Bandara Kediri Jatim akan Dikelola PT Gudang Garam

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 Maret 2017 - 05:17 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perhubungan tengah mengevaluasi rencana pembangunan bandar udara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, oleh perusahaan swasta, yakni PT Gudang Garam.

"Belum. Semuanya masih evaluasi," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso usai memberikan pengarahan keselamatan di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (17/3/2017)

Agus mengatakan pemerintah mendorong agar perusahaan swasta bisa membangun dan mengoperasikan bandara karena keterbatasan Anggaran dan Pendapatan Belanja Pemerintah (APBN).

Ada pun pembangunan bandar udara oleh swasta tersebut dilakukan dengan menerapkan konsep "green field" dengan pengeluaran dana investasi seluruhnya dari perusahaan swasta.

"Kami mengembangkan swasta yang ingin membuat dan mengoperasikan bandara dengan konsep 'green field'. Green field itu mulai dari pembebasan tanah murni dananya dari swasta," kata dia.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan PT Gudang Garam akan membangun bandar udara di Kabupaten Kediri yang diproyeksikan untuk komersial.

"Bandaranya nanti digunakan untuk umum, namun sebagian untuk privasi perusahaan," kata dia kepada wartawan di Surabaya, Kamis (16/3).

Soekarwo mengatakan bahwa lahan maupun anggaran telah dipersiapkan tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau murni dari perusahaan.

Di bandara tersebut, kata dia, akan dibangun landasan ancang sepanjang 2.300 meter yang cukup untuk digunakan pendaratan pesawat jenis "airbus" berpenumpang hingga 128-130 orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel

Senin, 29 April 2024 - 08:39 WIB

Setelah Sehat Jasindo Kantongi Laba Bersih Rp102,88 Miliar di 2023

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mengantongi laba bersih Rp102,88 miliar pada 2023, berbeda dengan tahun 2022, di mana laba bersih terdapat divestasi saham yang merupakan bagian…

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Senin, 29 April 2024 - 06:38 WIB

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali setelah berlibur, kita ingin kembali ke rutinitas sehari-hari dengan…

Groundbreaking Socia Garden (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB

Gelar Groundbreaking, Arrayan Group Bakal Serah Terima Unit Socia Garden Akhir Tahun 2024

Arrayan Group sebagai pengembang besar selalu serius dalam merealisasikan dan komitmen terhadap penyelesaian proyeknya. Bukti nyata ini ditandai dengan Groundbreaking tahap 1 di Cluster Tivoli…

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…