Dukungan BTP Sebagi Komisaris Utama PT Pertamina

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 November 2019 - 09:30 WIB

Ahok (foto Dok Industry.co.id)
Ahok (foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Selain Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyetujui Bsuki Tjahja Utama (BTP/Ahok) Sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Sejumlah tokoh juga mendukung BTP menduduki jabatan yang dilanksanakan mulai Senin (25/11/2019)

Fifi Lety Tjahaja Purnama, adik Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, mendukung kakaknya menjalankan tugas sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

"Untuk negara, dikasih tugas apa saja tentu harus didukung," kata Fifi Lety Tjahaja Purnama, saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (24/11/2019).

Menurut dia, semua warga negara berhak berbakti kepada bangsa dan negara.

"Karena melayani negara dan rakyat adalah kewajiban setiap warga negara," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, mengangkat mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Komisaris Utama Pertamina.

Penunjukan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) sebagai Komisaris Utama PT Pertamina menjadi buah bibir di masyarakat. Sebagian masyarakat ada yang mendukung dan ada juga yang menolaknya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Mohammad Toha mengaku, tidak mempermasalahkan penunjukkan Ahok untuk memimpin perusahaan plat merah itu. Pasalnya sudah sesuai syarat dan ketentuan berlaku. "Siapa saja boleh jadi komut di BUMN asal memenuhi persyaratan, ketentuan, dan tentu etika," ujar Mohammad Toha kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan tetap mendukung Ahok. Dia bahkan menilai selain pemerintah maka tidak memiliki kewenangan dalam menentukan pejabat yang akan mengisi posisi strategis.

"Memang dia siapa?" kata Luhut di kantornya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, track record mantan Gubernur DKI itu sudah terbukti, sehingga diyakini bisa mengurus Pertamina. Misalnya kala berani berpolemik soal anggaran dengan DPRD.

"Itu orang baik, mau bikin lurus, bersih ya mungkin tidak mau dibersihkan," kata Menko Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati dan Vice President IT SiCepat Ekspres, Billy Yosafat, menerima The Best GRC For Performance Management In Marketing & Information Technology in Logistic Service dan The Best CMO and GRC Leader 2020 dalam Governance, Risk, and Compliance (GRC) dan Performing Excellence Award 2020 yang digelar di Auditorium TVRI, Jakarta, 29 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:53 WIB

Berkat Tata Kelola Secara Baik, Perusahaan Industri Pengiriman Ini Raih Penghargaan GRC Award 2020

Jakarta-SiCepat Ekspres Indonesia mendapatkan dua penghargaan pada acara Governance, Risk and Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05 WIB

Kookmin Bank Siap Kuasai 67 Persen Saham Bukopin

Bank Bukopin Tbk menargetkan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa mencapai 17 persen. 25 Agustus 2020, Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna membahas…

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kiri) menyerahkan secara simbolis streoform Tebar Kurban Nusantara kepada Camat Cilandak Mundari (tengah) didampingi oleh Human Capital, General Support And Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati. Pada musim haji Idul Adha tahun ini, FIFGROUP menyalurkan Dana Sosial Syariah untuk sedekah kurban senilai Rp 1,7 miliar untuk pembelian 537 kambing dan 2 ekor sapi.

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:00 WIB

Dasyat! FIFGROUP Salurkan 579 Hewan Kurban di Seluruh Indonesia

Jakarta-PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, menyambut Hari Raya Idul Adha dengan…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:51 WIB

Kabar Gembira! Saham WSBP Dapat Diperdagangkan Kembali

Jakarta-Saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dapat kembali diperdagangkan sehubungan dengan adanya surat resmi dari PT Bursa Efek Indonesia tanggal 30 Juli 2020).

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:46 WIB

Fokus UMKM Daya Pikat Kookmin Bank Perkuat Rasio Permodalan Bank Bukopin

Bank Bukopin Tbk mendapatkan dana segar hasil Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V) yang diserap Kookmin Bank (KB) sebanyak KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan…