Telisik Tari Balet di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 November 2019 - 11:00 WIB

Rusdy Rukmarata (kanan kaca mata)
Rusdy Rukmarata (kanan kaca mata)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Tari, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengadakan Telisik Tari, Ballet At Batavia. Acara ini akan berisikan lecture performance oleh Rusdy Rukmarata dan AikoSenosoenoto , juga ada  pertunjukan tari Balet yang dibawakan siswa-siswi SMK tari betawi Jakarta, hasil proses bersama Andrew Greenwood, koreografer, penari dan pelatih balet asal Belanda, dan juga  penampilan  tari Betawi  yang dibawakan gabungan sejumlah murid asal sekolah-sekolah balet di Jakarta hasil proses dengan koreografer tari betawi, Atien Kisam.

Program “saling silang” ballet dengan betawi ini digagas Komite Tari DKJ sebagai apresiasi terhadap keberagaman budaya di Indonesia, yang dalam hal ini berusaha diwujudkan dalam dunia tari.

Program Telisik Tari Balet DKJ bertujuan untuk mengajak para seniman, khususnya seniman tari, untuk lebih mengenal dan mengetahui bagaimana tari balet masuk ke Indonesia secara kesejarahan, dan bagaimana peran tari balet terhadap perkembangan seni tari di Indonesia, tidak hanya pada tari modern melainkan juga pada tari tradisi dan kontemporer. Dengan adanya program ini, diharapkan menjadi salah satu usaha untuk menggali untaian sejarah yang kemudian bermanfaat bagi perkembangan kebudayaan di Indonesia, khususnya seni tari.

Yola Yulfianti selaku Ketua Komite Tari DKJ menyatakan, “Program ini membaurkan batas yang ada dalam budaya kita, sehingga bukan saja bisa memperkaya satu sama lain, antara balet dan betawi, juga menghargai perbedaan yang ada di sekitar kita” katanya.

Atien Kisam, selaku penari dan koreografer betawi yang terlibat, mengaku gembira dengan program ini. “Ini bisa jadi pintu masuk mengenalkan budaya betawi untuk anak muda” katanya.

Selain ada penampilan tari dan lecture performance, sebelum mulai pertunjukan juga akan digelar sebuah diskusi “Mengapa ada Balet di Indonesia” yang menghadirkan pembicara seperti Bambang Bujono, Sonya Indriati Sondakh, Ardianti Permata Ayu dan keynote speaker Julianti Parani.

Program acara ini  terselenggara pada 6 Desember 2019 pukul 19.00 WIB di Graha Bhakti Budaya, TIM Jakarta dan untuk Diskusi pada 6 Desember 2019 pukul 13.30 WIB di Gedung Serbaguna Pasca Sarjana lantai 1, Institut Kesenian Jakarta, TIM. Adapun reservasi tiket melalui http://www.loket.com/event/balletinbatavia atau email ke Tari.dkj@gmail.com.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di kota Xuzhou Jiangsu China

Sabtu, 18 Januari 2020 - 22:52 WIB

Asep Sulaeman Sabanda, CEO SEAM Group Mendapatkan Strategic Partner Award Dari Xcmg Group

akarta-Menutup sesi akhir tahun, bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di…

Pengurus Dewan Koperasi Indonesia periode 2020 – 2024 usai menggelar Rapat Pimpinan Paripurna pertama di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:39 WIB

Umumkan Pengurus Dekopin 2020-2024, Nurdin Halid Gandeng Prof Jimly Asshiddiqie dan Staf Khusus Presiden Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) sekaligus ketua formatur yang terpilih dalam Munas di Makassar, 11-14 November 2019, mengumumkan susunan kepengurusan periode 2020 –…

Samsung Galaxy A71

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:30 WIB

Sambut Pre Order Samsung Galaxy A71 di 20 Januari 2020

Samsung Galaxy A71 dibanderol dengan harga rekomendasi retail Rp. 6.099.000 melalui pre-order yang akan berlangsung dari tanggal 20–27 Januari 2020.

Frame A Trip Hadirkan Potrait

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:22 WIB

Inovasi Frame A Trip Hadirkan Potrait Berikan Pengalaman Foto Layaknya Selebriti

Berangkat dari fenomena diatas, Frame A Trip, usaha rintisan lokal di bidang fotografi profesional, berinovasi dengan layanan Portrait untuk memberikan kesempatan bagi semua orang untuk merasakan…

Yayasan Prima Unggul

Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:19 WIB

YPU Siapkan Generasi Milennial Jiwa Pengusaha

Dalam rangka malam Sweet Charity teman-teman dan para relawan panti asuhan Yayasan Prima Unggul (YMU) menggelar acara A Dinner Theatre Musical yang menampilkan pementasan para relawan dan seniman…