Proyek KLBM WSBP Dukung Program Strategis Nasional Pemerintah

Oleh : Wiyanto | Jumat, 22 November 2019 - 20:04 WIB

Projeck WSBP
Projeck WSBP

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Proyek Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) merupakan proyek nasional pemerintah untuk mempercepat akses transportasi di Pulau Jawa serta mendukung peningkatan dan pemerataan perekonomian nasional.

Tol elevated/layang ini dibangun sepanjang 38 km, di mana sepanjang 19,55 km (seksi II-IV) yang dikerjakan oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), sedangkan pada seksi I WSBP hanya sebagai penyuplai produk precast.

Proyek Tol KLBM ini dibagi menjadi 4 seksi yaitu Seksi I (Krian-Kedamean) yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Kemudian WSBP mengerjakan Seksi II (Kedamean-Boboh), Seksi III (Boboh-Bunder), dan Seksi IV (Bunder-Manyar). Dalam proses konstruksi, WSBP menggunakan produk girder bentang non standar 50 m.

Proyek pembangunan jalan tol yang membentang dari Kabupaten Sidoarjo hingga Kabupaten Gresik ini dimulai sejak awal 2017 dan ditargetkan akan rampung pada Desember 2019, dengan nilai kontrak sebesar Rp 3,51 triliun. Hingga pertengahan November ini, progres pembangunan untuk seksi II sudah mencapai 99,46%, Seksi III mencapai 99,78%, dan Seksi IV mencapai 61,34%.

Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan bahwa pembangunan Jalan Tol KLBM juga sebagai penghubung untuk jalan tol yang berada di sekitarnya.

"Selain itu, KLBM akan mendukung akses masuk-keluar ke kawasan industri yang ada di daerah Sidoarjo dan Gresik, di mana akan terintegrasi dengan pengembangan kawasan Pelabuhan Gresik," ujar dia di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Sebagai informasi, proyek jalan tol KLBM ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Waskita Bumi Wira dengan masa konsesi selama 45 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman 2.000 Bibit Bakau Libatkan Danyonmarhanlan IX dan Danlantamal IX

Kamis, 09 Juli 2020 - 04:00 WIB

Penanaman 2.000 Bibit Bakau Libatkan Danyonmarhanlan IX dan Danlantamal IX

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. membuka kegiatan Penanaman 2.000 bibit Bakau bersama Danyonmarhanlan IX Letkol Marinir Syahrial Isnadie dan…

Sertijab di Lingkungan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklatad Bandung

Kamis, 09 Juli 2020 - 03:30 WIB

Sertijab di Lingkungan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklatad Bandung

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklatad Brigjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si., memimpin acara Serah Terima dan Penerimaan Jabatan validasi organisasi Pussenkav. Acara ini berlangsung…

Ilustrasi Peserta ujian PNS (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 00:03 WIB

Tolong di Catat! Kemenkeu Tak Terima CPNS dan Mahasiswa STAN hingga 2024

Kementerian Keuangan akan melakukan penghentian sementara atau moratorium penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) hingga 2024, termasuk penerimaan mahasiswa asal STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi…

Jokowi dan Prabowo (ist)

Rabu, 08 Juli 2020 - 22:20 WIB

Minta Prabowo Kebut Belanja Negara, Jokowi: Beli di DI, Beli di Pindad, Beli di PAL, Bayar Cash, Cash, Cash, Saya Kira Pak Menhan Lebih Tahu

Ia juga mendesak agar jajarannya untuk bekerja berdasarkan konteks krisis dan tidak seperti dalam keadaan normal biasa. "Misalnya di Kemenhan, bisa saja di DI (Dirgantara Indonesia), beli di…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 08 Juli 2020 - 20:45 WIB

Menteri Nadiem Makarim: Sahabat, Apakabarnya Nih? Jawaban Netizen Bikin Geleng-geleng Kepala

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada Rabu sore (8/7) mengunggah sebuah tulisan yang berisi doa dan harapan ditengah pandemi COVID-19 dalam media sosial Facebook miliknya.