Keluarga Presiden Nigeria Hadiri Acara Resepsi Diplomatik TNI

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Desember 2019 - 04:30 WIB

Keluarga Presiden Nigeria Hadiri Acara Resepsi Diplomatik TNI
Keluarga Presiden Nigeria Hadiri Acara Resepsi Diplomatik TNI

INDUSTRY.co.id - Nigeria- Guna merayakan sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI di luar negeri, Kedutaan Besar RI Abuja yang dimotori oleh Kantor Atase Pertahanan (Athan) RI menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di Ladi Kwali Conference Centre, Hotel Sheraton, Abuja, Nigeria.

Bertindak selaku tuan rumah dalam acara Resepsi Diplomatik yang diselenggarakan beberapa waktu tersebut, yaitu Athan RI di Nigeria Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung bersama-sama dengan Duta Besar RI di Abuja Nigeria, H.E. Marsekal Muda TNI (Purn) Dr. Usra Hendra Harahap.

Resepsi dihadiri oleh lebih dari 250 orang, diantaranya para Duta Besar negara sahabat, para counterpart (mitra kerja) dari Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Nigeria serta instansi pemerintah Nigeria, para Atase Pertahanan sahabat yang bertugas di Nigeria, Warga Negara Indonesia di Abuja dan para undangan lainnya.

Sementara tamu VIP yang hadir yaitu puteri kandung dari Presiden Nigeria yaitu Ms. Zahra Buhari. Namun yang menjadi Guest of Honour dalam acara resepsi tersebut yaitu Brigadir Jenderal Emmanuel Akomaye Parker Udiandeye, Director Foreign Liaison of Defence Intelligence Agency (DIA) mewakili AVM MS. Usman, Chief of Defence Intelligence (CDI).

Resepsi Diplomatik diawali dengan sambutan singkat dari Athan RI, dilanjutkan dengan sambutan Duta Besar RI Abuja, dan diakhiri sambutan dari Guest of Honour. Setelah itu para tamu melakukan toast dan pemotongan kue tart HUT ke-74 TNI yang dirangkai dengan acara ramah tamah dan menikmati hidangan makan malam bersama.

 

Pada kesempatan tersebut, Brigjen Emmanuel Akomaye Parker Udiandeye menyampaikan ucapan selamat berulang tahun yang ke-74 kepada seluruh anggota TNI dimanapun berada dan bertugas. “Saya berharap di masa depan kerja sama militer dan pertahanan antara Indonesia dan Nigeria dapat segera terwujud, baik dalam bidang pendidikan dan latihan serta pengadaan Alutsista,” ucapnya.

Athan RI di Nigeria Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung menyampaikan, acara resepsi tersebut merupakan agenda perdana yang diadakan oleh Kantor Athan RI di Nigeria dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI, mengingat beberapa tahun sebelumnya acara resepsi tersebut vacuum atau tidak pernah dilaksanakan seiring dengan kebijakan penutupan Kantor Athan RI pada tahun 2009.

Namun sejak Kantor Athan RI di Abuja dibuka kembali pada akhir tahun 2018 lalu, aktivitas kerja sama militer pertahanan RI dengan Angkatan Bersenjata Nigeria dan negara-negara sahabat meningkat secara signifikan. Termasuk diantaranya menjalin komunikasi dengan para atase militer dan pertahanan dari berbagai negara asing yang ada di Nigeria.

 

“Respon yang kami terima sangat baik dan positif. Buktinya dapat dilihat dari banyaknya tamu undangan yang hadir dalam acara Resepsi Diplomatik ini. Bahkan secara mengejutkan Presiden Nigeria berkenan mengutus puteri kandungnya untuk hadir. Momen ini adalah sesuatu yang langka dan belum pernah terjadi pada acara resepsi di tempat lain,” ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa resepsi ini merupakan upaya Indonesia, khususnya TNI untuk bisa meningkatkan hubungan dan kerja sama militer dengan para Athan dan Diplomat dari berbagai negara, khususnya yang bertugas di Republik Federal Nigeria.

Menurut Perwira TNI AD alumni Akmil 1997, kegiatan resepsi tersebut merupakan event yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia guna menjalin komunikasi antar sesama Atase pertahanan dan militer negara-negara sahabat. “Semoga kegiatan tersebut dapat menciptakan hubungan dan kerja sama militer yang lebih baik dan lebih erat di masa depan,” harapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:41 WIB

Erick Thohir Copot Pejabat Waskita Karya

Jakarta - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahun Buku 2019 yang digelar Jumat (5/6/2020), Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan pengurus PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau…

Webinar F&B Series 1 - Adapting to New Normal

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:00 WIB

HIPMI: Perubahan Model Usaha jadi Strategi Bisnis saat Pandemi

Pivot bisnis merupakan sebuah aktivitas pengembangan bisnis dengan mengubah model b isnis itu sendiri, namun tetap berpijak pada visi bisnis yang dimiliki. Tetapi ketika pelaku usaha menghidupkan…

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:15 WIB

Setelah Harga Gas Industri Berhasil Turun Jadi US$ 6 per MMBTU, Asaki Kini Pertanyakan Safeguard Keramik Asal India dan Vietnam

Stimulus harga gas yang baru akan lebih terasa optimal jika didukung oleh penerapan safeguard terhadap produk impor dari India dan Vietnam.

Wisata Alam

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:00 WIB

Wisata Alam Bakal Jadi Pilihan Utama Usai Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah memberikan tantangan berat pada sektor pariwisata yang belum pernah dialami sebelumnya. Setelah sekian lama masyarakat terisolasi, dorongan untuk berlibur…

Adaptasi Sebagai Kunci Menghadapi Situasi New Normal

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:00 WIB

Adaptasi Sebagai Kunci Menghadapi Situasi New Normal

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Di Indonesia, sudah lebih dari 2 bulan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Mempertimbangkan…