WhatsApp Business Perkenalkan Fitur Katalog

Oleh : Hariyanto | Kamis, 05 Desember 2019 - 14:56 WIB

Whatsapp (Ist)
Whatsapp (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - WhatsApp kian memudahkan para pebisnis kecil untuk memajang produknya dengan memperkenalkan Katalog, fitur terbaru aplikasi WhatsApp Business.

WhatsApp juga menyelenggarakan pelatihan perdananya di Jakarta, mengundang para pebisnis kecil untuk mendapatkan keterampilan fotografi pemasaran dan mendapatkan manfaat penuh dari fitur Katalog.

Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApp, Sravanthi Dev mengatakan, masyarakat senang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelaku usaha favorit mereka, namun saling mengirim banyak pesan dan foto untuk mendapatkan informasi produk tidaklah efisien.

"Menanggapi hal ini, kami meluncurkan Katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil menciptakan etalase secara mobile, yang membantu mereka untuk menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggannya. Dengan Katalog, pelanggan dapat dengan mudah menjelajah dan menemukan sesuatu yang ingin dibeli.” ungkap Sravanthi Dev melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (5/12/2019).

Membuat katalog dengan aplikasi WhatsApp Business hanya memerlukan beberapa langkah mudah, namun hal terpenting bagi pebisnis kecil adalah mempersiapkan galeri foto produk dan jasa yang lengkap dan konsisten.

“Melalui pelatihan hari ini, kami ingin meningkatkan keterampilan fotografi pelaku bisnis kecil dan membantu mereka menghasilkan foto yang menarik agar dapat memikat para pelanggan dengan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan,” tambah Sravanthi.

Selain membantu pelaku bisnis kecil untuk memanfaatkan fitur Katalog terbaru secara maksimal, WhatsApp juga memberikan sesi edukasi khusus untuk mengembangkan usaha mereka lebih cepat dengan WhatsApp Business. Katalog yang dibuat oleh para pebisnis kecil akan tampil pada laman profil bisnisnya.

Setiap produk dan jasa dalam katalog bisa diberi nama yang unik, dan juga kolom opsional lainnya seperti harga, deskripsi produk, tautan situs bisnis, dan kode produk. Penanda ini dapat memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pelaku bisnis dapat mengunggah maksimal 500 foto produk atau jasa ke dalam katalog mereka.

Katalog yang selalu diperbarui akan memudahkan pelanggan tetap dan calon pelanggan untuk menelusuri produk maupun jasa sebuah bisnis, serta tetap terhubung dengan bisnis tersebut.

Pelanggan dapat memilih produk dan jasa yang mereka minati dan membagikannya kepada teman, dan tentunya langsung bertukar pesan kepada pemilik bisnis untuk diskusi. Fitur Katalog sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp Business untuk ponsel pintar dengan Sistem Operasi Android dan iPhone di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vaksin Covid-19 (ist)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 01:15 WIB

Masyarakat RI Minta Doanya, 1.620 Relawan Akan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Sebanyak 1.620 relawan akan mengikuti uji klinis dari calon vaksin COVID-19 Sinovac buatan Tiongkok. Pelaksanaan uji vaksin itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran,…

Dirjen Bimas Katolik RI Yohanes Bayu Samodro

Selasa, 11 Agustus 2020 - 01:13 WIB

Dipilih Jokowi! Ini Sosok Dirjen Bimas Katolik RI Yohanes Bayu Samodro

Jakarta, Presiden Jokowi akhirnya memilih Yohanes Bayu Samodro menjadi Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama yang baru. Yohanes Bayu dipilih menjadi Dirjen Bimas Katolik melalui sistem lelang…

CSR ONDA di MONAS

Senin, 10 Agustus 2020 - 23:39 WIB

Bersihkan Monas! Cara Keren ONDA Menginspirasi Semangat Perjuangan Rakyat

Jakarta - Sebentar lagi Indonesia akan merayakan HUT RI ke‐75, dengan tema "Indonesia Maju". Suatu slogan singkat yang menggambarkan mentalitas dan keyakinan bangsa kita ditengah perjuangan…

Ilustrasi Palu Hakim (Foto Ist)

Senin, 10 Agustus 2020 - 23:22 WIB

Terus Berjuang! Alumni Kanisius & FEUI 1983 Harapkan Keadilan

Jakarta ̶ Sidang perkara tuduhan Tindak Pidana Perbankan terhadap mantan direksi dan karyawan Bank Permata bergulir semakin jelas. Sejak minggu lalu, sidang berlangsung dengan mendengarkan…

Ilustrasi pekerja yang dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 10 Agustus 2020 - 22:44 WIB

BPJAMSOSTEK Ungkap Progres Pengumpulan Rekening Penerima Bantuan Rp600 Ribu

BPJAMSOSTEK - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan bakal memberikan subsidi kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dengan ketentuan penerima…