Kepala BKPM Sukses Mengeksekusi Penyelesaian Permasalahan PT KS -PT Lotte Chemical Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Desember 2019 - 14:30 WIB

Kepala PKPM Bahlil Lahadalia
Kepala PKPM Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bersama dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman Penyelesaian Permasalahan antara PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) dengan PT Krakatau Steel (KS) dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) di Kantor BKPM Jumat (13/12/2019).

Poin permasalahan yang tercantum dalam Nota Kesepakatan antara lain terkait tanah dan beberapa perizinan lainnya. Nota Kesepahaman ini ditanda tangani oleh Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim, Presiden Direktur PT Krakatau Industrial Estate Cilegon Priyo Budianto dan Direktur Utama PT Lotte Chemical Indonesia Kim Yong Ho.

Kesepakatan ini merupakan hasil nyata dari kunjungan Presiden RI Joko Widodo bulan lalu ke Busan, Korea Selatan. Saat kunjungan, Presiden bertemu dengan pimpinan Lotte Group yang menyatakan komitmen menyelesaikan isu ini. Pembangunan industri petrokimia adalah salah satu fokus utama presiden karena dapat mengurai ketergantungan impor.

Menurut Bahlil, Nota Kesepahaman menjalankan amanah yang diberikan Presiden. Ini merupakan sinyal positif bahwa Pemerintah hadir untuk menyelesaikan permasalahan investasi yang dihadapi oleh investor. “Nota ini menjadi landasan hukum penyelesaian masalah PT LCI dan PT KS yang dihadapi selama 3 (tiga) tahun, yang merupakan win-win solution bagi negara dan investor. Investasi ini juga memberikan manfaat sebagai substitusi impor yang diharapkan dapat membantu mengurangi defisit neraca perdagangan,” jelasnya dalam keterangan resmi kepada media.

Dengan total nilai investasi sebesar USD 4,2 miliar, PT LCI akan mulai merealisasikan investasinya sebesar USD 850 juta atau sekitar lebih dari Rp 10 triliun pada Januari 2020 mendatang. Rencana produksi dimulai pada tahun 2023 dimana selama masa konstruksi membutuhkan 15.000 tenaga kerja dan masa produksi diperkirakan 1.500 tenaga kerja.

Pihak PT KS menyambut baik inisiasi Pemerintah dalam memfasiltasi permasalahan yang dihadapi oleh investor. “Saya harus akui bahwa apa yang dilakukan oleh Kepala BKPM ini luar biasa, bisa menyelesaikan dengan cepat dan juga sesuai dengan aturan, koridor perundang-undangan. Sehingga investasi tidak lagi menjadi satu hal yang menakutkan bagi para investor, ketika menghadapi suatu permasalahan di Indonesia. Semoga ini menjadi upaya yang terus menerus dilakukan oleh Pemerintah,” ujar Silmy Karim, Direktur Utama PT Krakatau Steel.

Selain BKPM, Kejaksaan Agung juga memiliki peran penting dalam memfasilitasi permasalahan investasi serta membantu dan menjaga kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh BKPM untuk membangun iklim investasi yang lebih baik. Kerjasama ini diperlukan agar dapat mendorong daya saing investasi Indonesia, termasuk menyelesaikan permasalahan yang sering ditemui oleh investor dan mitra lokalnya sehingga muncul hambatan dalam proses pelaksanaan investasinya.

“Mengawal dan mendampingi BKPM dalam meningkatkan iklim investasi dalam mencapai target sasaran investasi sebagaimana dicanangkan oleh Presiden dan kebijakan Pemerintah dapat diupayakan optimal, meningkatkan investasi ke Indonesia. Yang kita tahu dari investasi itu akan bergulir ke devisa, dan kemudian kepada kesejahteraan masyarakat,” ujar Feri Wibisono.

Selama menjabat Kepala BKPM dalam 2 (dua) bulan ini, Bahlil telah berhasil mengeksekusi realisasi investasi sebesar Rp 128 triliun dari total yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi sebesar Rp 708 triliun investasi yang masih terkendala.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…