Beri Keuntungan Penghuni Apartemen, Realta Chakradarma Luncurkan BIMASAKTI as a Service

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 Desember 2019 - 15:05 WIB

Peluncuran BIMASAKTI as a Service
Peluncuran BIMASAKTI as a Service

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hampir semua sektor industri saat ini, sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Transformasi digital merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua kalangan bisnis jika tidak mau ketinggalan.

Lalu bagaimana dengan trend masyarakat yang lebih memilih tinggal dekat dengan pusat perkotaan melalui hunian susun atau apartemen?

Marketing Director PT. Realta Chakradarma, Rizaldi Sistiabudi mengatakan, hidup akan menjadi lebih mudah dan nyaman ketika teknologi yang hadir dapat menimbulkan suatu transformasi digital. Menurut dia, pengelolaan apartemen bukanlah hal sepele karena sangat mempengaruhi kehidupan banyak orang. 

Maka, untuk itulah, lanjut Rizaldi, PT. Realta Chakradarma melakukan inovasi teknologi dengan layanan terbarunya yakni BIMASAKTI as a Service, yang merupakan jawaban Transformasi Digital.

"Teknologi ini secara instant akan meningkatkan pelayanan, memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan, baik kepada para penghuni maupun kepada pengelola," kata Rizaldi di Jakarta, Kamis (5/11).

Rizaldi meyakinkan, akan ada perubahan yang terjadi dalam apartemen dengan menggunakan BIMASAKTI as a Service yaitu pelayanan interaktif ke penghuni melalui smartphone.

Dengan pelayanan yang terjangkau 24 jam selama 7 hari itu, dirinya memastikan kenyamanan tetap terjaga baik dalam mengajukan permohonan (service) maupun menyampaikan keluhan (complaint).

"Semua dilakukan dengan proses yang cepat, mudah, dan senantiasa dapat dipantau sampai dimana progres-nya. Begitu juga bagi penghuni yang membutuhkan akses fasilitas publik yang tersedia di apartemen, mulai dari penjadwalan sampai dengan pembayaran dapat dilakukan secara instant," jelas Rizaldi.

Sementara bagi pengelola apartemen, imbuh Rizaldi, layanan BIMASAKTI as a Service, akan memberikan efisiensi yang luar biasa pada proses billing atau penagihan biaya. Mulai dari proses pencatatan, penghitungan, penyebaran, pembayaran, sampai pengakuan pembayaran tidak ada yang luput dari mata rantai transformasi digital.

Dia mencontohkan, setiap awal bulan, penghuni secara otomatis akan menerima laporan pada smartphone mereka serta reminder untuk melakukan pembayaran secara berkala. Begitu juga pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung dan aman melalui berbagai jalur seperti kartu kredit, transfer bank, ATM, bahkan melalui dompet digital.

"Proses penagihan dan pembayaran yang lancar, adalah kunci keberhasilan pengelola gedung dalam mewujudkan hunian apartemen yang asri bagi mereka yang tinggal dan berkunjung," ungkap Rizaldi. 

Lebih lanjut dikatakan Rizaldi, dampak akhir transformasi digital pada apartemen berada pada kondisi laporan keuangan yang akurat, tepat waktu dan mudah dipertanggung jawabkan. Laporan keuangan-pun dapat diakses secara online dan realtime. Hal ini disebabkan karena melalui BIMASAKTI as a Service pengaturan seluruh proses di apartmen adalah bagian dari suatu sistem yang terpusat dan mudah dikelola. 

Untuk memastikan keamanan data penghuni dan gedung apartemen, BIMASAKTI as a Service bekerjasama dengan platform cloud Microsoft Azure.

Agustino Djayaputera, System Development Director Realta menjelaskan, pihaknya memilih Microsoft Azure karena platform ini sangat memperhatikan security dan data integrity. Tidak heran jika platform inilah yang banyak digunakan oleh jajaran Pemerintahan dan Lembaga-lembaga militer saat ini.

"Di era digital ini, data menjadi sangat bernilai. Oleh sebab itulah, Realta sangat memperhatikan data client kami yaitu dengan menjaga agar data tersebut hanya dapat diakses secara benar dan senantiasa terjaga keberadaannya," tutur Agustino Djayaputera.

Di lain pihak, Linda Dwiyanti, Chief of Marketing and Operation Microsoft Indonesia menjelaskan, seiring dengan bertumbuhnya teknologi digital yang terus menawarkan peluang bagi bisnis dan organisasi di Indonesia, Microsoft hadir untuk terus membantu setiap individu dan organisasi untuk mencapai lebih melalui solusi teknologi.

"Melalui Azure, Microsoft menyediakan cloud-platform untuk mengelola data dan informasi secara sistematis, akurat serta terjamin keamanannya. Dengan menghadirkan berbagai kemudahan yang dimiliki oleh Azure, kami ingin terus membantu para pengguna untuk mengoptimalkan operasional dan memaksimalkan bisnis, termasuk dalam pengelolaan apartemen," ujar Linda Dwiyanti.

Terkait dengan hal tersebut, bagi mereka yang tinggal di DKI Jakarta, belum lama ini Pemerintah provinsi DKI Jakarta merevisi berbagai peraturan pengelolaan hunian rumah susun melalui Pergub DKI no. 132 / 2018.

"Bagi hunian yang dilayani oleh BIMASAKTI as a Service, tuntutan kebijakan ini sudah dapat dipenuhi," imbuh Rizaldi. 

Sejumlah properti sudah menggunakan layanan BIMASAKTI as a Service, seperti PT Pollux Properti Indonesia Tbk. Dengan layanan yang memanfaatkan teknologi dari Microsoft ini, apartemen-apartemen yang menggunakan BIMASAKTI as a Service dapat menurunkan biaya operasional karena sumber daya manusia yang lebih efisien dan tidak harus membeli server on-premise. 

BIMASAKTI as a Service sangat mudah untuk memfasilitasi kebutuhan mengakses data dan tidak berresiko hilang karena sudah tidak ada downtime lagi pada sistem. Dengan demikian komunikasi dan kolaborasi yang dilakukan antara tenant, pengelola, dan pengurus selalu instan, cepat dan mudah. Dampak transformasi digital yang dibawa oleh BIMASAKTI as a Service juga dirasakan oleh para karyawan pengelolaan. 

"Peningkatan kualitas kinerja yang lebih efisien meniadakan kebutuhan lembur. Mereka tidak lagi harus mengejar waktu untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi seperti status billing, cashflow, konsolidasi dan pelaporan rutin lainnya. Iklim kerja ini secara terukur membuat karyawan menjadi betah kerja dan menimbulkan banyak penghematan: turnover rendah, biaya lembur hilang, dan irit biaya overhead," pungkas Rizaldi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…