Golden Property Awards 2019 Sukses Digelar, Para Pelaku Bisnis Properti Raih Penghargaan Tertinggi

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Desember 2019 - 06:30 WIB

Penerima penghargaan Best Large Scale Development Project (150 500 ha)
Penerima penghargaan Best Large Scale Development Project (150 500 ha)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Property Watch (IPW) menggelar Golden Property Awards (GPA) 2019 bertajuk Breakthrough To Excellence. GPA sendiri merupakan penghargaan properti satu-satunya yang melakukan penilaian dengan kriteria terukur berbasis riset dan survei.

Penilaian dilakukan oleh Indonesia Property Watch berdasarkan kriteria IPW Standard Project Rating 1.2 sebagai lembaga konsultan dan riset properti yang sudah diakui ketajaman analisisnya.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda menjelaskan, pergerakan pasar properti dan perumahan mengalami tekanan hampir selama enam tahun terakhir, sejak kenaikan pasar properti yang luar biasa pada periode 2009 - 2012.

Tahun 2018 para pelaku pasar harus dihadapkan pada kondisi psikologis yang mengganggu di tengah konstelasi politik yang membuat pasar cenderung untuk wait and see. Hal ini membuat pergerakan naik siklus pasar properti relatif menjadi tersendat.

Memasuki tahun 2019, isu politik relatif mereda. Pergerakan pasar properti mulai terjadi di segmen yang merupakan real demand. Analisis Indonesia Property Watch menggambarkan penurunan tinggi penjualan justru terjadi di segmen atas di atas Rp1 miliar. Sedangkan segmen di bawah itu terus mengalami peningkatan.

"Kondisi-kondisi ini memaksa para pengembang untuk dapat memainkan strategi yang lebih mumpuni dengan pendekatan pasar yang baik untuk menghindari market mismatch. Menembus batas-batas pasar dengan inovasi dan kreatifitas untuk dapat bertahan dan tidak terhempas dari persaingan pasar. Sementara itu di sisi lain, perkembangan zaman menuntut para pengembang untuk lebih melek teknologi dengan perkembangan era digital yang luar biasa pesat di tengah era revolusi 4.0 saat ini," papar Ali Tranghanda saat membuka acara Golden Property Awards (GPA) 2019 di Hotel Raflles Jakarta, Kamis (5/12).

Lebih lanjut Ali Tranghanda mengatakan, fundamental ekonomi dengan perkiraan pertumbuhan di kisaran 4,9  5,1% tahun 2019, inflasi 3,28% di pertengahan 2019 yang terus terjaga, serta diturunkannya suku bunga 7-Days BI Repo Rate ke 5,0% pada Oktober lalu membuat pasar properti berpotensi untuk kembali bangkit.

Belum lagi Investment Grade yang diberikan S&P, Moodys, dan Fitch membuat pasar Indonesia sangat prospektif. Dengan kata lain, pembangunan infrastruktur masih akan terus berlangsung.

Ketangguhan para pelaku pasar melewati semua tantangan ini diuji dalam sebuah proses penilaian yang independen, obyektif, dan terukur dalam Golden Property Awards 2019.

"Ini merupakan kali ketiga diadakannya Golden Property Awards yang merupakan bentuk penghargaan tertinggi bagi para pelaku bisnis properti," kata Ali Tranghanda.

Lebih lanjut Ali Tranghanda mengatakan, Effort yang cukup besar hanya untuk menentukan proyek pemenang dengan obyektif tanpa transaksional pemenang. Semoga hasil yang diperoleh menjadi kebanggaan bagi masing-masing proyek pemenang.

"Idealisme asesmen yang kami lakukan bukan yang sempurna, tapi yang terbaik yang dapat kami lakukan saat ini. Dan tetap menjaga obyektifitas maupun independensi kami sebagai lembaga riset dan konsultan terpercaya," terang Ali.

Golden Property Awards akan kembali 2 tahun lagi untuk selalu memberikan referensi yang obyektif dan independen bagi pengembang juga konsumen.

"Penghargaan tidak hanya piala, namun merupakan bentuk apresiasi dari hasil kerja keras dan dedikasi yang dihargai melalui proses asesmen yang terpercaya. Selamat kepada para pemenang," pungkas Ali Tranghanda.

Golden Property Awards 2019

Dari hasil penilaian, Golden Property Awards 2019 menetapkan 65 penerima penghargaan yang dibagi dalam 6 Kategori yakni Tokoh, Proyek, Digital Marketing, Perusahaan, Perbankan, dan Penghargaan Khusus. Dan hanya 7 proyek yang berhasil menyabet posisi Best of The Best.

Berikut Penerima Golden Property Awards 2019 :

KATEGORI TOKOH

Dalam kategori ini asesmen dilakukan dengan melalui kuesioner dan poling serta interview kepada para tokoh properti untuk mementukan tokoh-tokoh yang layak untuk menerima penghargaan dengan dedikasi dan konsistensi yang kuat di bidang properti yang menghasilkan beberapa Sub Kategori sebagai penerima penghargaan seperti:

LIFETIME ACHIEVEMENT AWARDS
MOST INFLUENTIAL PROPERTY PROFESSIONAL
MOST INFLUENTIAL PROPERTY FIGURE IN MARKETING
MOST INFLUENTIAL PROPERTY FIGURE IN BANKING
BEST CEO IN PROPERTY BUSINESS

KATEGORI PROYEK

Asesmen proyek kandidat pemenang telah dilakukan sejak Mei 2019. Mengapa begitu lama? Karena asesmen yang kami dilakukan mencakup semua aspek sesuai dengan IPW Standard Project Rating 1.2 yang terukur dan teruji. Kriteria asesmen terdiri dari Location, Development, Marketing, dan Management yang meliputi 45 sub kriteria.

Indonesia Property Watch menerjunkan puluhan tim inti untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan di hampir 126 proyek bukan sebatas desktop analysis, termasuk menjadi mysterious consumer untuk melihat service yang dilakukan oleh tenaga pemasar masing-masing proyek.

Dengan cakupan asesmen yang luas, maka kategori proyek terbagi dalam beberapa wilayah penilaian yaitu Tangerang dan sekitarnya, Serang dan Cilegon, Bekasi dan sekitarnya, Bogor dan sekitarnya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Luar Jawa. Masing-masing proyek pemenang di setiap wilayahnya akan beradu memperebutkan 7 posisi Best of The Best di masing-masing kategori:

BEST TOWNSHIP DEVELOPMENT PROJECT (>500 ha)
BEST LARGE SCALE DEVELOPMENT PROJECT (150  500 ha)
BEST MEDIUM SCALE DEVELOPMENT PROJECT (50  150 ha)
BEST COMPACT SCALE DEVELOPMENT PROJECT (15  50 ha)
BEST LOW-COST HOUSING DEVELOPMENT (<25 ha)
BEST URBAN LIVING APARTMENT
BEST PREMIUM APARTMENT

KATEGORI PROYEK KHUSUS

Dalam kategori khusus kali ini diperebutkan posisi-posisi pemenang sebagai berikut:

Best Millenial Residential
Best Architectural Home Design
Best Low-Cost Housing Design
Best Luxury Landed Residential
Best Luxury Apartment

KATEGORI DIGITAL MARKETING

Mengantisipasi persaingan teknologi di era 4.0, pada GPA kali ini penilaian juga dilakukan untuk melihat aktivitas digital marketing dari proyek dan perusahaan properti nasional. Kriteria asesmen untuk website pengembang terdiri dari UI/UX, Speed Desktop (Google Speed Insight/GT Metrix), Speed Mobile (Google Speed Insight/GT Metrix), Security, dan Responsive (manual).

Sedangkan untuk asesmen digital marketing juga terdapat penilaian dari aspek SEO, Meta Description, Update content, Google Analytics, Google Tag Manager, Link Conversion, Tracking Total Keywords by Tool, Tracking Traffic Organic by Tool, Google Index.

Best Social Media and Digital Marketing Strategy
Best Property Developer Website

KATEGORI PERUSAHAAN

Asesmen juga diberikan kepada para perusahaan mengantisipasi persaingan teknologi di era 4.0, pada GPA kali ini penilaian juga dilakukan untuk melihat aktivitas. Asesmen melibatkan para expert di bidangnya yang terukur dengan kriteria Debt to Asset Ratio, Gross Debt to Equity ratio, Current ratio, Net margin, ROE, dan ROA.

Developer of the Year
Property Brand of the Year
Best State-Owned Enterprise & Subsidiaries in Property Business
Property Public-Listed Company of the Year
The Trusted Subsidized Housing Developer
Best Real Estate Agent
Best Real Estate Agent

KATEGORI PERBANKAN

Asesmen kategori perbankan meliputi penilaian Program KPR terbaik, Market Share, Pertumbuhan KPR termasuk pertumbuhan KPR untuk FLPP.

Best Performance Bank in Property
Best Innovative Bank in Property
Best Home Ownership Loan Program
Best Supporting Bank in Property

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Laptop Acer gapai costumer

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:41 WIB

Acer Geber Pangsa Pasar Pelajar, Pekerja Work From Home

Acer optimis penjualan laptop keluarannya akan diserap pasar. Apalagi masa pandemi corona virus covid-19, menuntut bekerja atau sekolah dari rumah. Tentunya laptop pilihan yang nyaman.

Padi organik, cikal bakal pertanian organik Indonesia di masa depan. (Foto: Liputan6)

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:06 WIB

Pupuk Organik, Penopang Pertanian Organik Indonesia di Masa Depan

Jakarta - Rani baru pulang dari sebuah pasar swalayan di kawasan pusat kegiatan bisnis ibukota. Dia mengeluhkkan mahalnya harga sayur-mayur dan buah-buahan organik yang ditawarkan pasar swalayan…

Wapres KH Maruf Amin, Menaker, Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto dan Kemenko PMK

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:25 WIB

Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para…

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:18 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Kebut BLT untuk Genjot Daya Beli Masyarakat

Wabah pandemi Covid-19 turut memukul kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 sebesar minus 5,32 persen…

Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:55 WIB

Arteria PDIP: Maju Pilkada Anggota DPR Harusnya Tidak Perlu Mundur, Cukup Cuti

Tim Kuasa DPR RI memberikan keterangan untuk Perkara Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 22/PUU-XVIII/2020 mengenai pengujian Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU…