Gandeng Start Up, Strategi BRI Wujudkan Integrated Financial Solution

Oleh : Wiyanto | Selasa, 03 Desember 2019 - 19:59 WIB

BRI Innovation Lab Program
BRI Innovation Lab Program

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar BRI Innovation Lab Program. Program ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan BRI untuk mengajak startup di berbagai bidang industri, menggali potensi bisnis, serta kerjasama yang kolaboratif, elaboratif dan inovatif antara Bank BRI, BRI Group dengan para pelaku startup di Indonesia.

Program yang mengambil tema "Business Collaboration In Achieve Financial Integration" ini akan diselenggarakan pada 3-11 Desember 2019 di BRILian Center, Kantor Pusat BRI Jakarta.

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo mengungkapkan bahwa di tahun 2020 Bank BRI akan fokus untuk mewujudkan integrated financial solution atau memberikan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.

"Dengan target menjadi financial integrated solution, maka Bank BRI harus mampu menjawab seluruh kebutuhan nasabah terkait dengan transaksi perbankan dan non perbankan secara komprehensif. Kita juga harus bisa menghadirkan produk layanan keuangan yang terintegrasi dengan berbagai ekosistem keuangan yang mendukung kebutuhan lifestyle hingga kebutuhan dasar masyarakat," imbuhnya.

Dalam acara tersebut, dilakukan berbagai macam kegiatan diantaranya, Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara Bank BRI, BRI Grup dan Industri Startup, dengan output berupa proposal bisnis yang bersifat kolaboratif dan menghasilkan potensi bisnis bagi Bank BRI dan BRI Grup. Dalam program ini juga menghadirkan program Digital Talent Management untuk menghasilkan Product Manager yang bertalenta dan memiliki Digital Mindset.

Mengawali program BRI Innovation Lab, pada 3 Desember 2019 para peserta yang terdiri dari pelaku start up, BRI group dan Bank BRI akan saling mempresentasikan proposal dan ide bisnisnya masing-masing. Selanjutnya pada tanggal 4-7 Desember, para peserta diberikan waktu untuk mengelaborasi ide bisnis tersebut yang menyangkut business model, implementasi strategi sampai studi kelayakan. Hasil formulasi dan elaborasi dari proposal bisnis tersebut diajukan pada 8 Desember 2019.

Selanjutnya, pada 11 Desember 2019 merupakan acara puncak dan akan diumumkan 20 start up dan BRI Group yang berhasil menjadi finalis. Selain itu, juga akan diumumkan peraih kategori The Best Collaboration Start up dan The Best Product Manager BRI Group. Bagi pemenang dari kategori start up berhak mendapatkan BRI Venture Pipeline, sertifikat, uang tunai senilai Rp 20 juta dan BRIZZI, sementara dari kategori BRI Group juga berhak memperoleh penghargaan, sertifikat, BRIZZI dan smartphone.

Kolaborasi yang dilakukan antara Bank BRI dengan startup kali ini kembali memanfaatkan platform BRIAPI yang telah dibangun sebagai landasan dasar digitalisasi produk dan layanan Bank BRI. BRIAPI adalah platform pertama di Indonesia yang telah tersertifikasi dan mendapat izin dari regulator dan satu-satunya API yang telah mendapat sertifikasi ISO 27001 dalam rangka membangun super ekosistem digital di Tanah Air.

"Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan pola kolaborasi bisnis antara Bank BRI dan BRI Grup dengan start up yang bergerak di berbagai industri keuangan. Sehinga memunculkan ide-ide baru dalam menjalin kerjasama antara Bank BRI, BRI Group dan start up untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan guna mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia," tutup Indra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…