Telisik Tari Balet di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 November 2019 - 11:00 WIB

Rusdy Rukmarata (kanan kaca mata)
Rusdy Rukmarata (kanan kaca mata)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Tari, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengadakan Telisik Tari, Ballet At Batavia. Acara ini akan berisikan lecture performance oleh Rusdy Rukmarata dan AikoSenosoenoto , juga ada  pertunjukan tari Balet yang dibawakan siswa-siswi SMK tari betawi Jakarta, hasil proses bersama Andrew Greenwood, koreografer, penari dan pelatih balet asal Belanda, dan juga  penampilan  tari Betawi  yang dibawakan gabungan sejumlah murid asal sekolah-sekolah balet di Jakarta hasil proses dengan koreografer tari betawi, Atien Kisam.

Program “saling silang” ballet dengan betawi ini digagas Komite Tari DKJ sebagai apresiasi terhadap keberagaman budaya di Indonesia, yang dalam hal ini berusaha diwujudkan dalam dunia tari.

Program Telisik Tari Balet DKJ bertujuan untuk mengajak para seniman, khususnya seniman tari, untuk lebih mengenal dan mengetahui bagaimana tari balet masuk ke Indonesia secara kesejarahan, dan bagaimana peran tari balet terhadap perkembangan seni tari di Indonesia, tidak hanya pada tari modern melainkan juga pada tari tradisi dan kontemporer. Dengan adanya program ini, diharapkan menjadi salah satu usaha untuk menggali untaian sejarah yang kemudian bermanfaat bagi perkembangan kebudayaan di Indonesia, khususnya seni tari.

Yola Yulfianti selaku Ketua Komite Tari DKJ menyatakan, “Program ini membaurkan batas yang ada dalam budaya kita, sehingga bukan saja bisa memperkaya satu sama lain, antara balet dan betawi, juga menghargai perbedaan yang ada di sekitar kita” katanya.

Atien Kisam, selaku penari dan koreografer betawi yang terlibat, mengaku gembira dengan program ini. “Ini bisa jadi pintu masuk mengenalkan budaya betawi untuk anak muda” katanya.

Selain ada penampilan tari dan lecture performance, sebelum mulai pertunjukan juga akan digelar sebuah diskusi “Mengapa ada Balet di Indonesia” yang menghadirkan pembicara seperti Bambang Bujono, Sonya Indriati Sondakh, Ardianti Permata Ayu dan keynote speaker Julianti Parani.

Program acara ini  terselenggara pada 6 Desember 2019 pukul 19.00 WIB di Graha Bhakti Budaya, TIM Jakarta dan untuk Diskusi pada 6 Desember 2019 pukul 13.30 WIB di Gedung Serbaguna Pasca Sarjana lantai 1, Institut Kesenian Jakarta, TIM. Adapun reservasi tiket melalui http://www.loket.com/event/balletinbatavia atau email ke [email protected].

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…