Tingkatkan Industri Pariwisata, Pelabuhan Benoa Bisa Menjadi Kawasan Turis Terpadu

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 November 2019 - 14:00 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Benoa - Erick Thohir mengunjungi Pelabuhan Benoa yang dikelola oleh PT Pelindo III (Persero) pada (28/11/2019). Dalam kunjungannya, Menteri BUMN didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster. Usai mengelilingi Terminal Internasional, Menteri BUMN, Gubernur I Wayan Koster dan jajaran Direksi Pelindo 3 mengadakan rapat koordinasi singkat.

“Pelabuhan Benoa harus bisa menjadi one stop area yang dilengkapi dengan Pusat Kesenian, Wisata Kuliner dan Pusat Perdagangan UMKM. Dengan demikian, bagi turis yang datang, bila waktu singgahnya hanya sebentar, mereka tetap bisa belanja dan menikmati kuliner Bali. Untuk itu, diperlukan kerjasama dengan Pengusaha Daerah dan UMKM di Bali,” jelas Erick tadi.

Pelindo harus membuat nilai tambah untuk masyarakat, misalnya, dengan menjadikan tempat datang kapal pesiar sebagai tempat pertunjukan budaya lokal dan wisata fotografi sehingga semua yang dibuat ini bisa dioptimalkan dan tepat sasaran.

Menteri BUMN minta Pelindo untuk melakukan survei guna mengetahui dukungan apa yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang, berapa jumlah wisatawan yang menunggu di Benoa dan berapa jumlah wisatawan yang berkunjung ke pusat-pusat wisata lainnya. Bagi Erick, data yang lengkap menjadi landasan penting dalam membangun sesuatu.

“Saya minta agar Zona Hutan Kota yang sedang dibuat dapat dipercepat. Jadi wisatawan juga bisa menikmati ekowisata. Kita perlu lakukan Rapat Koordinasi Pelindo Benoa di akhir Januari 2020 sekaligus dengan Kadin Daerah, BUMD, Pertamina, PLN, ITDC, Dirjen Imigrasi, Kementerian Perhubungan, Dirjen Bea Cukai dan stakeholder lainnya”, tutup Erick.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Redcomm

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:41 WIB

Redcomm Fokus Pemasaran Berbasis Data

Jakarta - Berfokus pada komunikasi pemasaran berbasis data, RedComm Indonesia dua tahun berturut-turut memenangkan emas di Campaign Asia's Award of the Year

Miss Fari Pointe to Remember

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:00 WIB

Miss Fari:. Pointe to Remember

Buku ini berisi curahan hati Dan pemikiran orang-orang yang mencintai Farida Oetoyo, seperti anak, rekan sesama penari, murid yang terdiri dari Yudhistira Syuman, Aksan Syuman, Julianti Parani,Rusdy…

 dr. Eva Martina Luisa, Master Head Leader MeMiles (Tengah)

Minggu, 15 Desember 2019 - 15:18 WIB

MeMiles Gelar Pesta Bonus ke Empat

Untuk ke 4 kalinya aplikasi iklan MeMiles menggelar Pesta Bonus untuk leader yang digelar di Klub Kelapa Gading Jakarta Utara Sabtu (14/12/2019)

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.