Grafik Kinerja Positif, SEAM GROUP Bakal IPO di Tahun 2020

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 21 November 2019 - 17:30 WIB

ASEP SULAEMAN SABANDA, CEO SEAM GROUP SEDANG BERBICARA di BUSINESS UPDATE. Bandung, 20 November 2019
ASEP SULAEMAN SABANDA, CEO SEAM GROUP SEDANG BERBICARA di BUSINESS UPDATE. Bandung, 20 November 2019

INDUSTRY.co.id, Bandung-Setelah roadshow di  Medan dan Jakarta pada waktu sebelumnya maka   SEAM group pada Rabu (20/11/2019) melakukan investor gathering di Bandung,  yang dihadiri kalangan investor dan praktisi bisnis,  baik dari Bandung maupun luar bandung. 

Antusiasme publik terlihat dengan tidak cukupnya kursi peserta yang disiapkan oleh pihak hotel di Magnolia Ballroom. Safari keliling kota yang dilaksanakan oleh SEAM Group ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan pertiga bulan sekali demi akuntabilitas publik dan laporan SBIJB 1 Trilyun yang diserap dari publik melalui Ascort  Asia Capital.

Dalam laporannya, Asep Sulaeman Sabanda mengatakan bahwa alokasi dana SBIJB sudah tepat sasaran yakni 66.40 % dialokasikan untuk modal kerja yakni diperuntukkan untuk fee lahan, perijinan, pengelolahan lahan dan pembangunan jalan sedangkan 33,60 % sisanya didistribusikan untuk investasi di bisnis pendukung.

 Selanjutnya dilaporkan pula saldo SBIJB yang telah diterima oleh PT SEAM tumbuh 9,3 % atau 71,7 Miliar di bulan Oktober 2019 dibandingkan bulan sebelumnya. Saat ini SEAM Group telah membayar kewajiban bunga hingga akhir Oktober 2019 sebesar 25,23 Miliar.  

Pada kesempatan yang sama,  CEO SEAM Group (Sumber Energi Alam Mineral), Asep Sulaeman Sabanda optimis, target IPO untuk sub-holding company dibawah bendera PT Berkah Saksama Adikarya (BISA) pada tahun 2020 akan sesuai target kapitalisasi sebesar Rp. 5 Triliun. PT. Berkah Saksama Adikarya adalah sub-holding SEAM Group, bergerak di bidang infrastruktur membawahi beberapa anak perusahaan antara lain PT. Subang Terus Membangun (STM) yang bergerak di bidang konstruksi, PT Berkah Beton Sadaya (BBS) dengan bisnis utama batching plant,  PT. Bumi Berkah Ciherang (BBC) yang bergerak di bidang Asphalt Mixing Plant dengan produk utama Asphalt Treated Base, Asphalt Concrete Binder Course, Asphalt Concrete Wearing Course, Hot Roller Sheet dan Shand Sheet serta PT. Bumi Ciherang Abadi (BCA) dengan bisnis utama quary dan stone crusher.

Optimisme Asep Sulaeman Sabanda dalam penjelasannya, didasari catatan pembukuan yang menunjukan grafik posistif yakni produksi batu split yang mencapai angka penjualan 170.000 ton dan Asphalt Mixing 37.000 ton pada kwartal ke 2 tahun 2019 ini ditambah lagi pengerjaan beberapa kontrak konstruksi dengan pemerintah di beberapa daerah seperti pengerjaan jalan tol dan gedung-gedung perkantoran.

Disamping sub-holding di bidang infrastruktur, SEAM Group mempersiapkan juga anak perusahaan lain yang khusus bergerak di  bidang energi terpadu yakni PT. SEMI (Sumber Energi Mahesa Intiutama) untuk kapitalisasi market senilai Rp. 50 Triliun di tahun 2021 atau paling lambat 2022. PT. SEMI adalah sub holding SEAM Group yang sedang melakukann proses right issue anak usahanya di bursa STI Singapura dan KLSE Malaysia. SEMI juga membawahi PT Sumber Energi Alam Lestari (SEAL), KALTENG, PT Infrastruktur Membangun Negeri, KALTENG, PT. Muara Badak Perkasa KALTIM, PT. Marwan Putra KALTIM, PT. Semi Power Sistem  (SPS) yang memiliki pabrik manufaktur power plant  dan EPC Contractor Jakarta, PT. Segara Indo Prima dan IUP-IUP tambang batubara yang ada di Kalimantan Tengah, Jambi maupun Bengkulu.

Di Akhir acara, Asep Sulaeman Sabanda mengatakan bahwa usaha maksimum membesarkan perusahaan di banyak lini, sektor dan tempat sebagai perwujudan kongkrit mencintai negeri ini untuk menuju cita-cita Indonesia yang maju, berdaulat, adil-makmur  sesuai cita-cita UUD 1945 dan pada saat yang sama mampu   berdiri sejajar dengan negara-negara maju lain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…