Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM

Oleh : Ridwan | Senin, 25 November 2019 - 15:35 WIB

Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM
Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM

INDUSTRY.co.id - Cilegon - Perusahaan petrokimia terintegrasi yang terbesar di Indonesia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik, sepanjang 19 kilometer di Cilegon, sebagai bentuk kerjasama dalam pengelolaan sampah plastik.

Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, Chandra Asri memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16,5 ton kantung plastik bekas atau sebesar 5-6%, dengan tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal.

"Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik," papar Suhat Miyarso, VP Corporate Relations Chandra Asri di Cilegon, Senin (25/11).

Selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40% lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya (berdasarkan hasil penelitian Kemeterian PUPR).

"Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk kota Cilegon," lanjut Suhat.

Pada 2018, Chandra Asri telah lebih dulu menerapkan aspal plastik di kompleks petrokimianya di Cilegon, Banten. Dukungan terhadap program aspal plastik juga ditunjukkan Chandra Asri melalui Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (INAPLAS) yang baru saja menadatangani MoU kerja sama implementasi aspal plastik seluas 1.580 m2 dengan Pemerintah Kota Tegal pada 5 November 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kenangkan Persembahan Apik Fity-Fity Band

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:00 WIB

'Kenangkan' Jadi Persembahan Apik Fity-Fity Band

Kali ini Fifty-Fifty merilis lagi single lama mereka yang diaransemen ulang, Setelah di 2019 kemarin mereka sempat mengaransemen ulang dan merilis satu singel yang diambil dari Album kedua mereka…

Ilustrasi Virus

Minggu, 05 Juli 2020 - 12:08 WIB

Akurasi Antibodi Sebagai Komponen Utama Pemeriksaan Screening COVID-19

Untuk mencegah virus menyerang tubuh, setiap manusia harus memiliki sistem imun yang kuat. Namun, banyak dari masyarakat belum paham, seperti apa sistem imun kita bekerja di dalam tubuh?

10 Drama Korea Terbaiik Dapat Dinikmati Secara Gratis #SemuaAdadiVidio

Minggu, 05 Juli 2020 - 12:00 WIB

Halo Gaes...10 Drama Korea Terbaik Ini Dapat Dinikmati Secara Gratis, #SemuaAdadiVidio

Meningkatnya layanan OTT di era digital ini menyebabkan perubahan perilaku masyarakat dalam menikmati tayangan hiburan melalui streaming platform. Dalam layanan OTT/streaming platform, masyarakat…

Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia

Minggu, 05 Juli 2020 - 11:58 WIB

Hankook Tire Resmi Jadi Mitra Ban Formula E di Musim Mendatang

Hankook Tire akan bersama-sama dengan Formula E berupaya menciptakan lingkungan lebih bersih melalui teknologi yang diterapkan pada ban Hankook yang dirancang khusus untuk kebutuhan Formula…

Menkes Terawan (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 11:54 WIB

Genjot Riset-riset Herbal Covid-19, Menkes Terawan: Pengobatan Tradisional Bisa Menjadi Medical Tourism

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Karanganyar, Jawa Tengah. Ia berharap pengobatan…