Tambah Investasi, GAC Bangun Pabrik Amina Tersier di Gresik

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Desember 2019 - 08:35 WIB

GAC Bangun Pabrik Amina Tersier di Gresik
GAC Bangun Pabrik Amina Tersier di Gresik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Global Amines Companies (GAC), sebuah perusahaan patungan 50/50 yang dibentuk oleh perusahaan global kimia khusus, Clariant dan grup perusahaan agribisnis terkemuka di Asia, Wilmar International, mengumumkan investasi terbarunya yakni pembangunan pabrik amina tersier ketiga di bawah naungan grup tersebut.

Pabrik anyar yang berlokasi di Gresik, Indonesia ini digadang-gadang akan menawarkan fleksibilitas dan keandalan lebih bagi perusahaan patungan tersebut dalam memberikan dukungan terhadap para pelanggan domestik maupun global, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang industri perawatan pribadi (personal care) dan perawatan rumah (home care).

Pabrik ini juga akan melengkapi pabrik-pabrik GAC yang telah berdiri di Jerman dan China guna memperkuat posisi perusahaan sebagai produsen amina tersier global.

Sebagai perusahaan patungan yang dibentuk oleh Clariant dan Wilmar di 2013, GAC memadukan kekuataan yang dimiliki kedua perusahaan di bidang oleokimia dan amina beserta turunannya guna memberikan solusi-solusi yang terintegrasi dan berdaya saing untuk amina berlemak dan beberapa produk-produk turunan amina. Pabrik baru amina tersier di Gresik ini akan semakin memperkuat jejak bisnis perusahaan patungan tersebut secara global di bidang rantai nilai amina derivatif terintegrasi.

“Pembangunan - fasilitas baru - di Indonesia tersebut menunjukan komitmen dan kepercayaan diri kami bahwa perusahaan patungan GAC akan terus bertumbuh dan menguntungkan. Dan hal ini tidak akan dapat terlaksana tanpa dukungan dari para pemegang saham serta dedikasi dari tim kami di GAC,” ujar Karen Frederix selaku Group General Manager GAC melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (4/12/2019).

Dengan membangun pabrik baru di Indonesia, sebagai negara penghasil bahan baku, fasilitas ini akan memperoleh jaminan pasokan yang stabil dengan daya saing harga yang baik.

Lebih jauh lagi, pabrik Gresik yang berlokasi di dekat Surabaya, Jawa Timur tersebut akan memberikan nilai strategis atas model rantai persediaan yang tersegregasi di mana hal ini akan dapat memastikan persediaan minyak kelapa sawit bersertifikat RSPO dan produk-produk turunannya yang telah memenuhi standar akreditasi produksi minyak kelapa sawit - berkelanjutan.

“Perusahaan patungan GAC secara penuh telah memadukan tata kelola agribisnis terintegrasi Wilmar yang berbasis pada bahan-bahan terbarukan dan posisinya yang kuat di bidang oleokimia, serta pengalaman teknis dan kehadiran Clariant di sektor hilir amina beserta produk-produk turunannya,” kata Chritian Vang, Chairman dari Dewan Direksi GAC.

Chritian Vang menqmbahkan, dengan adanya pabrik baru di Indonesia ini, GAC diperkirakan akan lebih mampu memaksimalkan berbagai peluang pertumbuhan. Selain itu, para pelanggan, baik domestik maupun global akan memperoleh keuntungan dari penawaran ini.

“Keberhasilan GAC merupakan gambaran dari kerjasama tingkat tinggi yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak, dengan memanfaatkan keunggulan dari kedua mitra bisnis guna menyediakan penawaran terbaik kepada para pelanggan. Pabrik baru ini akan berada di area terintegrasi oleokimia terbesar di dunia serta dilengkapi dengan produksi hilir,” tambah Rahul Kale, - Head Oleochemicals and Biofuels dari Grup Wilmar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Minggu Palma

Minggu, 05 April 2020 - 22:41 WIB

Physical Distancing, Not Spiritual Distancing

Saya berharap, agar physical distancing, tidak berkembang menjadi spiritual distancing. Saling menguatkan, menguduskan, dan mendoakan meski secara fisik tidak hadir dalam waktu dan ruang yang…

TNI layani kesehatan warga pedalaman Papua

Minggu, 05 April 2020 - 22:12 WIB

Layani Kesehatan di Pedalaman Papua, Warga yang Sakit Demam: Terimakasih Bapak Tentara Sudah Kasih Obat

Sementara itu, Ibu Eliana Wairu (47 th) yang sedang menderita sakit demam mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak tentara atas kedatangannya. “Bapak tentara telah memeriksa saya dan memberikan…

Ojek online yang menerima bantuan beras

Minggu, 05 April 2020 - 20:45 WIB

Pedagang dan Ojek Online Ketiban Rejeki Beras BNI Syariah

BNI Syariah menyalurkan bantuan total 1.146 paket atau setara 5,73 ton beras kepada pengendara ojek online dan pedagang kaki lima sekitar Kantor BNI Syariah Cabang Karawang dan Masjid Al-Jihad…

Bebas Nonton dari Vidio

Minggu, 05 April 2020 - 20:40 WIB

Dirumahaja, Ini cara Bebas Nonton Gratis 14 Hari dari Vidio

"Sebagai industri streaming OTT dan sekaligus layanan hiburan berbasis internet, kami tergerak untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen yang bisa mereka nikmati agar #BetahdiRumah selama…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 05 April 2020 - 19:33 WIB

AAJI Minta OJK Izinkan Penjualan PAYDI Tanpa Pertemuan Langsung

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan relaksasi kepada perusahaan asuransi jiwa yang memasarkan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan…