggunakan lukisan cat bekerja sama dengan komunitas setempat serta plang edukasi mengenai waktu urai sampah, seperti sampah styrofoam yang tidak bisa terurai. Tempat sampah diletakkan di beberapa titik di Pantai Palangpang, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Puncak Darma di Kecamatan Ciemas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih (tengah) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil di Jakarta

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:45 WIB

Fasilitasi Sertifikat Halal IKM Pangan, Kemenperin Teken MoU dengan 10 Kementerian/Lembaga

Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh 10 kementerian dan lembaga tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil pada 13 Agustus 2020 ini merupakan bukti nyata…

Ilustrasi Pekerja (Photo by Merdeka.com)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:35 WIB

Jangan Khawatir! DPR: Investor Boleh Datang, Kita Pastikan Kesejahteraan Pekerja Lokal Terjaga

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin saat menerima kunjungan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) memastikan permasalahan upah minimum yang dituntut para pekerja akan tetap terjaga ditengah…

Anggota DPR RI Obon Tabroni

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:30 WIB

Anggota Dewan Kritisi Program Bantuan Upah Hanya Hanya Diberikan kepada BPJS Ketenagakerjaan

Anggota DPR RI Obon Tabroni mengkritisi pemberian subsidi upah yang hanya diberikan kepada buruh yang terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:12 WIB

Ini Strategi Bank Bukopin Bidik Kenaikan DPK 10 Persen

Seiring dengan memasuki usia ke- 50 tahun terus berkiprah mendukung perekenominan Indonesia, Bank Bukopin meluncurkan program “Nabung Super Seru 50 Tahun”.

Pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jabodetek dengan Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:10 WIB

Disambangi BEM se-Jabodetabek, Azis Syamsudin Tepis Isu RUU Ciptaker Cabut Kemakmuran Rakyat: Tidak Benar, Saya Juga Punya Anak yang Tidak Mungkin Disengsarakan

Dalam pertemuan dengan BEM se Jabodetek, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menegaskan RUU Ciptaker tidak berkaitan secara inheren dengan Kartu Pra-Kerja.