realme C2 dan Redmi 8A, Apakah Kamera Ganda Masih Lebih Menawan?

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Desember 2019 - 13:29 WIB

realme C2 dan Redmi 8A
realme C2 dan Redmi 8A

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Umumnya tidak banyak yang bisa diharapkan dari sebuah ponsel pintar kelas pemula atau entry-level. Dengan harga jual yang murah, maka para vendor harus memutar otak untuk bisa memberikan performa dan fitur terbaiknya.

Salah satu fitur yang biasanya menandakan baik atau buruknya sebuah produk adalah kamera. Meski ponsel pintar kelas pemula, umumnya agar bisa terlihat lebih menarik, para vendor mengusahakan yang terbaik. Seperti yang dilakukan realme ke ponsel realme C2.

realme C2 merupakan ponsel penerus dari lini yang memang dikenal sebagai pengambil perhatian pasar dengan harga banderol yang terjangkau namun kaya fitur. Smartphone ini tersedia dalam dua varian memori yaitu konfigurasi 2GB+16GB dan 3GB+32GB.

Kini Redmi juga telah hadir dengan penyegaran lini paling terjangkaunya yaitu Redmi 8A. Redmi 8A berjalan di Android 9 Pie sama dengan realme C2, serta menampilkan layar HD+. Ponsel ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 439. Di bagian kamera, Redmi 8A menampilkan kamera 12 megapiksel di bagian belakang bersama dengan lensa f / 1.8 dan lampu kilat LED.

Pertanyaannya adalah apakah kini kamera tunggal di bagian belakang masih bisa dimaafkan? Mengingat realme C2 saja bisa menawarkan konfigurasi kamera belakang dual 13MP+2MP. Belum lagi ada juga mode Chroma Boost yang bisa menyajikan hasil foto memanjakan mata dengan detail dan warna kontras.

Kembali ke maksud penambahannya, konfigurasi kamera dual di bagian belakang pada ponsel pintar memberikan hasil yang sulit dicapai melalui pengaturan kamera tunggal. Seperti efek bokeh, white balance lebih baik dan kinerja cahaya rendah, dan lainnya.

Bicara bokeh, mode ini menggambarkan efek latar belakang kabur. Mode ini dulu eksklusif hanya ada dalam foto yang diambil oleh tangan profesional melalui kamera DSLR. Bokeh dipengaruhi oleh beberapa faktor: desain lensa, kedalaman bidang relatif, dan bukaan lensa. Pengaturan kamera dual dapat memberikan informasi seperti pengukuran jarak, dan kedalaman data lapangan yang dapat digunakan oleh software untuk memberikan efek bokeh palsu pada foto.

Jadi, keberadaan kamera ganda akan memberikan dampak yang lebih baik dalam foto berlatar blur ketimbang kamera tunggal. Dengan penambahan “mata” ini maka realme C2 akan lebih andal dalam mengerjakan tugasnya.

Ponsel ini pun mampu berikan performa mumpuni di kelasnya berkat chipset MediaTek MTK6762R yang memiliki kecepatan clock hingga 2.0GHz. Konfigurasi prosesor Cortex A53 menciptakan performa yang lancar dalam melakukan berbagai aktivitas.

Meski sudah dirilis beberapa bulan lalu, realme C2 masih bisa memenuhi kebutuhan pengguna baik dari segi spesifikasi dan fitur yang dibawanya. Kehadiran realme C2 membawa perpektif baru akan sebuah ponsel terjangkau. Dengan harga di bawah dua juta, mudah untuk mengatakan bahwa realme C2 masih menjadi jagoan kelas pemula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…