Anak Petani dari Pedalaman Flores Ini Sukses Meraih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 28 November 2019 - 09:28 WIB

DR. Yohanes Don Bosco Doho
DR. Yohanes Don Bosco Doho

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Yohanes Don Bosco Doho, Dosen LSPR London School Jakarta, sukses meraih gelar Doktor di bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan predikat sangat memuaskan. Gelar tersebut diraih oleh anak pasangan petani dari Desa Lempang Paji, Manggarai Timur, Flores ini, setelah berhasil mempertahankan Disertasi dengan judul Kepemimpinan Etis Berbasis Kearifan Lokal Pada Lembaga Pendidikan Katolik (Studi Fenomenologi Hermeneutik di Manggarai NTT).

Di hadapan dewan penguji yang diketuai Prof Dr.  Ivan Hanafi M.Pd,  Asisten Direktur I Pascasarjana UNJ, yang berlangsung di Gedung Bung Hatta, Kampus UNJ Jakarta, Rabu (27/11/2019),  Bosco memaparkan secara lengkap seputar kepemimpinan etis yang  secara universal sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia.

Bosco mengatakan,  tidak semua pemimpin memiliki kompetensi etis dalam kepemimpinannya. Nilai kepemimpinan etis eksplisit melalui tindakan yang adil, menghargai sesama, jujur, humanis, mendorong inisiatif, serta memberikan teladan. Semua nilai kepemimpinan etis didambakan oleh seluruh pengikut di organisasi manapun termasuk dalam institusi atau lembaga pendidikan.

Pada sisi yang lain, kepemimpinan etis bertumbuh di atas kearifan lokal di setiap tempat. Umumnya seluruh bentuk kearifan lokal sarat dengan nilai-nilai etis. setiap organisasi atau institusi mutlak membutuhkan kepemimpinan. Literatur menegaskan bahwa inti dari kepemimpinan adalah bagaimana memberi pengaruh bagi semua pengikut.

Penelitian ini mengambil tema tentang kepemimpinan etis berbasis kearifan lokal pada lembaga pendidikan Katolik di Manggarai Nusa Tenggara Timur. Tiga sekolah Katolik yang diteliti adalah SMA Seminari Pius XII Kisol, SMAK St. Klaus Kuwu, dan SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo. Adapun kearifan lokal dalam bidang kepemimpinan di Manggarai NTT mengerucut menjadi tujuan poin yaitu toing, teing, titong, tatong, taking, toming dan tinu. Semua kearifan ini diturun temurunkan dari orang tua hingga ke generasi masa kini.

 “Perkembangan zaman berpotensi memudarkan kearifan lokal tersebut padahal nilai moralitas dari kearifan tersebut tidak pernah lekang oleh ruang dan waktu. Kepemimpinan dalam pendidikan di ketiga sekolah di atas dijalankan oleh para pemimpinnya melalui berbagai aktivitas dan pendampingan di ruang-ruang kelas serta di asrama,”ujarnya.

Menurut Don Bosco, peran para kepala sekolah di ketiga sekolah itu diteliti. Karena peran kepala sekolah lah yang membuat ketiga sekolah itu berkualitas dan dikenal luas melalui alumni yang berkualitas dan berintegritas. Karena nilai dan keteladanan para kepala sekolah dan para guru lah para alumni menjadi manusia yang selalu ingat almamater yang disebut kearifan Tinu sebagai salah satu fokus penelitiannya.

 

Salah satu keunikan yang dimiliki hampir semua suku, etnis, masyarakat dan budaya di Indonesia adalah tradisi. Tradisi menurut direktur STIDEF ini, diturun temurunkan dengan berbagai cara yang unik pula. Petuah merupakan bagian dari tradisi yang melekat pada masyarakat tertentu di Indonesia. Petuah juga dapat dipahami sebagai bentuk pendidikan, pembelajaran dan pengajaran kepada anak cucu masyarakat di sebuah tempat.

Keunikan cara penyampaian, waktu penyampaian, siapa yang menyampaikan menentukan makna dan tujuan tertentu. Fenomena yang khas dan unik dari satu tempat ke tempat yang lain diterima dan diakui sebagai kearifan lokal sebuah masyarakat.

Kehidupan masyarakat selalu diatur oleh etika dan norma yang disepakati, diterima dan berlaku bagi seluruh masyarakat di suatu tempat dan subkultur tertentu. Kearifan lokal umumnya sarat dengan nilai-nilai etika. Nilai etika dan norma dalam sebuah masyarakat mewarnai kualitas hampir semua aspek kehidupan masyarakat tersebut. Pemimpin dan kepemimpinan pun tidak pernah lepas dari tradisi dan kearifan masyarakat, demikian pula bagi masyarakat di Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur.

Gagal Jadi Misionaris

Yohanes Don Bosco Doho Lahir di Flores NTT, 17 Agustus 1972. Merupakan anak pertama dari sepuluh bersaudara dari pasangan. (Alm) Bapak Alexander Sale dan Ibu Valentina Tami. Menyelesaikan Pendidikan SD Katolik Leda Liur tahun 1984, SMP Seminari Menengah Pius XII Kisol, tahun 1987 SMA Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo, tahun 1990. Dalam ikhtiar awal menjadi imam/ pastor pada Gereja Katolik, tahun 1990-1991 mengenyam masa Novisiat yaitu Tahun Orientasi Rohani dalam Kongregasi Societas Verbi Divini (SVD). Tahun 1992-1996 memperoleh Gelar Sarjana Filsafat dengan skripsi tentang Etika Pembangunan menurut Peter L. Berger pada Sekolah  Tinggi Filsafat Katolik Ledalero Maumere Flores. Tahun 1995 menjalani Tahun Orientasi Pastoral di Paroki Buraen Amarasi Kupang. Tahun 1996 ketika akan ditugaskan oleh Pusat Kongregasi SVD di Roma dan seyogyanya menjadi misionaris di Jepang, Korea dan Kolumbia Amerika Latin, Don Bosco mengundurkan diri dan segera hijrah ke metropolitan Jakarta.

Mengawali karir sebagai Guru Bahasa Inggris dan Agama Katolik untuk SMU St. Fransiskus dan SMIP St. Regina Jakarta Timur serta menjagi tenaga part time pada AMINEF (Americian Indonesian Exchange Foundation). Tahun 1998-2000 menjadi Ketua Program Bahasa Asing pada Sekolah Kristen Kanaan Jakarta.

Setelah menamatkan pendidikan Magister Human Resources Development dari STIE IBEK Jakarta, menjadi Manager HRD pada PT Aowanusa Lestari, PT. Bali Kharisma Samudra, dan PT. Adhisaksi Solusi Komputindo. Sejak September 2003 menjadi Student Counselor dan Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi: The London School of Public Relations Jakarta. Hingga kini menjadi Subject Coordinator untuk Mata Kuliah Logika dan Filsafat Ilmu, Etika dan Filsafat Komunikasi.

Selain mengadi sebagai dosen, Peneliti juga menjadi penulis, pembicara public/ trainer dalam bidang Etika Komunikasi dan Etos Kerja Profesional. Hingga kini tergabung dalam Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI). Memiliki sertifikasi dalam bidang Graphology and Handwriting Analysis dari Rahasia Jiwa.com dan Etos Trainer dari Guru Etos Indonesia.

Meneliti dan menulis serta mengabdi pada bidang etika dan kearifan lokal. Selain menjadi dosen dan trainer pada kompetensi khusus di atas, peneliti juga menjadi Prodiakon pada Paroki Keluarga Kudus Cibinong Keuskupan Bogor.  Tahun 2003 menikah dengan putri Solo, Angelika Widyastuti, SE dan dikaruniai dua orang putra, Jean-Carlo Widyanto Doho Putra (15 tahun) dan Jean-Pierre Widyawan Doho Putra (10 tahun).

Prestasi yang pernah diterima adalah Dosen Pembimbing Skripsi terbaik tahun 2010. Pengalaman internasional melakukan studi banding dan confrence maupun short course ke Australia, Malaysia, Thailand dan China. Tahun 2012/2013 melanjutkan studi S3 pada Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jurusan Manajemen Pendidikan hingga masa studi berakhir tahun 2019.

Publikasi yang dilakukan adalah Etika Komunikasi Pada Pasangan Suami Istri untuk Menjaga Keharmonisan Pernikahan, Analisis Hermeneutik Film Dilan bagi Peneguhan Cinta Suami Istri di era Milenial, Analisis Etika Komunikasi pada Pasangan Berbeda Tingkat Pendidikan, sementara pengabdian masyarakat yang dilaksanakan antara lain: Etos Keguruan bagi Guru SMUN se Jakarta Timur, Etika Komunikasi bagi Para Pemimpin Umat, Etika Komunikasi bagi Para Manajer, dan Etika Komunikasi bagi Wirausaha Muda Kemenpora.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…