Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM

Oleh : Ridwan | Senin, 25 November 2019 - 15:35 WIB

Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM
Chandra Asri Petrochemical Bersama Pemkot Cilegon Resmikan Aspal Plastik Sepanjang 19 KM

INDUSTRY.co.id - Cilegon - Perusahaan petrokimia terintegrasi yang terbesar di Indonesia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik, sepanjang 19 kilometer di Cilegon, sebagai bentuk kerjasama dalam pengelolaan sampah plastik.

Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, Chandra Asri memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16,5 ton kantung plastik bekas atau sebesar 5-6%, dengan tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal.

"Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik," papar Suhat Miyarso, VP Corporate Relations Chandra Asri di Cilegon, Senin (25/11).

Selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40% lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya (berdasarkan hasil penelitian Kemeterian PUPR).

"Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk kota Cilegon," lanjut Suhat.

Pada 2018, Chandra Asri telah lebih dulu menerapkan aspal plastik di kompleks petrokimianya di Cilegon, Banten. Dukungan terhadap program aspal plastik juga ditunjukkan Chandra Asri melalui Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (INAPLAS) yang baru saja menadatangani MoU kerja sama implementasi aspal plastik seluas 1.580 m2 dengan Pemerintah Kota Tegal pada 5 November 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Festival keimigrasian 2020

Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:49 WIB

BRI Ikut Semarakkan Festival Keimigrasian 2020

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Keimigrasian…

realme masuk segmen alot

Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:16 WIB

Realme Buds Air Jajal Alot di Indonesia

realme, merek trendsetter untuk teknologi canggih dalam smartphone di Indonesia, secara resmi melangkah ke ranah AIoT di Indonesia dengan meluncurkan True Wireless, Real Seamless - realme Buds…

SystemEver

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:48 WIB

Software ERP SystemEver Siap Perkuat UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha mulai dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif…

Shopee

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB

Shopee Berhasil Catatkan Pencapaian Spesial di Tahun 2019

2019, Shopee berhasil mempelopori serangkaian inisiatif yang berhasil mengubah cara konsumen berbelanja online di daerah tempatnya beroperasi.

Marcedes Benz (ist)

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:05 WIB

Mercedes-Benz Catat Penjualan 3.344 Unit Kendaraan Penumpang dan Van di 2019

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berhasil menjual 3.344 unit mobil tahun lalu meskipun situasi industri otomotif yang menantang