Kemenperin Gandeng Jababeka Kembangkan Kawasan Industri IKM di Morotai

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 November 2019 - 13:30 WIB

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat bertemu Direktur PT Jababeka Tbk., Hyanto Wihadhi dan Direktur Utama Jababeka Morotai Basuri Tjahya Purnama di Kantor Kementerian Perindustrian.
Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat bertemu Direktur PT Jababeka Tbk., Hyanto Wihadhi dan Direktur Utama Jababeka Morotai Basuri Tjahya Purnama di Kantor Kementerian Perindustrian.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menyiapkan kawasan industri khusus industri kecil dan menengah (IKM) di Morotai, Maluku Utara.

"Kita akan dikasih lahan oleh pengembang disana (Jababeka) untuk mengembangkan kawasan industri khusus IKM," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Selasa (26/11).

Diakui Gati, pihaknya juga diminta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Morotai untuk pengembangan dan pembinaan IKM.

"Kita akan bekerjasama dengan Pemda disana. Ini harus kita siapkan siapa pelaku industri kecil dan menengah disana," terang Gati.

Sebelumnya, Dirjen IKMA Kemenperin telah bertemu dengan pihak Jababeka yang diwakili oleh Direktur PT Jababeka Tbk., Hyanto Wihadhi dan Direktur Utama Jababeka Morotai Basuri Tjahya Purnama di Kantor Kementerian Perindustrian.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen IKMA didampingi oleh Direktur IKM PBKF Sri Yunianti.

Gati pun menyambut baik rencana pengembangan sentra IKM guna mendukung KEK Morotai yang masuk sebagai 10 Bali baru.

"Kami akan segera menyiapkan grand design serta berkoordinasi dengan stakeholder terkait dengan menyesuaikan potensi lokal dan pasar global," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…