Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Oleh : Wiyanto | Minggu, 15 Desember 2019 - 17:18 WIB

Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh
Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh

INDUSTRY.co.id - Sukabumi - Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu dilaksanakan melalui penanaman ratusan pohon tahap pertama di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kabupaten Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pelaksanaan penanaman pohon dirangkai dengan program pembersihan sampah di Pantai Palangpang yang menjadi bagian program kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Adapun kampanye anti sampah plastik ini merupakan upaya untuk membuat kawasan Geopark Ciletuh makin asri sehingga pengunjung bertambah dan perekonomian masyarakat meningkat.

Direktur Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menjelaskan, program pelestarian alam di Geopark Ciletuh merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan kawasan geopark bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan komunitas-komunitas yang ada di wilayah geopark. "Kami yakin bahwa melalui upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian, kawasan geopark akan menjadi destinasi yang memberi nilai tambah, apalagi juga dilaksanakan kampanye anti sampah plastik," ujar Sulis pada Minggu (15/12/2019).

Penanaman pohon dilakukan oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari masyarakat dan pelajar di Kecamatan Ciemas, serta komunitas-komunitas penggerak pariwisata di kawasan geopark. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H Ujang Abdurrohim Rochmi, Kepala Bagian Kerja Sama Kabupaten Sukabumi Yudi Pancayoga, Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdul Bari.

Ujang mengakui bahwa kehadiran Jamkrindo di Ciletuh, bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Jamkrindo yang berkontribusi dalam pelestarian alam di Ciletuh dan sudah memulai edukasi serta kampanye anti sampah plastik. Kami yakin, kolaborasi itu akan menghasilkan sesuatu yang baik dan kami masyarakat Ciletuh siap menjaga lingkungan kami dari sampah plastik," ujar Ujang.

Selain penanaman pohon dan pembersihan sampah, Perum Jamkrindo juga menyediakan puluhan tempat sampah hasil daur ulang drum yang dipercantik menggunakan lukisan cat bekerja sama dengan komunitas setempat serta plang edukasi mengenai waktu urai sampah, seperti sampah styrofoam yang tidak bisa terurai. Tempat sampah diletakkan di beberapa titik di Pantai Palangpang, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Puncak Darma di Kecamatan Ciemas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Prima Unggul

Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:19 WIB

YPU Siapkan Generasi Milennial Jiwa Pengusaha

Dalam rangka malam Sweet Charity teman-teman dan para relawan panti asuhan Yayasan Prima Unggul (YMU) menggelar acara A Dinner Theatre Musical yang menampilkan pementasan para relawan dan seniman…

Festival keimigrasian 2020

Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:49 WIB

BRI Ikut Semarakkan Festival Keimigrasian 2020

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Keimigrasian…

realme masuk segmen alot

Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:16 WIB

Realme Buds Air Jajal Alot di Indonesia

realme, merek trendsetter untuk teknologi canggih dalam smartphone di Indonesia, secara resmi melangkah ke ranah AIoT di Indonesia dengan meluncurkan True Wireless, Real Seamless - realme Buds…

SystemEver

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:48 WIB

Software ERP SystemEver Siap Perkuat UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha mulai dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif…

Shopee

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB

Shopee Berhasil Catatkan Pencapaian Spesial di Tahun 2019

2019, Shopee berhasil mempelopori serangkaian inisiatif yang berhasil mengubah cara konsumen berbelanja online di daerah tempatnya beroperasi.